Sukses


Cerita Wina, Satu-satunya Media Officer Wanita di Klub Liga 1

Bola.com, Makassar - Di kalangan pencinta sepak bola Indonesia apalagi fans PSM Makasar, nama Andi Widya Syadzwina, sudah tidak asing lagi. Andi Widya Syadzwina merupakan media officer PSM. Dia juga merupakan media officer wanita satu-satunya dari klub peserta Liga 1 2017.

Buat Andi Widya Syadzwina, yang biasa disapa Wina, jadi media officer PSM adalah pekerjaan yang menyenangkan dan dinamis. Statusnya sebagai sebagai satu-satunya wanita dalam tim bukan kendala dalam menjalin kebersaman dengan pemain, pelatih, dan manajemen tim Juku Eja.

"Intinya harus mau belajar. Dulu media tidak sebanyak sekarang. Keingintahuan fans juga meningkat. Artinya, sebagai media officer, saya harus menyiapkan informasi yang akurat terkait perkembangan tim ke media dan fans," ujar Wina kepada Bola.com, Minggu (10/12/2017).

Dalam mengelola informasi, Wina mengaku didukung tim yang menyiapkan kebutuhan penunjang seperti foto dan video. "Saya pun harus intens berhubungan dengan pelatih, ofisial, dan CEO PSM untuk menggali informasi dari mereka untuk diteruskan ke media," kata Wina yang juga alumni Universitas Padjadjaran Bandung ini.

Sebagai satu-satunya wanita, Wina punya kiat tersendiri agar menyatu dalam tim. "Saya menempatkan diri sebagai partner kerja dan saudara perempuan mereka. Sesekali, saya menanyakan kabar keluarga mereka," tutur wanita yang masih senang melajang ini.

Di PSM, sebagai media officer, Wina tidak hanya melulu mengelola informasi. Dia kadang ditugasi mengurus sejumlah kebutuhan tim, khususnya pada laga tandang. "Saya tidak pernah mempermasalahkannya karena tugas itu sesuai instruksi pelatih dan CEO PSM," tegasnya.

Wina pun tidak ambil pusing meski dirinya tetap mengurus PSM saat sebagian besar aktivitas tim berkurang saat Liga 1 usai.

"Hahaha.... Saya bahkan tidak pernah libur. Seperti saya bilang tadi, media officer adalah pekerjaan dinamis. Setelah mempersiapkan seleksi pemain untuk tim PSM U-19, saya mengikuti workshop AFC di Jakarta," papar Wina yang juga pernah jadi public relation grup properti terbesar di Makassar ini.

Di tengah kesibukan sebagai media officer, Wina memendam hasrat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang S3. "Itu impian saya yang harus terwujud. Saat ini, saya tengah mencari program beasiswa karena biaya pendidikan S3 lumayan besar," pungkas Wina mengakhiri pembicaraan.

Video Populer

Foto Populer