Sukses


Petinggi Persib: Jangan Ada Kesimpulan Pelatih Asing Selalu Gagal

Bola.com, Bandung - Manajemen Persib Bandung tidak khawatir dengan rekam jejak klub yang tak pernah sukses jika dilatih pelatih asing. Hal itu dibuktikan dengan keputusan memilih Mario Gomez, pelatih asal Argentina, jadi nakhoda tim mulai kompetisi musim 2018 selama dua tahun bahkan dengan opsi perpanjangan kontrak.

Seperti diketahui, Persib belum pernah sukses menjadi juara di bawah komando pelatih asing. Sederet pelatih asing seperti Marek Janota (1982), Marek Andrejz Sledzianowski (2003), Juan Paez (2003-2004), Arcan Iurie (2006-2007), Daniel Darko Janackovic (2 bulan pada tahun 2010), Jovo Cuckovic (2010), Drago Mamic (2011), dan Dejan Antonic (2016) adalah pelatih-pelatih asing yang pernah membesut tim Maung Bandung.

Delapan pelatih asing tersebut gagal menakhodai Persib menjadi kampiun. Bahkan di antaranya ada yang mundur di tengah jalan dengan alasan berbagai hal.

Namun, manajemen Persib bergeming dengan tetap memilih Gomez, yang merupakan pelatih asing kesembilan di Persib hingga sejauh ini.

Manajemen di bawah kendali PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) meyakini Gomez akan membuka catatan baru di Persib terkait kiprah pelatih asing di Maung Bandung.

"Jangan ada kesimpulan pelatih asing selalu gagal. Saya selalu optimistis. Kalau nanti gagal, ya kami harus bertanggung jawab," ujar Zaenuri Hasyim, Komisaris Utama PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), belum lama ini di Bandung.

Zaenuri menjelaskan kegagalan pelatih asing di Persib harus dilihat dari banyak faktor penyebab. "Yang jelas harus dilihat dari segala aspek, mungkin satu faktor di antaranya (kegagalan tim) adalah pelatih. Tapi, saya pikir sama seperti hal lain, tidak perlu dikhawatirkan" imbuh Zaenuri.

Eks Pangdam III Siliwangi ini menegaskan dirinya tidak melihat sosok pelatih berasal dari Indonesia atau asing. Menurutnya, asing atau lokal sama saja.

"Keberhasilan tim itu tidak hanya bergantung kepada pelatih semata tapi juga pemain, dana, masalah eksternal, juga suporter. Banyak faktor, belum lagi masalah lainnya. Jadi, jangan ada kesimpulan pelatih asing selalu gagal di Persib. Saya tetap optimistis," ucap Zaenuri.

Video Populer

Foto Populer