Sukses

Bonek Berbaur dengan The Jakmania dan Curva Boys di Madura

Bola.com, Bangkalan - Dalam penyelenggaraan Suramadu Super Cup, tidak ada nama Persebaya yang menjadi kontestan. Hanya tiga klub saja dari Liga 1, yaitu Madura United, Persija Jakarta, dan Persela Lamongan. Lalu, satu klub lain adalah Kedah FA, klub asal Malaysia. 

Meski demikian, sejumlah anggota Bonek yang merupakan suporter Persebaya terlihat saat pertandingan Persija melawan Persela di Stadion Gelora Bangkalan (SGB), Jumat sore (12/1/2018). 

Di tribune, Bonek yang memakai kaos berwarna hijau atau berlogo Persebaya tampak berbaur dengan suporter lain seperti The Jakmania (suporter Persija) dan Curva Boys (suporter Persela). 

Rupanya, Bonek memang berinisitif untuk mengawal beberapa kelompok The Jakmania dan Curva Boys. Kedatangan mereka pun disambut baik oleh suporter lain. Tidak ada gesekan yang terjadi. Termasuk dengan suporter Madura Bersatu. 

Menurut Tubagus Dadang Kosasih, salah satu pentolan Bonek, dia bersama beberapa Bonek lain berniat untuk menjalin silaturahmi dengan suporter lain. Baginya, kini sudah saatnya menjaga hubungan antar suporter ke arah yang positif. 

“Sepak bola adalah alat pemersatu kita untuk mendukung timnas. Setiap suporter klub sekarang harus berdamai. Tidak boleh ada lagi bermusuhan karena kita semua saudara,” kata Dadang kepada Bola.com. 

Hal itu pun disambut baik dengan Nashikul Ikfadhi, koordinator Curva Boys. Rombongannya yang mencapai lebih dari 400 orang tidak berhenti untuk mendukung Persela di ajang SSC. Dia pun merasa senang bisa ada komunikasi positif dengan suporter klub lain. 

“Alhamdulillah tadi juga sempat ngobrol dengan teman-teman Bonek. Suporter ini punya musuh satu kelompok saja sudah banyak. Sepak bola ini kan seharusnya menjadi pemersatu. Kalau suporternya nggak akur, mau sampai kapa kita kayak gini, jenuh,” ujar pria yang akrab disapa Ikul itu. 

Perdamaian antar suporter yang terjalin di sini pun sangat disyukuri oleh Ahmad Syaiful Hasan, salah satu The Jakmania. Pria asal Cakung, Jakarta Timur ini rela datang jauh ke Bangkalan untuk mendukung klub favoritnya. Dia juga tidak menampik di dalam stadion bisa berinteraksi dengan suporter lain. 

"Bagus buat sepak bola kita. Tadi, kami sempat ketemu dengan Bonek dan Curva Boys di dalam stadion. Saling berbagi, ngobrol-ngobrol, cerita-cerita banyak. Kalau seperti ini jadi lebih enak karena suasana nyaman. Terima kasih kami sudah diterima di Madura,” ungkapnya.

0 Komentar

Belum ada komentar

    Video Populer

    Foto Populer