Sukses

Alasan Jacksen Tiago Tak Duduk di Bench saat Barito Beruji Coba

Bola.com, Malang - Barito Putera menutup program pemusatan latihan di Kota Batu dengan kekalahan dalam ajang uji coba. Barito harus menghadapi tim yang lebih siap, Arema FC, di Stadion Gajayana, Malang, Minggu (14/1/2018) sehingga Samsul Arif dkk. menelan kekalahan dua gol tanpa balas.

Yang unik, pada uji coba ini, pelatih Barito Putera, Jacksen F. Tiago, tidak duduk di bangku cadangan pemain. Dia justru berada di tribune undangan bersama anaknya.

Seusai pertandingan, pelatih asal Brasil ini menjelaskan dia punya maksud tersendiri kenapa memilih di tribune undangan.

"Ada dua hal kenapa saya tidak di bench. Pertama, ini bukan pertandingan resmi, jadi saya bisa lebih jelas kalau duduk di atas. Yang kedua, saya mengajari tim statistik untuk mengambil video tentang permainan Barito Putera sebagai bahan evaluasi," jelas mantan pelatih Persipura Jayapura ini.

Lantas bagaimana dia memberikan instruksi kepada pemainnya? Ternyata Jacksen hanya memberikan arahan di ruang ganti pemain. Saat pertandingan berjalan, dia sudah memberikan tugas kepada asistennya, Yunan Helmi, untuk mengingatkan pemain jika bermain tidak sesuai harapan.

"Di ruang ganti saya sudah ingatkan kepada pemain untuk tampil sesimpel mungkin karena secara tenaga kami sudah kalah. Arema persiapan lebih lama, tentu secara fisik lebih bagus," imbuhnya.

Barito Mainkan 3 Penyerang

Kekalahan dalam uji coba ini juga tidak terlalu disesali Jacksen karena dia melihat ada sisi positif dari permainan anak buahnya. Apalagi pada babak pertama mereka bisa menahan Arema tanpa gol. Tetapi setelah babak kedua berjalan, penurunan stamina mulai terlihat sehingga gawang Dian Agus Prasetyo harus jebol dua kali.

Sebelum uji coba digelar, Jacksen menganggap Arema bukan lawan ideal bagi tim asuhannya karena secara persiapan, Barito Putera sudah kalah. Tetapi karena kedua manajemen tim sudah sepakat, dia harus tetap mempersiapkan timnya.

Pada uji coba ini, Barito Putera sebenarnya tidak ingin main bertahan. Mereka justru menempatkan tiga penyerang, yakni Samsul Arif, Bijahil Calwa, dan Patrick da Silva.

Namun, tiga penyerang itu justru beberapa kali harus turun ke daerah sendiri karena Arema lebih banyak menekan sehingga mereka hanya bisa melakukan serangan balik.

Hanya, belum ada serangan yang bisa memberikan ancaman serius ke gawang Arema FC karena penyerang Barito Putara tidak banyak mendapatkan suplai dari lini tengah.

Maklum, Barito Putera pada uji coba ini hanya diperkuat dua pemain asing. Sedangkan dua pemain asing lainnya, Douglas Packer dan Matias Cordoba, baru datang beberapa hari sehingga keduanya tidak diturunkan Jacksen.

0 Komentar

Belum ada komentar

    Video Populer

    Foto Populer