Sukses


Prediksi Madura United Vs Perseru: Tantangan Bermain Terbuka

Bola.com, Surabaya - Madura United memulai kiprah di Piala Presiden 2018 dengan berhadapan melawan Perseru Serui. Keduanya bentrok pada matchday pertama Grup C di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Kamis malam (18/1/2018).

Di atas kertas, Madura United lebih diunggulkan. Laskar Sape Kerrab punya materi pemain bertabur bintang. Sebut saja Raphael Maitimo, Greg Nwokolo, Fachrudin Wahyudi Aryanto, hingga Slamet Nurcahyo.

Kedua tim juga sudah bertemu di Piala Presiden edisi sebelumnya. Hasilnya, Madura United yang saat itu menjadi tuan rumah, menang 3-2 atas Perseru di Stadion Gelora Ratu Pamelingan, Pamekasan (14/2/2017).

Pelatih Madura United, Gomes de Oliveira, tidak menampik anak asuhnya memang lebih diunggulkan. Namun, hal ini justru jadi jadi tantangan bagi mereka untuk membuktikan diri.

Apalagi Madura United mencatatkan hasil berbeda ketika bersua Perseru di Liga 1 2017. Dalam dua pertemuan, Fabiano Beltrame cs. tidak pernah keluar sebagai pemenang.

Pada pertemuan pertama (8/5/2017), hasil 1-1 menghiasi papan skor Stadion Gelora Ratu Pamelingan. Lalu, saat bertindak sebagai tuan rumah di Stadion Marora, Perseru menang 2-0 atas Madura United (28/8/2017).

Menurut Gomes, hal itu menjadi motivasi bagi anak asuhnya untuk bisa memetik tiga angka di laga ini. "Pemain harus membuktikan mereka memang lebih baik. Tapi, tidak ada pertandingan mudah. Pemain Perseru punya kualitas, saya tahu pemain Papua punya kecepatan dan sulit dikalahkan," kata Gomes.

"Namun, pemain sangat termotivasi. Pemain Madura tahu Serui tidak mudah dikalahkan. Jadi, saya minta pemain betul-betul bersemangat untuk memenangi pertandingan," imbuh pelatih 55 tahun itu.

Pembuktian Diri

Kebintangan Madura United diakui pelatih Perseru, Alexander Saununu. Namun, ia menegaskan Perseru tak silau dengan materi yang dimiliki Sape Kerrab. Sama halnya tim lawan, Perseru juga ingin menggunakan laga ini sebagai pembuktian diri.

"Banyak orang bilang skuat Madura United bagus. Tapi sebagai pelatih Perseru, saya menganggap tim Perseru juga hebat. Kami akan buktikan nanti di lapangan," ujar Alexander.

Penilaian internal ini sengaja harus dilakukan Alexander Saununu sebagai bentuk kecintaan dan tanggung jawab profesional sebagai pelatih.

"Jika menganggap tim sendiri lemah, berarti tak percaya dengan kemampuan pemain. Ini bisa merusak motivasi pemain dan internal tim. Sejak jadi pemain, saya selalu tanamkan pada diri sendiri bila kami yang terbaik," katanya.

Mantan gelandang Pelita Jaya ini malah berencana mengajak Madura United bermain terbuka. "Saya akan menerapkan sepak bola menyerang. Kami akan main terbuka dengan ciri khas tim asal Papua. Saya tak ingin bertahan yang akhirnya jadi bulan-bulanan lawan," ucapnya.

Optimisme Alex Saununu bukan tanpa alasan. Perseru memiliki dua sayap cepat dan lincah. Anis Nabar dan Lukas Mandowen akan jadi andalan Perseru untuk mengoyak Madura United.

"Minimal kami harus dapat menahan imbang. Kami akan mempersulit Madura United hingga mereka frustrasi. Saya ingin pemain main lepas dan menikmati pertandingan nanti," ujar Alexander.

Prakiraan Susunan Pemain

Prakiraan Susunan Pemain

Madura United (4-3-3): Herry Prasetyo; Beny Wahyudi, Fachrudin Aryanto, Fabiano Beltrame, Andik Rendika Rama; Raphael Maitimo, Slamet Nurcahyo, Noureddine Davronov; Patrick N'Koyi, Marcel Sacramento, Greg Nwokolo

Pelatih: Gomes de Oliviera

Perseru (4-3-3): Sukasto Effendi; Jaelani Arey, Dominggus Fakdawer, Ata Geldiyev, Alex Wayoi; Nerius Alom, Franklin Rumbiak, Ronaldo Meosido; Anis Nabar, Silvio Escobar, Lukas Mandowen

Pelatih: Alexander Saununu

 

Video Populer

Foto Populer