Sukses


Prediksi Arema FC Vs Persela: Pertaruhan Gengsi Pelatih

Bola.com, Malang - Di atas kertas, Arema FC lebih diunggulkan saat melakoni laga perdana Grup E Piala Presiden 2018 melawan Persela Lamongan di Stadion Gajayana, Malang, Sabtu (20/1/2018). Selain faktor tuan rumah, Tim Singo Edan punya materi pemain lebih bagus dibanding Laskar Jaka Tingkir.

Tapi sepak bola bukan di atas kertas. Di dalam lapangan segalanya bisa terjadi.

Hal itu diakui pelatih Arema, Joko ‘Getuk’ Susilo. Dia tidak ingin anak buahnya terlena dengan prediksi pengamat sepak bola.

“Persiapan sudah kami lewati dengan baik. Sekarang tinggal membuktikan hasilnya di Piala Presiden. Yang perlu digaris bawahi, tidak ada lawan mudah. Butuh kerja keras untuk selalu dapat poin,” jelasnya.

Yang membuat laga ini menarik, tentu head to head kedua pelatih. Karena dalam ajang Piala Presiden 2017, Aji Santoso yang kini melatih Pesela Lamongan sukses membawa Arema jadi juara.

Pada paruh kedua Liga 1 2017, sebenarnya kedua pelatih sudah saling berhadapan. Aji sudah membesut Persela, dan Getuk naik pangkat jadi pelatih Arema. Waktu itu kubu Singo Edan menang 2-0 di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang.

Akan tetapi pertemuan kali ini berbeda. Karena kedua pelatih sudah memegang kendali tim masing-masing bukan di tengah jalan seperti musim lalu. Patut dicatat pula duet Aji-Getuk yang mengantar Arema menjadi jawara Piala Presiden 2017.

“Yang jelas kami sudah sama-sama tahu. Tinggal perang strategi saja nanti di lapangan. Yang pasti akan menarik,” jelas Getuk.

Arema memang lebih siap. Tidak ada lagi pemain seleksi tim tim mereka. Berbeda dengan Pesela yang masih menyeleksi empat pemain asing dan beberapa pemain lokal.

Selain itu, Persela juga dihuni banyak pemain muda. “Sekali lagi kami tegaskan jika tidak ada lawan mudah. Pemain muda Persela membuat mereka lebih bertenaga. Jadi harus tetap waspada,” ujar Getuk.

Arema FC sudah menyiapkan strategi khusus untuk melawan Persela. Getuk berjanji akan memperlihatkan karakter yang berbeda. Itu sudah terlihat dalam sesi jajal lapangan Jumat (19/1/2018).

Arema FC jadi satu-satunya tim yang menggelar sesi latihan tertutup. Singo Edan tidak ingin taktinya diketahui lawan dan diulas di media secara detail. “Strategi kami akan berbeda dengan saat uji coba lalu. Dilihat saja saat pertandingan nanti,” terangnya.

2 dari 3 halaman

Tak Mau Cari Alasan

Sementara itu, Aji Santoso lebih santai menghadapi pertemuan dengan Arema. Dia tidak ingin terfokus untuk perang strategi dengan Getuk. Dalam latihan terakhir di Stadion Gajayana, dia hanya memberikan dua program ball possesion.

“Saya memang sudah mengenal Arema. Tidak ada gengsi antar pelatih. Normal saja. Dari segi materi pemain, Arema sekarang jauh lebih berpengalaman dari Arema. Tapi Persela sudah mengantisipasinya untuk berusaha memberikan perlawanan,” kata Aji.

Pelatih asal Kepanjen, Kabupaten Malang ini sempat mengeluhkan persiapan Persela yang kurang mulus. Karena mereka menjalani latihan tidak pernah dengan skuat komplit.

Maklum, komposisi pemain mereka belum lengkap. Selain itu, winger andalannya Saddil Ramdani sekarang masih fokus dalam pemusatan latihan dengan Timnas Indonesia U-23 Asian Games 2018 di Jakarta.

“Tapi kami tidak ingin mencari alasan. Persela akan berusaha untuk membuat pertandingan nanti berjalan seru,” tegas mantan pelatih timnas U-23 ini.

Di balik kelemahan Persela itu, sebenarnya bisa jadi sebuah keuntungan tersendiri. Karena Arema masih belum mengetahui seperti apa karakter bermain para pemain asing seleksinya. Sehingga saat ini tim pelatih Singo Edan masih menduga-duga.  

3 dari 3 halaman

Komposisi Pemain

Prakiraan Susunan Pemain 

Arema FC (4-2-3-1): Joko Ribowo (Kiper); Syaiful Indra, Arthur Cunha, Purwaka Yudi, Ahmad Alfarizi (Belakang); Hendro Siswanto, Ahmet Atayev; Dendi Santoso, Rodrigo Ost, Ridwal Tawainella (Tengah); Thiago Furtuoso (Depan)

Pelatih: Joko Susilo 

Persela Lamongan (4-3-3): Dwi Kuswanto (Kiper); Birrul Walidain, Jodi Kustiawan, Wallace Costa Alves, Samsul Arifin (Belakang); Agung Pribadi, Jefferson Lopes, Fathullo Fathuloev, Syahroni (Tengah); Fahmi Al Ayubi, Gaston Castano, Guntur Triaji (Depan)

Pelatih: Aji Santoso

Video Populer

Foto Populer