Sukses


Kalahkan Irak, Vietnam Rebut Tiket Semifinal Piala AFC U-23

Bola.com, Jakarta - Timnas Vietnam U-23 secara mengejutkan berhasil mengalahkan Timnas Irak U-23 di perempat final Piala AFC U-23 2018 yang digelar di China, Sabtu (20/1/2018). Bermain begitu dramatis, saling kejar-mengejar skor, Vietnam akhirnya melangkah ke semifinal melalui drama adu penalti.

Timnas Vietnam U-23 dan Irak U-23 bermain 1-1 sepanjang waktu normal. Namun, empat gol tercipta dalam dua babak extra time yang membuat kedudukan 3-3 menutup 120 menit pertandingan dan memaksa laga harus ditentukan melalui drama adu penalti.

Timnas Vietnam U-23 membuka keunggulan lebih dulu saat laga berjalan 12 menit melalui Nguyen Cong Phuong. Berawal dari umpan sepak pojok Phan Van Duc, Nguyen Cong Phuong menjebol gawang Irak dengan tembakan kaki kanan dari tengah kotak penalti.

Namun, Irak U-23 berhasil membalas pada menit ke-29 setelah mendapatkan hadiah penalti setelah Pham Xuan Manh melanggar Aymen Hussein di kotak terlarang. Aymen sendiri yang mengambil eksekusi penalti dan membuat kedudukan menjadi 1-1.

Skor imbang itu bertahan hingga berakhirnya 90 menit waktu normal pertandingan perempat final Piala AFC U-23 2018 itu. Pertandingan semakin dramatis ketika memasuki extra time. Empat gol tercipta dalam 30 menit tambahan waktu itu.

Irak U-23 berhasil berbalik unggul saat menit ke-94. Aymen Hussein mencetak gol keduanya dalam pertandingan ini melalui tandukan kepala setelah memanfaatkan umpan sepak pojok Bashar Resan.

Namun, pada menit ke-108 giliran Vietnam U-23 yang berhasil mengoyak jala gawang Irak melalui Phan Van Duc. Tembakan kaki kiri yang dilepaskannya dari dalam kotak penalti tak mampu dihalau kiper Irak U-23.

Vietnam menggila di babak kedua extra time. Satu gol kembali dicetak pada menit ke-112 yang membuat mereka berbalik unggul 3-2 atas Irak. Ha Duc Chinh menanduk bola yang sukses masuk ke gawang Irak setelah memanfaatkan sepak pojok Luong Xuan Truong.

Hanya, harapan Vietnam untuk bisa memastikan kemenangan harus ditunda setelah pada menit ke-116 Irak U-23 berhasil mencetak gol ketiga mereka. Alaa Mhawi menggagalkan kemenangan Vietnam setelah menerima umpan dari Aymen Hussein.

Kedudukan 3-3 bertahan hingga 120 menit pertandingan berakhir dan memaksa laga ditentukan melalui drama adu penalti. Vietnam U-23 yang melakukan eksekusi pertama berhasil unggul berkat keberhasilan Vu Van Thanh menjalankan tugasnya.

Namun, eksekutor pertama Irak, Bashar Resan, gagal melakukan tugas dengan baik. Tembakannya mengarah ke tengah dan dengan mudah bisa dihalau kiper Vietnam U-23.

Tiga eksekutor berikutnya dari kedua tim berhasil menjalankan tugas dengan baik. Eksekutor kelima Vietnam U-23, Bul Tien Dung, akhirnya berhasil memastikan Vietnam lolos ke semifinal AFC U-23 2018 dengan kemenangan 5-3 dalam adu penalti.

Kemenangan ini membawa Vietnam harus menghadapi Qatar di semifinal yang akan digelar pada 23 Januari 2018. Vietnam menjadi satu-satunya wakil Asia Tenggara di babak empat besar Piala AFC U-23 2018 setelah langkah Malaysia dihentikan Korea Selatan di pertandingan perempat final lainnya.

 

Video Populer

Foto Populer