Sukses


Parade 3 Gol Terbaik Pekan Pertama Piala Presiden 2018

Bola.com, Jakarta - Persaingan sengit langsung terjadi pada pekan pertama turnamen pramusim Piala Presiden 2018. Sebanyak 28 gol tercipta pada 10 laga yang dihelat di lima grup penyisihan interval 16-20 Januari 2018.

Madura United jadi klub paling produktif. Mengawali persaingan Grup C, tim asuhan Gomes de Oliviera menang telak 5-0 atas Perseru Serui di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Kamis (18/1/2018). Bomber naturalisasi, Greg Nwokolo menjadi bintang dalam laga tersebut dengan lesakan dua gol.

Tiga gol lainnya disumbang Bayu Gatra, Cristian Gonzales, dan Raphael Maitimo. Dua nama terakhir disebut merupakan pemain rekruitan baru MU.

Torehan hasil positif tersebut mengantar Madura United jadi pemuncak klasemen sementara, setelah dua pesaing mereka Persebaya Surabaya dan PS TNI  hanya meraih hasil imbang 1-1.

Kemenangan skor telak juga diraih Persija Jakarta di persaingan Grup D. Tim Macan Kemayoran melumat tim kontestan Liga 2, PSPS Pekanbaru 3-0 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Jumat (19/1/2018). Dua pemain gaek, Bambang Pamungkas dan Ismed Sofyan berperan dalam raihan absolut Persija. Sebiji gol lainnya dicetak bomber asing gres, Marco Simic.

Tak hanya menyajikan pertandingan dengan margin gol besar, pekan perdana Piala Presiden 2018 juga mempertontonkan laga-laga sengit. Di Grup D Bali United meraup hasil absolut dengan skor tipis 3-2 atas Borneo FC. Gol penentu kemenangan dicetak Stefano Lilipaly. Gelandang serang naturalisasi asal Belanda itu mencetak hattrick dalam pertandingan ini.

Pada Sabtu (20/1/2018) giliran Arema dan Persela Lamongan di Stadion Gayajana, Malang, mempertontonkan bentrok menegangkan. Tim Singo Edan sempat unggul 2-0, sebelum akhirnya dikejar  Laskar Jaka Tingkir. Gol bunuh diri, Muhammad Zaenuri pada menit 96 membuat penggawa Kera-kera Ngalam gagal memuaskan pendukungnya di persaingan Grup E.

Bola.com memilih tiga gol terbaik pekan pertama Piala Presiden 2018. Bagaimana proses dan siapa yang jadi aktor eksekutor gol-gol tersebut. Simak di halaman berikut ini:

 

 

2 dari 4 halaman

Ferinando Pahabol

Ferinando Pahabol menjadi penyelamat Persebaya Surabaya pada pertandingan lawan PS TNI di Piala Presiden 2018, Kamis (18/1/2018) di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. Tim Bajul Ijo hampir kalah, jika saja gol yang disumbang Manahati Lestusen pada menit ke-68 bertahan hingga pertandingan berakhir.

Namun, Ferinando Pahabol yang notabene baru digaet Persebaya dari Persipura tersebut, merubah keadaan delapan menit berselang.

Sepakan kerasnya pada menit ke-76 mampu merobek jala PS TNI untuk menyamakan skor menjadi 1-1. Memanfaatkan efek kejut dari tendangan penjuru, pemain bertubuh munggil tersebut melayangkan tendangan first time keras yang berujung gol. Ini menjadi debut manis Pahabol bersama Persebaya.

Pahabol berteriak seusai melesakkan tembakan terarah ke gawang PS TNI. Ia mengaku sempat tertekan lantaran Persebaya harus tertinggal lebih dulu dari PS TNI.

Tak hanya itu, Pahabol juga merasa tertekan karena ekpetasi kelompok suporter Persebaya, Bonek Mania, terhadap dirinya, dan rekannya asal Papua lainnya yang didatangkan Persebaya di pramusim ini sangat tinggi.

"Jujur tadi saya sangat takut. Takut pada Bonek Mania karena mereka berharap banyak pada kami. Tapi saya berusaha terus keluar dari tekanan itu, dan syukur akhirnya bisa cetak gol," tuturnya.

Salah satu bintang Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 203 itu mengakui bahwa sebelum pertandingan ini memang ingin mencetak gol bagi Persebaya. Sebab, selain ingin membantu sekaligus memberikan kontribusi penting untuk tim barunya, ia juga ingin membuktikan diri bahwa Persebaya tak salah merekrutnya.

Di pertandingan ini, pemain mungil ini memang tampil apik. Ia menjadi solusi ketika Rendi Irwan dikawal ketat oleh pemain PS TNI. Setidaknya, aksi Pahabol kerap membuat pemain PS TNI potang-panting menutup pergerakannya yang lincah.

Ferinando Pahabol bisa berharap untuk menjadi idola baru pendukung Persebaya, Bonek Mania. Maklum, selama salah satu ikon Persebaya di Liga 2 musim lalu, Irfan Jaya, bergabung dengan pemusatan latihan Timnas U-23, Pahabol yang dibekali kemampuan teknik individu di atas rata-rata memiliki kesempatan besar untuk unjuk gigi.

Nonton video di bawah ini buat melihat gol dasyat Ferinando Pahabol:

3 dari 4 halaman

Greg Nwokolo

Madura United mengawali persaingan penyisihan Grup C Piala Presiden 2018 dengan menyakinkan. Mereka mengeruk kemenangan telak 5-0 atas sesama klub Liga 1, Perseru Serui di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Kamis (18/1/2018).

Striker Greg Nwokolo sukses menyumbang dua gol di laga ini pada menit ke-14 dan ke-72. Sedangkan tiga gol lainnya masing-masing disumbang oleh Bayu Gatra (41’), Cristian Gonzales (79’) dan Raphael Maitimo (82’).

Gol kedua pemain naturalisasi berdarah Nigeria tersebut masuk kategori gol kelas dunia. Sang pemain mengeksekusi tendangan bebas di sisi kiri luar kotak penalti Perseru. Tendangannya melengkung bak pisang. 

Gol tersebut direspons pelatih Madura United, Gomes de Oliveira, push-up sebanyak 10 kali di pinggir lapangan. Greg pun tak melakukan aksi selebrasi, striker 32 tahun itu malah menghampiri Gomes yang berada di bench.

Rupanya, Gomes punya janji pada Greg. Jika sang striker mampu menjebol gawang lawan lewat tendangan bebas, maka arsitek asal Brasil itu akan melakukan push-up.

“Ceritanya, kami waktu itu lagi latihan tendangan bebas. Terus coach bilang saya semusim di Madura United belum pernah sekalipun cetak gol dari tendangan bebas. Akhirnya, coach bilang akan push-up kalau saya bisa melakukannya. Ternyata langsung berhasil,” kata Greg. 

“Saya siap push-up kalau Greg cetak gol terus,” ujar Gomes sambil tertawa.

“Saya hanya ingin memberi motivasi kepada pemain. Madura Unitedpunya potensi yang harus dimanfaatkan. Tapi saya memang serius soal push-up itu tadi,” lanjut mantan nakhoda Persiwa Wamena itu dengan wajah ceria.

Seperti apa dasyatnya gol tendangan bebas Greg Nwokolo? Saksikan lewat tayangan video berikut ini:

 

4 dari 4 halaman

Guy Junior

PSMS Medan yang berstatus sebagai klub promosi Liga 1 2018 layak disebut kuda hitam. Dikepung tiga klub elite, Persib Bandung, PSM Makassar, dan Sriwijaya FC, di persaingan Grup A Piala Presiden, tim asuhan Djadjang Nurdjaman terlihat tak kalah mental.

Tim Ayam Kinantan mengawali persaingan Grup A pada Selasa (16/1/2018) dengan torehan hasil postif. PSMS menang 2-1 atas PSM. Gol kemenangan PSMS disumbang Suhandi dan Antonio Putro

Namun, bahasan kita kali ini bukan soal hasil sukses yang diraih PSMS pada laga tersebut. Melainkan gol indah yang dicetak pemain depan PSM, Guy Junior.

Sang pemain mencetak gol pada menit ke-19, yang membuat Tim Juku Eja sempat memimpin 1-0. 

Berawal dari umpan lambung Hendri Susanto dari sisi kiri luar penalti, Guy Junior mencetak gol salto memanfaatkan kecerobohan bek Ayam Kinantan, Alwi Slamet, yang hendak menghalau bola lewat sundulan.

Gol Guy Junior mirip dengan gol legenda Timnas Indonesia, Widodo Cahyono Putro, pada ajang Piala Asia 1996 silam.

Sayangnya gol persembahan sang pemain anyar tak otomatis mengantar Tim Ayam Jantan dari Timur memenangi laga.

PSM sendiri menurunkan pemain muda dalam laga ini. Konsentrasi tim asuhan Robert Alberts terbagi. Mereka juga tampil di turnamen mini, Supercup Asia di Makassar.

Guy Junior mencetak dua gol dan satu assist dan membawa PSM Makassar melibas Home United (Singapura) 4-0 pada ajang Supercup Asia 2018 di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin, Jumat (19/1/2018) malam.

 Pada jumpa media usai pertandingan, Robert Alberts (pelatih PSM) mengaku puas dengan kinerja striker naturalisasi yang baru sepekan bergabung di Juku Eja.

"Saya senang Guy selalu mencetak gol pada setiap partai. Saya berharap kemampuannya terus berkembang bersama PSM," ujar Robert.

Bagaimana proses gol Guy Junior di laga melawan PSMS Medan? Simak detailnya di video berikut ini: 

 

 

Video Populer

Foto Populer