Sukses


8 Besar Piala Presiden: Ribuan Bonek Bakal Hijaukan Solo

Bola.com, Surabaya - Lolosnya Persebaya ke babak 8 besar Piala Presiden 2018 membuat Bonek Mania berencana menyerbu venue fase gugur, Stadion Manahan, Solo. Diperkirakan mereka datang dalam jumlah ribuan. Hal itu diungkapkan oleh tokoh Bonek Mania, Hasan Tiro, Kamis (1/2/2018).

Jarak antara Surabaya-Solo yang tak terlalu jauh diyakini sebagai salah satu faktor banyaknya Bonek Mania yang akan bertolak ke Solo untuk memberikan dukungan langsung pada Persebaya. "Kalau ke Bandung saja ada ribuan Bonek Mania yang berangkat, apalagi hanya ke Solo," tutur Hasan.

Rencananya, rombongan Bonek Mania akan berangkat dari Surabaya pada Jumat (2/2/2018) malam dengan menumpang kereta, bus, mobil pribadi, dan sepeda motor. Berbeda dengan sebelumnya, keberangkatan Bonek Mania ke Solo kali ini banyak yang tak dikoordinir, alias berangkat sendiri-sendiri.

"Keberangkatan mereka atas inisiatif kelompok atau perseorangan. Ini karena Solo tidak terlalu jauh. Sementara untuk yang terkoordinir sampai saat ini jumlahnya ratusan," ungkap Hasan.

Bonek Mania yang terkoordinir rencananya akan berkumpul di Taman Bungkul, Surabaya, lebih dulu. Dari titik kumpul inilah mereka akan berangkat bersama-sama menuju ke Solo. Mereka akan langsung menuju ke Stadion Manahan dan berkumpul di sekitar stadion sembari menunggu jam pertandingan.

Agar tertib dan tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan, Bonek Mania dan manajemen Persebaya telah berkoordinasi dengan kelompok suporter tuan rumah, Pasoepati. Koordinasi ini mereka lakukan sebagai wujud menjaga etika sebagai suporter tamu yang bertandang ke markas suporter lain.

Tak hanya dengan Pasoepati, mereka juga sudah menjalin komunikasi dengan aparat kepolisian di Jatim dan Solo. "Rencananya, hari Kamis ini perwakilan manajemen dan Bonek berangkat ke Solo untuk pengondisian. Sejauh ini semuanya berjalan lancar. Semoga suasana kondusif ini terjaga sampai kepulangan nanti," tutur Hasan yang diamini tokoh Bonek lainnya, Devara Noumanto alias Sinyo.

Bonek pun menyampaikan terima kasih kepada Pasoepati yang sudah menyatakan diri siap menerima dengan baik Bonek Mania selama berada di Solo. Mereka pun siap menjadi tamu yang baik selama di Kota Batik ini. "Kami akan menjadi tamu yang baik," kata Sinyo.

Video Populer

Foto Populer