Sukses


5 Fakta Menarik Setelah Bali United Lolos ke Final Piala Presiden 2018

Bola.com, Jakarta - Bali United memastikan melangkah ke final Piala Presiden 2018 setelah mengalahkan Sriwijaya FC dengan skor 1-0 di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Rabu (14/2/2018).

Tim Serdadu Tridatu lolos ke final karena di leg pertama semifinal yang dimainkan di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, Minggu (10/2/2018), pertandingan berakhir dengan skor 0-0.

Gol tunggal kemenangan Bali United ditentukan lewat sundulan bek asal Brasil, Demerson, pada menit ke-81 memanfatkan sepak pojok Fadhil Sausu. 

Kemenangan ini tentu disambut sukacita kubu Bali United yang memang ingin tampil di final Piala Presiden 2018. Sementara Sriwijaya FC, terlihat kecewa karena ambisi ke final harus kandas.

Beberapa fakta menarik tersaji dari kepastian Bali United ke final Piala Presiden 2018. Apa saja itu? Berikut beberapa di antaranya seperti dirangkum Bola.com dari berbagai sumber:

1. Final pertama

Piala Presiden 2018 jadi yang pertama buat Bali United tampil di partai final. Pada dua edisi sebelumnya, langkah terjauh tim Serdadu Tridatu adalah di fase perempat final.

Catatan itu tercipta pada Piala Presiden 2015. Ketika itu Bali United melaju ke perempat final sebagai juara Grup C. Di perempat final, Bali United takluk dengan agregat 3-5 dari Arema.

Kemudian pada Piala Presiden 2017, prestasi Bali United mengalami penurunan lantaran gagal lolos dari penyisihan Grup D setelah hanya mengumpulkan poin dua dan berada di dasar klasemen.

 

2 dari 2 halaman

Rekor Pertemuan

2. Unggul rekor pertemuan

Bagi Bali United, Persija bukan lawan asing di Piala Presiden. Dari tiga edisi Piala Presiden sejauh ini, Bali United dua kali tergabung dalam grup sama dengan tim ibu kota itu. Pada Piala Presiden 2015, Bali United dan Persija tergabung di Grup C dan di Piala Presiden 2018, kedua tim bersama di Grup D. Dari dua pertemuan itu Bali United lebih unggul.Pada pertemuan di Grup C Piala Presiden 2015, Bali United menang telak 3-0 atas Persija, sementara di fase penyisihan Grup D Piala Presiden 2018, Bali United unggul tipis 3-2.

3. Prestasi Wawan Hendrawan

Keberhasilan Bali United tampil di final Piala Presiden 2018 bakal jadi pengalaman kedua bagi Wawan Hendrawan. Sebelum gabung tim Serdadu Tridatu, Wawan pernah tampil di final Piala Presiden 2017 bersama Pusamania Borneo FC. Namun, ketika itu ia gagal merebut gelar juara setelah kalah telak 1-5 dari Arema FC.Catatan apik lain, kiper 35 tahun ini berstatus sebagai all time clean sheet di Piala Presiden. Koleksi clean sheet Wawan mencapai enam pertandingan, melebihi Muhammad Ridwan, Rivki Mokodompit, dan I Made Wirawan.

4. 4 eks pemain Persib

Selain Wawan Hendrawan, ada pula pemain lain di Bali United yang sudah merasakan final Piala Presiden. Mereka adalah eks pemain Persib Bandung, yakni Ilija Spasojevic, Taufiq, Dias Angga Putra, dan Yandi Sofyan Munawar. Keempatnya berhasil memenangi gelar juara setelah mengalahkan Sriwijaya FC di final dengan skor 2-0.

Pemain Persib, Ilija Spasojevic (kiri) dan Makan Kanote, merayakan gelar juara Piala Presiden 2015 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (18/10/2015). (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

5. Trofi Piala Presiden

Jika Bali United jadi juara Piala Presiden 2018, trofi juara Piala Presiden bakal pulang kampung. Hal ini karena trofi yang disediakan untuk tim juara merupakan hasil karya Ida Bagus Lasem, seniman pahat asal Gianyar, Bali, yang merupakan markas Bali United.

Video Populer

Foto Populer