Sukses


Daftar 15 Pemain ASEAN di Liga Malaysia, Indonesia Paling Banyak

Bola.com, Jakarta - Bursa transfer di Liga Malaysia untuk musim 2018 tahap pertama sudah ditutup pada Minggu tengah malam (11/2/2018). Alhasil, rekapitulasi pergerakan seluruh pemain sudah diperoleh, termasuk pemain asing. Khusus pemain asing dari kategori ASEAN, pemain asal Indonesia mendominasi liga kasta tertinggi di Negeri Jiran. 

Seperti dilansir dari Berita Harian, Kamis (22/2/2018), ada empat dari 12 klub peserta Liga Super Malaysia 2018 yang mendatangkan pemain asal Indonesia. Jumlah totalnya mencapai lima pemain.

Andik Vermansah jadi pemain yang "langgeng" tampil di Malaysia sejak kedatangannya ke Selangor tahun 2013. Namun, pada musim 2018 ini, pemain sayap lincah itu tak lagi berkostum The Red Giants. Andik hijrah ke Kedah FA.

Kepastian Andik gabung Kedah terbilang last minute, karena ia dikabarkan resmi jadi bagian skuat Hijaukuning pada Jumat malam (9/2/2018) dan dikenalkan secara resmi pada Sabtu pagi (10/2/2018).

Di sisi lain, Selangor FA masih melanjutkan tradisi diperkuat pemain asal Indonesia meski tak lagi diperkuat Andik,. Musim ini giliran eks duo Bhayangkara FC, Evan Dimas dan Ilham Udin Armaiyn, yang gabung tim Gergasi Merah.

Selangor jadi klub di Malaysia yang paling banyak merekrut pemain asal Indonesia pada musim ini. Klub lain hanya mendatangkan satu pemain Indonesia.

Selain Andik di Kedah FA, di kubu Kuala Lumpur FA ada Achmad Jufriyanto, kemudian di klub Kelantan FA ada eks striker PSM Makassar, Ferdinand Sinaga.

Jumlah lima pemain Indonesia di Liga Super Malaysia 2018 ini jadi yang terbanyak di antara negara lain di regional Asia Tenggara. Bahkan, masih ada David Laly. Namun, eks pemain Persib Bandung itu berkiprah di kompetisi kasta kedua, Liga Premier Malaysia, bersama Felcra FC.

 

2 dari 3 halaman

Singapura dan Kamboja di Bawah Indonesia

Menurut data, ada 15 pemain ASEAN yang berkiprah di tim-tim kasta tertinggi Malaysia. Di bawah Indonesia, ada Singapura dan Kamboja yang menyusul di posisi kedua, masing-masing dengan menyumbang sebanyak empat pemain.

Delapan pemain Singapura dan Kamboja itu tersebar di enam klub, yakni Johor Darul Ta'zim, Pahang FA, Melaka United, PKNS FC, Terengganu FC, dan Negeri Sembilan.

Di peringkat ketiga negara penyumbang terbanyak pemain ASEAN di Liga Super Malaysia, ada Filipina. Filipina menyumbang sebanyak dua pemain, masing-masing memperkuat Kedah FA dan Perak FA.

Andik Vermansah dalam sesi latihan Kedah FA di Stadion Sultan Abdul Halim, Senin (19/2/2018). (Bola.com/Dok. Facebook Kedah FA)

Secara keseluruhan, 15 pemain asing ASEAN itu sudah didaftarkan dan sah berkiprah musim ini di Liga Super Malaysia. Seluruh kontestan kasta tertinggi Liga Malaysia, 12 tim, memanfaatkan regulasi pemain asing ASEAN.

Seperti diketahui, mulai musim 2018, Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM) dan operator kompetisi FMLLP, menerapkan aturan adanya pemain asing ASEAN. Aturan ini melengkapi regulasi pemain asing sebelumnya, sehingga musim ini aturan yang berlaku adalah 3+1+1, yakni tiga pemain non Asia, satu pemain Asia, dan satu pemain ASEAN.

Namun, setiap klub hanya boleh menurunkan empat pemain asing dalam satu pertandingan atas asas keadilan dengan klub kasta kedua, Liga Premier Malaysia, yang hanya boleh merekrut empat pemain asing.

Hal ini dimasudkan karena klub kasta teratas dan kasta kedua bakal bertemu di ajang Piala FA maupun Piala Malaysia.

Regulasi pemain asing 3+1+1 untuk klub Liga Super Malaysia berlaku hingga musim 2022. Setelah itu FAM dan FMLLP akan melakukan evaluasi.

Nah, pemain ASEAN dari negara mana yang akan bersinar musim ini? Cermati saja kiprah mereka hingga pengujung musim. Sebagai catatan, Liga Super Malaysia 2018 sudah bergulir hingga pertandingan ketiga.

3 dari 3 halaman

Perincian pemain ASEAN di Liga Super Malaysia 2018

Perincian pemain ASEAN di Liga Super Malaysia 2018

Indonesia

Evan Dimas, Ilham Udin Armaiyn (Selangor FA), Andik Vermansah (Kedah FA), Achmad Jufriyanto (Kuala Lumpur FA), Ferdinand Sinaga (Kelantan FA)

Singapura

Harris Harun (Johor Darul T'azim), Shahdan Sulaiman (Melaka United), Safuwan Baharuddin (Pahang FA), Faris Ramli (PKNS FC)

Kamboja

Chan Vathanaka (PKNS FC), Keo Sokpheng (PKNP FC), Bin Chanthacheary (Terengganu FC), Prak Mony Udom (Negeri Sembilan)

Filipina

Alvaro Silva (Kedah FA), Misagh Bahadoran (Perak FA)

Video Populer

Foto Populer