Sukses


Bukti Nyata Kesuksesan Mourinho Sebagai Pelatih

Bola.com, London - Jose Mourinho akhirnya sukses membawa Chelsea meraih gelar juara Liga Premier Inggris musim ini. Bagi Mourinho, ini adalah trofi juara yang kedelapan bersama The Blues, serta yang ke-22 sepanjang kariernya sebagai pelatih klub sepak bola.

Atas raihan prestasi terbarunya, Mourinho kini menjadi pelatih yang mampu memenangkan trofi rata-rata setiap 34 pertandingan. Sejak menangani FC Porto pada tahun 2002, Mou berhasil berjaya di level lokal dan Eropa. Karier kepelatihannya pun semakin mengilap sejak direkrut Roman Abramovich ke Chelsea pada tahun 2004.

Sumber BBC

Pencapaian Mourinho ini bisa dibilang tertinggal jika dibandingkan dengan manajer legendaris Manchester United, Sir Alex Ferguson yang telah mengoleksi 13 titel Liga Primer. Namun raihan piala 'perak' Mou tak kalah mengesankan.

Manajer asal Portugal itu pernah mengangkat dua trofi Liga Champions bersama Porto dan Inter Milan, lalu Piala UEFA, Piala FA, tiga Piala Liga serta piala-piala domestik di Portugal, Spanyol dan Italia.

Selama berkarier di Inggris, presentase kemenangan Mourinho menjadi yang terbaik sepanjang sejarah Liga Primer. Manajer berusia 52 tahun itu mampu memenangkan 135 pertandingan dari 193 laga. Secara statistik, persentase kemenangan Mourinho sebesar 70 persen.

2 dari 3 halaman

Lawan favorit?

Liverpool tercatat menjadi tim yang paling sering dikalahkan chelsea. Salah satu pertandingan yang tak akan terlupakan publik Anfield ialah ketika The Blues memupus harapan The Reds menjuarai Liga Inggris musim 2013/14. Kala itu, John Terry dkk mengalahkan Liverpool 2-1.

Dari sepuluh pertemuan, Mou telah delapan kali menikmati kemenangan atas The Reds sedangkan dua laga sisanya masing-masing berakhir imbang dan kalah.

Sumber BBC

Mendominasi Klub Papan Atas

Rekor Mourinho tak kalah impresif ketika bertemu tim-tim papan atas. Dari 40 pertandingan liga melawan Liverpool, Manchester United, Manchester City dan Arsenal, Mourinho hanya kalah tiga kali.

  Menang Seri Kalah
vs Manchester City 6 3 1
vs Manchester United 5 4 1
vs Arsenal 4 6 0

 

3 dari 3 halaman

Momok Menakutkan Mourinho

Momok Menakutkan Mourinho

Meski hasil statistik menempatkan Mou lebih unggul atas tim-tim elite, namun tak berarti segalanya menjadi mudah ketika ia bertemu tim-tim kecil.

Tottenham Hotspurs menjadi klub satu-satunya yang sering mengalahkan Chelsea. Dari 10 pertemuan, The Lilywhites tampil dominan dengan enam kali kemenangan. Sedangkan Middlesbrough, Aston Villa dan Newcastle juga kerap menjadi momok menakutkan The Blues dengan lebih sering tampil sebagai pemenang.

Tak Terkalahkan

Kegagalan manajer Arsenal, Arsene Wenger menaklukan Chelsea selalu menjadi perhatian jelang kedua tim bentrok. The Gunners menjadi satu-satunya klub papan atas yang belum pernah mengalahkan Jose Mourinho.

Arsenal hanyalah satu dari 19 klub lainnya yang tercatat belum pernah mengalahkan The Blues.

Rekor Kemenangan 100 persen

Dari 19 klub yang ada di Liga Primer, Mourinho tercatat memiliki rekor kemenangan 100 persen atas delapan klub.

Baca Juga:

Chelsea Juara, Pellegrini Sindir Mourinho

Gagal Penalti, Van Gaal Hukum Van Persie

Valentino Rossi Galau Pilih Ban untuk Balapan di Jerez

 

Video Populer

Foto Populer