Sukses


Nasib Pemain Muda dalam Rekam Jejak Karier Mourinho

Bola.com — Manajer asal Portugal, Jose Mourinho, dikabarkan bakal menangani Manchester United (MU) pada musim depan. Namun, kabar itu justru membuat fans serta mantan pemain MU khawatir lantaran The Special One dianggap tak tertarik mempromosikan pemain-pemain muda. 

MU selama ini memang dikenal memiliki perhatian khusus terhadap pemain muda. Pada era Sir Alex Ferguson, klub tersebut sempat mempromosikan pemain-pemain, seperti David Beckham, Ryan Giggs, Gary Neville, Paul Scholes, yang masuk ke dalam "angkatan 92". 

Teranyar, meski dinilai gagal mengangkat performa MU, Louis van Gaal pun mampu mengorbitkan pemain-pemain muda, salah satunya Marcus Rashford. Sayang, manajer asal Belanda itu harus lebih cepat mengakhiri karier di Old Trafford setelah dipecat pada Selasa (24/5/2016). 

Kini, beberapa pemain muda MU diberitakan khawatir jika Mourinho benar-benar berlabuh ke Old Trafford. Sebab, mantan manajer Chelsea dan Real Madrid tersebut dinilai lebih senang merekrut pemain-pemain bintang, ketimbang memberi kesempatan kepada pemain muda. 

Betulkan penilaian tersebut? Berikut ini adalah rekam jejak Mourinho terkait pemain-pemain dalam klub yang pernah dilatihnya: 

1. Porto (2002 - 2004)

Saat memulai berkarier di Porto, Mourinho membuat beberapa pemain mudanya menjadi bintang. Sebut saja, Ricardo Carvalho, Deco, dan Maniche, yang ketika itu menjadi andalan. Mereka juga menjadi andalan timnas Portugal dan mampu membawa Porto meraih Piala UEFA dan Liga Champions. 

Namun, ketiga pemain tersebut bukanlah pemain akademi Porto. Satu-satunya pemain akademi yang bisa dibilang sukses adalah Carlos Alberto. Ketika itu, dia masih berusia 19 tahun dan tercatat sebagai pemain termuda yang mencetak gol pada laga final turnamen Eropa. 

2. Chelsea (2004 - 2007)

Mourinho berhasil membawa Chelsea meraih trofi Premier League pertama sejak 50 tahun terakhir saat menjalani musim perdana di London. Alhasil, promosi pemain muda bukan menjadi prioritas utama, namun pemain tertua ketika itu adalah Claude Makalele, yang berusia 30 tahun. 

Pemain muda yang melakukan debut bersama Mourinho: - Steven Watt - Jimmy Smith - Michael Woods - Anthony Grant - Ben Sahar - Sam Hutchinson.

Di bawah arahan  Mourinho, Chelsea sebagian besar diisi pemain muda berbakat, seperti Petr Cech (22 tahun), John Terry (23), dan Arjen Robben (20). Sementara itu, Glen Johnson dan Robert Huth adalah pemain berusia di bawah 21 tahun yang diberi kesempatan tampil. 

3. Inter Milan (2008 - 2010)

Skuat Inter pada era Mourinho diisi pemain-pemain berpengalaman yang sukses meraih gelar Serie A selama dua tahun beruntun. Bahkan, pada 2010, I Nerazzurri juga keluar sebagai juara Liga Champions. Akan tetapi, Mourinho tetap memberi kesempatan kepada pemain muda. 

Jose Mourinho dan Mario Balotelli saat masih bekerja sama di Inter Milan. (AFP).

Mario Balotelli, misalnya, yang ketika itu masih berusia 18 tahun. Bahkan, bersama Mourinho, penyerang yang dinilai sering membuat kontroversi tersebut bermain lebih dari 70 pertandingan. Selain Balotelli, terdapat pula Davide Santon, yang juga masih berusia 18 tahun. 

4. Real Madrid (2010 - 2013)

Promosi pemain muda tidak sangat jarang terjadi pada era Florentino Perez menjabat sebagai Presiden Real Madrid. Hal ini pun dianggap menarik, jika mengacu terhadap rivalitas mereka dengan Barcelona, yang justru dikenal sebagai penghasil bintang-bintang muda lewat La Masia. 

Jose Mourinho dan Raphael Varane, saat masih bekerja sama di Real Madrid. (EPA?Angel Diaz).

Akan tetapi, Mourinho ternyata membuat sedikit perubahan selama kariernya melatih di Santiago Bernabeu. Tercatat, manajer asal Potugal itu memberi kesempatan 20 pemain dari akademi berbeda. Beberapa pemain tersebut, di antaranya Alvaro Morata dan Raphael Varane. 

5. Chelsea (2013 - 2015)

Mourinho dianggap menjuarai Premier League 2014-15 dengan skuat yang sudah tangguh. Namun, Mourinho tetap memberikan kesempatan kepada pemain muda merasakan titel juara. Maklum, kesempatan untuk pemain muda ketika itu sempat menjadi pembahasan utama. 

Pemain muda yang melakukan debut bersama Mourinho: - Lewis Baker - Dominic Solanke - Ruben Loftus-Cheek - John Swift - Andreas Christensen

Dominic Solanke membuat debut dalam usia 17 tahun di ajang Liga Champions ketika melawan Maribor. Demikian halnya dengan wonderkid Inggris, Ruben Loftus-Cheek, yang sempat tampil dalam tiga pertandingan The Blues dalam perebutan gelar juara Premier League. 

Sumber: Skysports, Transfermarkt

 

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer