Sukses


Fakta Menarik soal Bursa Transfer dan Juara Premier League

Bola.com, Manchester - Musim 2016-17 menjadi musim ke-24 penyelenggaraan Premier League. Sejak kali pertama penerapan format baru pada musim 1992-93, Premier League telah menghasilkan enam juara berbeda, antara lain Manchester United (MU), Blackburn Rovers, Arsenal, Chelsea, Manchester City dan Leicester City.

 

Dari keenam klub tersebut, hanya MU dan Chelsea yang berhasil menjuarai liga setelah menggelontorkan dana transfer terbesar dalam satu musim. Setan Merah menjadi klub yang paling banyak menggelontorkan dana transfer pada 2002-03 dan mampu keluar sebagai kampiun Premier League. 

Sementara itu, kedatangan Jose Mourinho ke Chelsea pada 2004 dianggap sebagai era baru The Blues. Chelsea bertransformasi dari klub papan tengah menjadi penantang juara.

Gelontoran dana yang tidak terbatas dari Roman Abramovich membuat Chelsea menjadi klub yang mengeluarkan dana transfer terbesar di Inggris selama dua musim berturut-turut. Hasilnya, The Blues mampu menjadi juara Premier League pada musim 2004-05 dan 2005-06.

Setelah Chelsea, belum ada lagi klub dengan belanja terbesar yang mampu menjadi juara Premier League.

Klub Premier League dengan pengeluaran tertinggi pada bursa transfer.

Hingga kini, Manchester City masih menjadi klub yang mengeluarkan dana transfer terbesar di Inggris pada musim 2016-17. Pembelian Ilkay Gundogan, Nolito, John Stones, Gabriel Jesus, Leroy Sane menghabiskan lebih dari 165 juta poundsterling (Rp 2,88 triliun), sedangkan MU ada di peringkat kedua belanja tersbesar dengan pengeluaran sebesar 157 poundsterling (Rp 2,74 triliun).

Sumber: Mirror

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, dan Liga Italia, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer