Sukses


Bravo Bakal Ikuti Jejak 5 Kiper Amerika Latin Ini di Inggris

Bola.com — Kiper Barcelona, Claudio Bravo, dikabarkan selangkah lagi bakal berseragam Manchester City. Kiper asal Cile tersebut saat ini sedang menjalani tes medis di Manchester. 

Bravo ditengarai bakal menggantikan posisi Joe Hart, yang bakal hengkang dari Etihad Stadium setelah tidak masuk ke dalam rencana jangka panjang Pep Guardiola. Menurut media-media Inggris, The Citizens menggelontorkan dana sebesar 17 juta pounds untuk memboyong Bravo ke Manchester. 

Jika resmi bergabung, Bravo akan meneruskan tradisi kiper-kiper asal Amerika Latin yang lebih dulu berkarier di Premier League. Berikut ini adalah beberapa nama kiper tersebut: 

David Ospina, sama seperti Szczesny, kiper asal Kolombia ini sepertinya ingin segera angkat kaki dari London karena hanya jadi pelapis kiper utama, Petr Cech. (AFP/Paul Ellis).

1. David Ospina

Ospina sudah menjadi kiper Arsenal sejak 2014. Ia melakoni debut pada 23 September 2014 di ajang Piala Liga Inggris saat menghadapi Southampton. Namun, posisi kiper utama The Gunners akhirnya hijrah ke Wojciech Szczesny setelah Bravo mengalami cedera panjang pada Oktober 2014. 

Pada akhir musim, Ospina kembali mendapat peluang mengisi pos kiper utama setelah Szczęsny tertangkap tangan sedang merokok. Sepanjang musim 2014-15, kiper asal Kolombia tersebut pun tampil cukup baik dengan mencatat delapan clean sheets dan membawa The Gunners finis di posisi ketiga Premier League. 

2 dari 5 halaman

Heurelho Gomes

2. Heurelho Gomes

Gomes bermain untuk Tottenham pada periode 2008-2014. Ia melakoni pertandingan perdana melawan AS Roma dalam laga persahabatan pada 10 Agustus 2008. Kiper asal Brasil tersebut pun sukses menjaga gawang timnya tidak kebobolan sehingga membuat Roma menang 5-0 atas Spurs. 

Sejak 2008 hingga 2011, Gomes selalu menjadi andalan di bawah mistar AS Roma. Namun, pada musim 2008-09, Gomes sempat membuat beberapa kali blunder dan yang paling diingat adalah ketika Roma menghadapi Real Madrid pada pertandingan leg kedua perempat final Liga Champions. 

3 dari 5 halaman

Sergio Romero

3. Sergio Romero

Romero saat ini berstatus sebagai kiper pelapis David de Gea di Manchester United (MU). Pada musim 2015-16, kiper asal Argentina tersebut tampil sebanyak empat kali, dan tiga di antaranya mampu mencatat clean sheets

Sebelum berkarier di Old Trafford, Romero sempat membela beberapa klub Eropa, antara lain Sampdoria, AS Monaco, dan AZ Alkmaar. Total, pemain berusia 29 tahun tersebut sudah melakoni 213 pertandingan dan mencatat 81 kali menjaga gawang klubnya tidak kebobolan. 

4 dari 5 halaman

Paulo Gazzaniga

4. Paulo Gazzaniga

Gazzaniga saat ini berstatus sebagai kiper Southampton, namun sedang dipinjamkan ke Rayo Vallecano. Ia melakoni debut saat menghadapi Stevenange, di ajang Piala Liga Inggris, pada 28 Agustus 2012. Meski jarang mendapat kesempatan bermain reguler, Gazzaniga dianggap sebagai kiper masa depan. 

Pada musim 2015-16, ia bahkan hanya tampil dalam dua pertandingan. Setelah melakukan perpanjangan kontrak berdurasi empat tahun pada 4 September 2015, kiper berusia 24 tahun tersebut berlabuh ke Spanyol untuk bergabung dengan Vallecano sebagai pemain pinjaman. 

5 dari 5 halaman

5

5. Julio Cesar

Eks kiper Inter Milan, Julio Cesar sempat bermain di Premier League bersama Queens Park Rangers pada musim 2012 hingga 2014. Pada musim tersebut, kiper asal Brasil tersebut merupakan andalan utama dan tampil dalam 24 pertandingan serta mampu mencatat tujuh clean sheets di semua ajang. 

Sumber: Berbagai sumber

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, dan Liga Champions, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer