Sukses


Foto: Messi dan 7 Pemain yang Berkembang Berkat Guardiola

Bola.com, Jakarta- Keberhasilan Pep Guardiola meraih tiga gelar La Liga Spanyol, tiga gelar Bundesliga Jerman dan dua trophy Liga Champions selama karier kepelatihan tak lepas dari kemampuan mengasah skill pemainnya. Pelatih asal Spanyol ini mampu dengan baik menganalisa kemampuan anak asuhnya.

Pada musim pertamanya di Barcelona tahun 2008, Guardiola secara mengejutkan membuang Ronaldinho ke AC Milan. Namun ternyata hal itu dilakukan pria yang kini melatih Manchester City tersebut guna menjadikan Lionel Messi pemain utama.

Hasilnya Messi menjelma menjadi salah satu pemain terbaik di dunia dengan meraih lima kali gelar Ballon d'Or. Tak hanya di Barca, bersama Bayern Munchen, Pep juga mampu mengembangkan bakat pemainnya.

Di antaranya adalah Philipp Lahm, pesepak bola Jerman ini posisi awalnya adalah bek kanan. Guardiola kemudian menjadikannya gelandang tengah yang bertugas mendikte permainan.

Hasilnya kapten Munchen itu bisa berkembang pesat. Bahkan pada Piala Dunia 2014, pelatih Jerman, Joachim Loew, kerap memainkan Lahm sebagai gelandang dan hasilnya tim panser sukses keluar sebagai juara dunia.

BerikutĀ  pemain-pemain yang berhasil berkembang berkat polesan Pep Guardiola.

2 dari 9 halaman

Lionel Messi - Barcelona

3 dari 9 halaman

Javier Mascherano - Barcelona

4 dari 9 halaman

Thiago Alcantara - Munchen

5 dari 9 halaman

Xabi Alonso - Munchen

6 dari 9 halaman

Philipp Lahm - Munchen

7 dari 9 halaman

Jerome Boateng - Munchen

8 dari 9 halaman

David Alaba - Munchen

9 dari 9 halaman

Joshua Kimmich - Munchen

Video Populer

Foto Populer