Sukses


Guardiola dan 5 Calon Bintang Masa Depan Manchester City

Bola.com — Manajer Manchester City, Pep Guardiola, dikenal sebagai salah satu pelatih yang sering mengorbitkan pemain-pemain muda bertalenta. Sebut saja Sergio Busquets, Thiago Alcantara, dan Bojan Krkic yang mendapat kesempatan untuk kali pertama tampil bersama tim senior Barcelona saat dilatih Guardiola.

Kini, di Etihad, situasinya tidak terlalu berbeda. Apalagi, skuat The Citizens, sejak diambil alih pengusaha asal Uni Emirat Arab, Sheikh Mansour, dan sukses mencatatkan nama sebagai klub raksasa di Inggris, mulai serius terhadap pembinaan usia muda dengan membangun fasilitas akademi di pinggir Manchester.

Rencana besar Tim Manchester Biru pun membuahkan hasil setelah para wonderkid mereka sukses meraih gelar juara Premier League International Cup 2014-15. Bahkan, pada September 2015, tim Manchester City U-14 sempat mengalahkan tim akademi MU U-14 dengan skor telak, 9-0!

Para pemain muda itu kini ditenggarai bakal semakin banyak mendapatkan kesempatan mengembangkan diri dengan kehadiran Guardiola. Toh, menurut media-media Inggris, Guardiola memang menjadi proyek jangka panjang City yang dikabarkan sudah lama ingin merekrut pelatih asal Spanyol itu.

Nah, siapa saja para wonderkid City yang berpeluang "naik kasta" ke skuat senior di bawah arahan Guardiola? Berikut ini adalah beberapa pemain muda tersebut:

Bintang muda Manchester City, Aleix Garcia. (Daily Mail).

1. Aleix Garcia

Aleix Garcia mengawali karier di akademi Villareal sebelum didatangkan Manchester City pada musim panas 2015. Usianya baru menginjak 19 tahun, namun The Citizen rela menggelontorkan dana hingga 2 juta euro untuk mengontraknya hingga 2020.

Garcia dinilai sebagai pemain yang potensial untuk mengisi sektor gelandang bertahan. Menurut media-media Inggris, kelebihan pemain asal Spanyol tersebut adalah cerdas dalam menyuplai umpan serta membaca permainan dan efektif sebagai filter pertama dalam menghalau serangan lawan.

Manuel Pellegrini, saat masih menangani City, sempat memainkan Garcia pada ajang Piala FA melawan Chelsea, pada 21 Februari lalu.

2 dari 5 halaman

Angus Gunn

2. Angus Gunn

Angus Gunn merupakan salah satu penjaga gawang potensial bagi The Citizens. Ia didatangkan dari Norwich City pada musim 2011-12.

Kiper berusia 20 tahun itu masuk ke dalam skuat pra musim City. Pep pun sempat mempercayakan posisi penjaga gawang City ketika menghadapi Borussia Dortmund, di ajang International Champions Cup 2016.

Setelah bermain 1-1 hingga 90 menit, City akhirnya keluar sebagai pemenang lewat babak adu penalti dengan skor 6-5. Gunn pun dianggap tampil bagus lantaran mampu mementahkan tiga tendangan para pemain Dortmund.

3 dari 5 halaman

Angelino

3. Angelino

Angelino merupakan salah satu pemain asli binaan Manchester City. Pada musim 2015-16, ia sempat dipinjamkan ke klub Major League Soccer (MLS), New York FC.

Pada akhir musim lalu, City memanggil kembali Angelino ke Manchester setelah bek berusia 19 tahun itu tampil memukau bersama New York FC dengan mencetak empat assist dari 14 pertandingan. Ia pun cukup beruntung karena bisa tampil bareng pemain kelas dunia, seperti Andrea Pirlo dan Frank Lampard.

4 dari 5 halaman

Pablo Maffeo

4. Pablo Maffeo

Pablo Maffeo tumbuh bersama klub Espanyol sebelum memutuskan hijrah ke akademi Manchester City pada 2013. Di bawah asuhan manajer sebelumnya, Manuel Pellegrini, ia kerap menjadi diplot menjadi pemain pelapis. Namun, Maffeo belum sekalipun menorehkan menit bermain di skuat utama.

Pada awal 2016, Maffeo sempat dipinjamkan ke klub Spanyol, Girona, dan sempat melakoni 13 pertandingan. Berkat penampilan itu, City pun menarik pemain yang sering berposisi sebagai bek kanan itu kembali pada akhir musim 2015-16.

5 dari 5 halaman

Tosin Adarabioyo

5. Tosin Adarabioyo

Bek kelahiran Manchester ini merupakan pemain potensial The Citizens. Adarabioyo bahkan telah melakoni sejumlah laga krusial, termasuk ketika menghadapi Chelsea pada babak kelima Piala FA 2015-16. Sayang, ketika itu, Adarabioyo gagal mencicipi kemenangan karena City takluk 1-5 dari The Blues.

Selain di tingkat klub, Adarabioyo cukup rutin memperkuat tim nasional Inggris usia muda. Pemain berusia 18 tahun tersebut menjejakkan karier bersama tim nasional dengan memperkuat beberapa level usia sejak U-16 hingga U-19.

Sumber: Berbagai sumber

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, dan Liga Champions, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer