Sukses


Rekor Pertemuan Arsene Wenger Vs 11 Manajer Chelsea

Bola.com, London - Manajer Arsenal, Arsene Wenger, telah bertemu dengan 11 pelatih Chelsea. Wenger pun memiliki rekor yang tak terlalu buruk saat menghadapi 11 manajer The Blues tersebut.

Arsenal akan menjamu Chelsea di Stadion Emirates dalam laga pekan keenam Premier League, Sabtu (24/9/2016) malam WIB. Kemenangan menjadi hal wajib bagi kedua klub asal Kota London ini.

Sebab, The Gunners dan The Blues hanya terpaut selisih gol di klasemen sementara Premier League. Arsenal berada di posisi keempat dengan nilai 10, sedangkan Chelsea menghuni urutan lima juga dengan poin yang sama.

Bagi Arsene Wenger, duel bertajuk London Derby ini terasa spesial. Sebab pada 22 September 2016, pria asal Prancis ini merayakan 20 tahun kariernya bersama skuat Meriam London.

Selama dua dekade duduk di kursi manajer The Gunners, Arsene Wenger telah menghadapi 11 pelatih Chelsea, dan Antonio Conte bakal menjadi yang ke-12. Selain itu, ini adalah pertemuan perdana Wenger kontra Conte.

Sejauh ini, pelatih 66 tahun tersebut telah menjalani 54 laga melawan Chelsea dengan 11 manajer yang berbeda. Dari 54 duel tersebut, Wenger membawa Arsenal meraih 20 kemenangan, 14 hasil imbang, dan menelan 20 kekalahan. Arsenal juga mencetak 68 gol dan kebobolan 80 kali.

Lantas bagaimana rekor pertemuan Arsene Wenger dengan 11 manajer Chelsea tersebut? Berikut ulasannya:

2 dari 5 halaman

1

Arsene Wenger vs Ruud Gullit (1996-1998)

Selepas ditunjuk sebagai arsitek anyar Arsenal pada 22 September 1996, manajer Chelsea pertama yang dihadapi Wenger adalah Ruud Gullit. Rekor pertemuan Wenger kontra Gullit pun terbilang impresif, yakni meraih empat kemenangan beruntun, dengan mencetak 10 gol dan hanya kebobolan tiga gol.

Arsene Wenger vs Gianluca Vialli (1998 hingga 2000)

Selepas Gullit, Gianluca Vialli menjadi lawan selanjutnya pria asal Prancis tersebut. Wenger pun beberapa kali kesulitan membawa Arsenal meraih kemenangan atas Chelsea besutan Vialli. Dari tujuh laga, The Gunners hanya mampu memetik tiga kemenangan, dua hasil imbang, dan menelan dua kekalahan. Arsenal juga mencetak sembilan gol dan kebobolan 13 gol.

Arsene Wenger vs Claudio Ranieri (2000 hingga 2004)

Ketika Chelsea diasuh Claudi Ranieri, Wenger kembali membawa Arsenal tampil dominan. Dari 14 laga, skuat Meriam London berhasil memetik delapan kemenangan, lima hasil imbang, dan hanya sekali kalah dari skuat London Biru. Gol yang dihasilkan pun terbilang lumayan, yakni 26 gol atau 1,8 gol per laga, sedangkan jumlah kebobolan adalah 16 kali atau 0,6 gol per pertandingan.

3 dari 5 halaman

2

Arsene Wenger vs Jose Mourinho (2004 hingga 2007 dan 2013 hingga 2015)

Lawan berat pun dihadapi Wenger ketika manajemen Chelsea menunjuk Jose Mourinho sebagai manajer. Dari dua periode kepelatihan Mourinho di Chelsea, persentase kemenangan Wenger bersama Arsenal hanya 6,7 persen.

The Gunners memetik satu kemenangan, enam hasil imbang dan menelan delapan kekalahan dari 15 laga kontra Chelsea. Rivalitas kedua pelatih pun tak hanya terjadi di dalam lapangan, namun juga diluar lapangan. Mourinho menyebut Wenger sebagai "pelatih spesialis gagal", sebaliknya The Professor menilai The Special One sebagai "pelatih yang takut gagal". Teranyar, Mourinho mengutarakan dalam bukunya Jose Mourinho: Up Close and Personal, ingin memukul wajah Arsene Wenger.

Arsene Wenger vs Avram Grant (2007 hingga 2008)

Selepas Mourinho angkat kaki dari Chelsea, Wenger bersua Avram Grant. Meski hanya semusim menangani The Blues, Grant mampu merepotkan Arsenal. Dari dua pertemuan, Arsenal meraih satu kemenangan dan menelan satu kekalahan dari Chelsea. Kedua klub juga sama-sama mengoleksi dua gol.

Arsene Wenger vs Luiz Felipe Scolari (musim 2008-2009)

Duel Wenger kontra Scolari tidak terlalu lama, yakni hanya satu pertandingan pada musim 2008-2009. Dari satu pertemuan itu, Wenger membawa Arsenal meraih kemenangan atas Chelsea dengan mencetak dua gol dan kebobolan satu gol.

4 dari 5 halaman

3

Arsene Wenger vs Guus Hiddink (2009; 2015 hingga 2016)

Hiddink merupakan salah satu manajer Chelsea yang sulit ditaklukkan Wenger. Bahkan persentase kemenangan Arsenal atas Chelsea ketika diasuh Hiddink selama dua periode adalah nol. Dari tiga laga, Hiddink mampu membawa The Blues menyapu bersih kemenangan dengan mencetak tujuh gol dan hanya kebobolan dua gol.

Arsene Wenger vs Carlo Ancelotti (2009 hingga 2011)

Wenger dan Ancelotti total empat kali bertemu dan semuanya terjadi di ajang Premier League. Rekor pertemuan pun berpihak kepada Ancelotti, yakni tiga kemenangan dan hanya sekali kalah dari Wenger. Ancelotti juga berhasil membawa Chelsea mencetak delapan gol dan kebobolan tiga gol.

Andre Villas-Boas (musim 2011-2012)

Sama seperti Scolari, duel pertemuan Wenger versus Villas-Boas juga yang paling singkat hanya satu pertandingan. Laga tersebut terjadi dalam ajang Premier League pada 29 Oktober 2011. Dalam laga yang dihelat di Stamford Bridge itu, The Gunners berhasil memetik kemenangan dengan skor 5-3.

5 dari 5 halaman

4

Arsene Wenger vs Roberto Di Matteo (2012)

Di Matteo merupakan salah satu manajer yang tak terlalu lama menangani Chelsea. Meski hanya delapan bulan mengasuh The Blues, pria asal Italia tersebut kerap merepotkan Wenger bersama Arsenal. Di bawah asuhan Di Matteo, Chelsea sukses meraih satu kemenangan, satu hasil imbang, dan tak pernah kalah dari Arsenal.

Arsene Wenger vs Rafael Benitez (musim 2012-2013)

Wenger juga tak mampu meraih kemenangan ketika Chelsea dilatih oleh Benitez. Berstatus sebagai manajer interim, Benitez berhasil membawa Chelsea meraih kemenangan atas Arsenal dalam satu pertandingan. Duel yang berlangsung di Stamford Bridge dalam laga lanjutan Premier League, 20 Januari 2013, Chelsea menang 2-1 atas Arsenal. 

Sumber: Daily Mail, Transfermarkt

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer