Sukses


Liverpool Menang, tetapi Gagal Kuasai Klasemen

Bola.com, Liverpool - Liverpool mengalahkan West Bromwich Albion, 2-1, pada laga pekan kesembilan Premier League 2016-2017, di Anfield, Sabtu (23/10/2016). Meski menang, Liverpool gagal menguasai klasemen sementara karena kalah selisih gol dari Arsenal. 

Liverpool menduduki peringkat kedua klasemen sementara Premier League dengan poin 20, sama dengan perolehan Arsenal. Hanya saja, The Gunners memiliki produktivitas gol lebih baik (+10), ketimbang skuat asuhan Jurgen Klopp (+9). 

Liverpool sebenarnya mampu memuncaki klasemen andai tidak kebobolan pada menit-menit akhir. Jika skor berakhir 2-0, Liverpool dan Arsenal memiliki produktivitas sama (+10), namun The Reds unggul dalam hal jumlah memasukkan gol (20 berbanding 19 milik Arsenal). 

Menghadapi West Brom, Liverpool mengawali laga dengan formasi 4-3-3. Manajer Jurgen Klopp memasang trisula Sadio Mane, Roberto Firmino, dan Philippe Countinho di lini depan. Sementara itu, WBA memainkan formasi 4-2-3-1, dengan Salomon Rondon diplot sebagai target man.

Strategi tersebut sukses membuat tim tamu kerepotan. Dalam 15 menit pertama, peluang dari Countinho dan James Milner hampir membuahkan hasil jika tidak dapat dimentahkan barisan pertahanan West Bromwich Albion. 

Publik Anfield akhirnya bergemuruh pada menit ke-20 setelah Mane membuka keunggulan The Reds. Menerima umpan silang Firmino, Mane kemudian melepaskan tembakan kaki kanan yang bolanya bersarang di sudut kiri bawah gawang Ben Forster.

Liverpool kemudian menggandakan keunggulan pada menit ke-35 melalui aksi Coutinho. Berawal dari kesalahan bek WBA, bola kemudian dicuri oleh Mane yang langsung meneruskan ke Countinho.

Pemain asal Brasil itu lalu merangsek masuk ke dalam kotak penalti dan melepaskan tembakan kaki kanan yang bolanya tak mampu diantisipasi kiper West Brom, Ben Foster.

Pada menit ke-70, giliran WBA yang menebar ancaman di depan gawang Liverpool. Nacer Chadli melepaskan tembakan kaki kiri, namun bola tendangan pemain asal Belgia tersebut masih melayang di atas gawang Loris Karius.

Kebuntuan WBA akhirnya berakhir pada menit ke-81. Diawali tendangan sudut Hal Robson-Kanu, Gareth McAuley lalu melepaskan tembakan kaki kanan dari jarak dekat yang bolanya bersarang di tengah gawang Karius. Hingga laga usai tak ada lagi gol tambahan.

Menurut statistik Premier League, sepanjang pertandingan, Liverpool melepaskan tujuh tembakan akurat dari total 21 percobaan, dengan penguasaan obla 68 persen, sedangkan West Bromwich Albion, menciptakan satu peluang emas dari enam upaya. 

Susunan pemain

Liverpool: 1-Loris Karius, 2-Nathaniel Clyne, 32-Joel Matip, 6-Dejan Lovren, 7-James Milner, 23-Emre Can, 14-Jordan Henderson, 20-Adam Lallana (5-Georginio Wijnaldum 79'), 19-Sadio Mane (27-Divock Origi 90+1'), 11-Roberto Firmino 10-Philippe Coutinho (21-Lucas Leiva 88')

Manajer: Jurgen Klopp

West Bromwich Albion: 1-Ben Foster, 25-Craig Dawson, 23-Gareth McAuley, 3-Jonas Olsson, 2-Nyom, 24-Darren Fletcher, 5-Claudio Yacob (11-Chris Brunt 46'), 10-Matt Phillips (7-James Morrison 51'), 22-Nacer Chadli, 14-James McClean (4-Hal Robson-Kanu 65'), 9-Salomon Rondon

Manajer: Tony Pulis

Wasit: Neil Swarbrick

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer