Sukses


Prediksi Arsenal Vs Stoke City: Jalur Cepat Ozil - Sanchez

Bola.com, London - Arsenal menjamu Stoke City pada lanjutan Premier League 2016-2017, di Emirates Stadium, Sabtu (10/12/2016) malam WIB. Duo tuan rumah, Alexis Sanchez dan Mesut Ozil, menjadi harapan fans tuan rumah.

Sanchez dan Ozil menjadi bagian terpenting skuat Arsenal sepanjang musim ini. Setidaknya, hal itu terlihat pada 14 laga di Premiership, plus enam partai Liga Champions 2016-2017. "Kami harus akui Sanchez dan Ozil menjadi penentu pada banyak pertandingan. Peran keduanya dominan, dan itu menjadi senjata andalan Arsenal," ungkap Nacho Monreal, bek Arsenal, seperti dirilis ESPN, Jumat (9/12/2016).

Monreal tak asal memuji. Sumbangsih Sanchez dan Ozil terbukti secara statistik. Sanchez misalnya, terlibat dalam 25 gol pada 25 laga terakhir Premier League bersama Arsenal.

Sepanjang itu, Sanchez mampu mengoleksi 18 gol dan tujuh assist. Khusus pada musim ini, ia melesakkan 11 gol dan 5 assist pada 14 laga di pentas Premier League.

Sanchez juga bersinar pada ajang Liga Champions. Bermain enam partai, pemain berkebangsaan Chile tersebut mampu mengemas dua gol dan lima assist.

Tak pelak, penampilan Sanchez membuatnya menjadi satu di antara pemain dengan pencapaian terbaik di seluruh Eropa. Koleksi 11 gol untuk Arsenal pada ajang Premier League musim ini, menyamai performa Sanchez kala berkostum Barcelona pada 2013-2014.

2 dari 4 halaman

Catatan Mesut Ozil

Penampilan Sanchez musim ini mendapat penyeimbang. Sosok Mesut Ozil menyeruak di antara sederet pemain bertipikal agresif. Manajer Arsenal, Arsene Wenger mengakui peran Ozil kini lebih ke depan, lebih agresif dan menciptakan prahara bagi lini belakang lawan.

Hasilnya terbukti manjur. Pada pentas Premier League 2016-2017, Ozil mengoleksi empat gol dan tiga assist dari 13 partai. Ozil semakin berkibar di arena Liga Champions. Ia melesakkan empat gol dan tiga assist.

Performa Ozil juga sedang cerah. Setidaknya pada dua partai terakhir, ia mampu menyumbang gol bagi Arsenal. Saat bersua West Ham United (3/12/2016), Ozil mencetak satu gol, dan membawa Arsenal menang dengan skor 5-1.

Tiga hari berselang, giliran Basel menjadi sasaran aksi Ozil. Ia mencetak satu gol, dan membuat Arsenal menang 4-1 pada laga tandang ke markas Basel.

"Saya pikir itu kerja keras tim. Apa yang kugapai sangat membanggakan, dan memberi sinyal kalau saya akan memberikan tenaga maksimal bagi Arsenal," komentar Sanchez.

Ucapan Sanchez seolah memberi jawaban atas polemik yang sedang mengarah padanya, juga Mesut Ozil. Seperti diketahui, Sanchez dan Ozil belum bersedia menandatangani penawaran kontrak baru dari manajemen Arsenal.

Kalangan media di Inggris menyebut Sanchez dan Ozil meminta bayaran tinggi, yang membuat manajemen Arsenal harus berpikir keras jika merealisasikan keinginan dua pemain tersebut.

3 dari 4 halaman

Menghapus Polemik

Kini, di antara polemik tersebut, Sanchez dan Ozil punya tanggung jawab memberi tiga poin saat Arsenal menjamu Stoke City. Kemenangan bakal berstatus krusial, karena tiga angka bisa memberi tekanan pada sang pemuncak klasemen sementara Liga Inggris 2016-2017, Chelsea.

Manajer Arsenal, Arsene Wenger mengakui peran Sanchez dan Ozil sangat besar. Artinya, dua pemain tersebut bisa menerjemahkan pola yang ada di kepala Wenger. Sementara pemain lain bisa dianggap sebagai 'pelengkap'.

Pada beberapa partai terakhir, Mesut Ozil berulang kali sejajar dengan posisi Ozil. Efek ofensif semakin kentara karena Wenger gemar memasang The Walcott di sisi kanan dan Alex Chamberlain di sisi kiri penyerangan The Gunners.

"Pasukanku sangat percaya diri. Stoke City tim yang patut diwaspadai, tapi itu tak akan menghentikan hasrat kami agar terus bisa menekan Chelsea," tegas Wenger.

Kubu Stoke City sudah mengantisipasi rencana Wenger tersebut. Manajer Mark Hughes mengungkapkan ada beberapa titik kelemahan Arsenal yang akan dieksploitasi.

"Kami harus jeli melihat titik kelemahan mereka, apalagi lawan bermain di depan fans sendiri. Saya sudah mengidentifikasi beberapa titik tersebut, dan mari kita lihat hasilnya pada hari pertandingan," ancam Hughes, di situs resmi Stoke City.

Komentar Hughes tersebut membuat Arsenal tak boleh jemawa. Stoke City mampu mengemas tiga kemenangan pada lima partai terakhir. Performa tersebut membuat mereka berada di posisi ke-9 klasemen sementara Premiership.

4 dari 4 halaman

Level Kepercayaan Diri

Menurut Arsene Wenger, kunci menghadapi Stoke City adalah menjaga level kepercayaan diri agar tetap tinggi, dan konsisten di lapangan. "Jika itu terjadi, kemampuan penyelesaian lini depan bakal sangat bagus, dan itu akan memberi kami banyak gol," kata Wenger.

Wenger senang karena Arsenal edisi musim ini selalu memiliki keinginan tinggi untuk mencetak gol kemenangan, sampai menit akhir. "Itu kebiasaan yang sulit, tapi kami bisa konsisten, setidaknya sampai pertandingan ke-14," tegas Wenger.

Arsenal memiliki banyak modal agar bisa menekuk Stoke City. Arsenal selalu menang pada 14 pertemuan terakhir kontra Stoke City, di seluruh kompetisi. Hebatnya, Arsenal mampu menuai delapan clean sheets.

Tim tamu memiliki sejarah kelam di markas Arsenal. Kali terakhir Stoke City menang atas Arsenal terjadi pada musim 1981-1982. Saat itu Lee Chapman menjadi satu-satunya pencetak gol bagi Stoke City.

Namun lagi-lagi Arsenal punya tradisi kuat. Mesut Ozil dk tak terkalahkan pada 13 laga secara beruntun di pentas Premier League. Catatan itu hampir menyamai pencapaian 16 laga tak terkalahkan, yang berakhir pada April 2011.

Head to Head
17/1/2016 Stoke City 0-0 Arsenal (Premier League)
12/9/2015 Arsenal 2-0 Stoke City (Premier League)
11/1/2015 Arsenal 3-0 Stoke City (Premier League)
6/12/2014 Stoke City 3-2 Arsenal (Premier League)
1/3/2014 Stoke City 1-0 Arsenal (Premier League)
22/9/2013 Arsenal 3-1 Stoke City (Premier League)

5 Partai Terakhir Arsenal
24/11/2016 Arsenal 2-2 PSG (Liga Champions)
27/11/2016 Arsenal 3-1 Bournemouth (Premier League)
1/12/2016 Arsenal 0-2 Southampton (Piala Liga Inggris)
4/12/2016 West Ham 1-5 Arsenal (Premier League)
7/12/2016 Basel 1-4 Arsenal (Liga Champions)

5 Partai Terakhir Stoke City
1/11/2016 Stoke City 3-1 Swansea City (Premier League)
5/11/2016 West Ham 1-1 Stoke City (Premier League)
19/11/2016 Stoke City 0-1 Bournemouth (Premier League)
27/11/2016 Watford 0-1 Stoke City (Premier League)
3/12/2016 Stoke City 2-0 Burnley (Premier League)

Prediksi Bola.com
Arsenal 60:40 Stoke City

Sumber: Berbagai sumber

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer