Sukses


5 Gol Istimewa Wayne Rooney di Manchester United

Bola.com, Manchester - Penyerang Manchester United, Wayne Rooney, kembali menorehkan catatan luar biasa setelah menyamai rekor gol Sir Bobby Charlton, legenda hidup Setan Merah, setelah mengalahkan Reading, 4-0, pada pertandingan putaran ketiga Piala FA 2016-2017, di Old Trafford, Sabtu (7/1/2017). 

Sumbangan satu gol ke gawang Reading membuat koleksi gol Wayne Rooney bertambah menjadi 249 gol. Pemain berusia 31 tahun itu kini hanya membutuhkan satu gol lagi untuk tercatat sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah Manchester United. 

Wayne Rooney bergabung dengan Manchester United saat usianya baru berusia 18 tahun pada 2004. Meski begitu, Wayne Rooney mampu membuktikan kualitasnya setelah menorehkan tiga gol dan satu assist pada pertandingan debut saat menghadapi Fenerbahce, 28 September 2004. 

Pada akhir musim 2004-2005, Wayne Rooney tercatat sebagai pencetak gol terbanyak Manchester United dengan torehan 11 gol. Performa menawan itu membuat mantan pemain Everton tersebut mendapat penghargaan PFA Young Player of the Year. 

Selama 12 musim berkarier di Old Trafford, Wayne Rooney mampu mencetak gol-gol penting bagi kariernya dan Manchester United. Berikut ini adalah lima gol-gol sang pemain yang tidak terlupakan seperti dilansir Sky Sports: 

1. Manchester United 6-2 Fenerbahce (Liga Champions, 28 September 2004)

Striker Manchester United, Wayne Rooney, melepaskan tendangan bebas yang berujung gol saat menghadapi Fenerbache di ajang Liga Champions, 28 September 2004. (BBC).

Keputusan manajer legendaris Manchester United, Sir Alex Ferguson, memboyong Wayne Rooney, yang masih berusia 18 tahun, berbuah manis. Saat melakoni debut bersama skuat utama, Wayne Rooney tampil gemilang dengan mencetak hattrick dan satu assist saat melawan Fenerbahce di ajang Liga Champions. 

Gol-gol Wayne Rooney pada pertandingan tersebut tercipta pada menit ke-17, 28, dan 54. Sementara itu, tiga gol sisanya ditorehkan Ryan Giggs pada menit ketujuh, Ruud van Nistelrooy (78'), dan David Bellion (81').

"Saya sangat menantikan pertandingan itu. Gol pertama sangat bagus setelah mendapat umpan terobosan hebat dari Ruud van Nistelrooy dan saya mampu melepaskan tendangan kaki kiri yang bolanya tidak dapat dihalau kiper," kenang Wayne Rooney, dalam situs resmi UEFA, 28 September 2015. 

"Itu adalah momen yang ditunggu-tunggu karena saat itu (biaya transfer saat bergabung Manchester United) adalah biaya yang sangat besar bagi pemain muda. Gol ketiga juga sangat spesial dan tidak akan pernah saya lupakan. Untuk mencetak hattrick pada laga debut di ajang Liga Champions sangat menyenangkan," ia menambahkan. 

*video kompilasi kelima gol Wayne Rooney ini bisa disaksikan pada akhir artikel. 

2 dari 3 halaman

Tendangan Voli

2. Manchester United 2-1 Newcastle United (Premier League, 24 April 2005)

Manchester United dalam tekanan setelah Darren Ambrose membuat pendukung Newcastle United di Old Trafford bersorak karena unggul 1-0 pada menit ke-27. Sepanjang babak pertama, Manchester United terlihat kesulitan menembus barisan belakang tim tamu yang menerapkan taktik bertahan.

Keadaan berubah selepas turun minum. Memanfaatkan bola hasil sundulan bek Newcastle, Peter Ramage, Wayne Rooney melepaskan tendangan voli dari luar kotak penalti yang membuat bola masuk ke pojok kanan atas gawang tim tamu tanpa mampu dihalau kiper Shay Given.

Gol tersebut pun membangkitkan semangat para pemain Setan Merah pada babak kedua. Manchester United akhirnya mampu mengunci kemenangan 2-1 setelah Wes Brown mencetak gol pada menit ke-75.

3. Manchester United 2-0 Arsenal (Premier League, 9 April 2006)

Striker Manchester United, Wayne Rooney, melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Arsenal di Old Trafford, 9 April 2006. (Daily Mail).

Selain memiliki naluri gol tajam, Wayne Rooney dalam beberapa kesempatan membuktikan memiliki juga kontrol bola yang menawan. Salah satunya terlihat saat ia menghadapi Arsenal pada pertandingan Premier League, di Old Trafford, 9 April 2005.

Menerima umpan silang Michael Silvestre, Wayne Rooney mengontrol bola terlebih dahulu sebelum melepaskan tendangan keras yang membuat bola masuk ke pojok kanan bawah Arsenal. Manchester United pun mengakhiri pertandingan dengan raihan poin penuh setelah menang 2-0.

3 dari 3 halaman

Gol ala David Beckham

4. Manchester United 2-1 Manchester City (Premier League, 12 Februari 2011)

Torehan ke gawang Manchester City di ajang Premier League pada 12 Februari 2011 bisa dibilang merupakan salah satu gol Wayne Rooney yang paling dikenang suporter Manchester United. Menerima umpan silang Nani pada menit ke-77, Wayne Rooney mencetak gol dengan indah lewat tendangan salto.
Gol itu pun semakin berkesan karena tercatat sebagai torehan penentu kemenangan Manchester United atas rival mereka, Manchester City. Raihan tiga angka di Old Trafford itu membuat Manchester United kian kukuh di puncak klasemen dengan keunggulan tujuh poin.

"Ketika Anda melihat gol seperti itu, Anda tentu hanya bisa bertepuk tangan," ujar Roberto Mancini, manajer Manchester City saat mengomentari gol Wayne Rooney.

5. Manchester United 0-2 West Ham United (Premier League, 22 Maret 2014)

Striker Manchester United, Wayne Rooney, melepaskan tendangan yang berujung gol ke gawang West Ham United, di Upton Park, 22 Maret 2014. (Sportimages).

Gol Wayne Rooney ke gawang West Ham United ini mengingatkan para pecinta sepak bola terhadap gol spektakuler David Beckham di Wimbledon pada 1996. Keduanya mencatatkan nama di papan skor lewat gol yang tercipta dari jarak kurang lebih hampir setengah lapangan.

Menariknya, gol Wayne Rooney kian terasa spesial karena David Beckham juga menyaksikan pertandingan tersebut bersama kedua putranya, Brooklyn dan Romeo, secara langsung di Upton Park. Dalam tayangan ulang, David Beckham terlihat tersenyum sembari mengusap mukanya setelah menyaksikan gol Wayne Rooney.

"Itu adalah gol luar biasa dari pemain top. Teknik dan kesadarannya tahu di mana posisi kiper sangat luar biasa. Saya sangat menikmati gol tersebut. Namun, saya tidak bisa berkomentar apakah gol tersebut lebih baik atau tidak seperti yang pernah dibuat David Beckham," ujar David Moyes, manajer Manchester United saat itu.

Berikut ini adalah cuplikan video kelima gol Wayne Rooney: 

Sumber: Sky Sports, BBC

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

  • Wayne Rooney adalah pemain sepak bola profesional Inggris, dan kapten kedua Manchester United dan timnas Inggris.
    Wayne Rooney adalah pemain sepak bola profesional Inggris, dan kapten kedua Manchester United dan timnas Inggris.
    Wayne Rooney adalah pemain sepak bola profesional Inggris, dan kapten kedua Manchester United dan timnas Inggris.

    Wayne Rooney

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.
    Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern

    Manchester United

Video Populer

Foto Populer