Sukses


Rekor Gol Wayne Rooney di Manchester United Sulit Dipatahkan

Bola.com, Manchester - Mantan manajer Manchester United, Sir Alex Ferguson, menilai rekor Wayne Rooney sebagai pencetak gol terbanyak Setan Merah bakal sulit  dipatahkan hingga waktu yang sangat lama. 

Wayne Rooney menorehkan rekor yang sebelumnya bertahan sejak 1973 tersebut setelah mencetak gol ke gawang Stoke City, di Britannia Stadium ,Sabtu (21/1/2017). Wayne Rooney kini telah mengoleksi 250 gol, unggul satu gol dari torehan Sir Bobby Charlton. 

"Menurut saya, itu (rekor) telah bertahan kurang lebih 44 tahun dan ketika Wayne Rooney bergabung dengan klub, saya tidak pernah membayangkan orang bisa mengalahkan rekor Sir Bobby. Jadi, pencapaian dia (Wayne Rooney) luar biasa. Dia pemain hebat," kata Sir Alex Ferguson. 

Wayne Rooney bergabung dengan Manchester United dari Everton pada Agustus 2004.Ketika itu, biaya transfer sebesar 30 juta poundsterling (sekitar Rp 510 miliar) membuat Wayne Rooney tercatat sebagai pemain muda di bawah usia 20 tahun termahal di dunia. 

Menurut catatan Transfermarkt, selama 13 musim berkarier di Old Trafford, penyerang berusia 31 tahun tersebut telah mencetak 250 gol dan 125 assist dari total 546 laga di berbagai ajang. 

"Saya tidak berpikir ada orang yang bisa mengalahkan rekor Wayne. Saya tidak pernah mengatakan tidak untuk sesuatu hal, tetapi jika Anda melihat era sepak bola modern, Manchester United adalah salah satu klub yang bisa menjaga pemain selama lebih dari 10 tahun," kata Sir Alex Ferguson. 

Wayne Rooney memecahkan rekor gol Manchester United dengan torehan 250 gol. (AP Photo/Rui Vieira).

"Situasinya kini akan lebih sulit. Kami beruntung jika Anda melihat era saya, bahkan era Sir Matt Busby juga, karena kami memiliki beberapa pemain yang bertahan di klub lebih dari 10 tahun. Sangat banyak pemain yang melakukan hal itu dan Wayne adalah salah satunya."

"Namun, pada era modern, Anda tentu bisa melihat hal tersebut sudah berkurang dan sekarang memang sangat sedikit pemain yang bertahan dengan jangka waktu seperti itu," Sir Alex Ferguson menambahkan. 

Terkait dengan gelontoran dana besar saat merekrut Wayne Rooney dari Everton, Sir Alex Ferguson menuturkan, "Satu-satunya cara Anda bisa melihat nilai (dari biaya transfer) adalah jangka waktu dia berada di klub. Saya sangat beruntung bisa memiliki Roy Keane selama 11 tahun, Steve Bruce untuk periode yang panjang, Peter Schmeichel selama beberapa tahun, dan Dennis Irwin. Anda tahu hal itu?"

"Para pemain muda kemudian datang, seperti Ryan Giggs, Paul Scholes, dan Gary Neville yang bertahan di klub lebih dari 10 tahun. Satu-satunya cara Anda dapat benar-benar menilai hal tersebut (biaya transfer) adalah jangka waktu yang Anda miliki bersama mereka," kata pria yang menangani Manchester United pada 1986 hingga 2013 itu. 

Sumber: Sky Sports

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer