Sukses


Legenda Arsenal Kritik Taktik Arsene Wenger

Bola.com, London - Legenda Arsenal, Martin Keown, mengkritik taktik yang diterapkan Arsene Wenger saat The Gunners bersua Middlesbrough pada laga pekan ke-33 Premier League, Senin (17/4/2017). Keown menilai banyak kelemahan yang terlihat pada perubahan skema permainan.

"Jika bermain kembali dengan sistem tiga bek, Anda perlu mengetahui sistem ini secara mendalam, karena strategi ini tidak hanya dipelajari dalam semalam," kata Keown.

"Arsenal memang meraih kemenangan atas Middlesbrough, namun di balik itu semua mereka memiliki sejumlah permasalahan. Di antaranya adalah beberapa pemain kerap meninggalkan posisi yang telah ditentukan," lanjutnya.

Pada laga tersebut, Wenger melakukan perombakan dengan mengubah skema permainan dasar 4-2-3-1 menjadi 3-4-2-1. Ini kali pertama manajer asal Prancis itu menerapkan formasi tiga bek sejajar sejak tahun 1997.

Perubahan formasi tersebut membuat Arsenal menang 2-1 atas Middlesbrough. Sepasang gol Arsenal disarangkan Alexis Sanchez pada menit ke-42 dan Mesut Ozil (71'), sementara gol dari The Boro dicetak oleh Alvaro Negredo menit ke-50.

Kendati meraih hasil positif, Keown menemukan beberapa kesalahan yang dilakukan oleh para pemain. Perubahan drastis pada skema permainan membuat sejumlah penggawa Arsenal sering terlihat kebingungan.

"Di lini pertahanan, Nacho Monreal sering terlambat mundur sehingga membuka ruang bagi para pemain lawan. Selain itu, Aaron Ramsey dan Granit Xhaka yang bertugas mematah serangan tidak melindungi tiga bek," ujar Keown.

"Arsenal akan menghadapi masalah berat apabila dihadapkan dengan tim yang lebih kuat dari Middlesbrough. Mereka harus memiliki gelandang yang mampu bertahan dengan baik seperti Nemanja Matic dan N'Golo Kante di Chelsea," tambah Keown.

Tambahan tiga poin membuat Arsenal naik satu peringkat enam dengan raihan 57 poin dari 31 pertandingan. Koleksi poin The Gunners sama dengan Everton yang berada diperingkat ketujuh yang telah memainkan dua laga lebih banyak.

Sumber: Metro

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa dengan kualitas HD di sini:

Video Populer

Foto Populer