Sukses


3 Alasan Manchester United Enggan Perpanjang Kontrak Ibrahimovic

Bola.com - Manchester United tidak memperpanjang kontrak Zlatan Ibrahimovic yang berakhir pada 30 Juni 2017. Media-media Inggris pun mulai mencari alasan terkait sikap manajemen klub mengambil langkah tersebut.

Zlatan Ibrahimovic menunjukkan performa gemilang pada periode pertamanya di Manchester United. Gelontoran 28 gol dan 10 assist dibukukannya di berbagai kompetisi sepanjang musim 2016-2017.

Performa impresif Zlatan Ibrahimovic itu memiliki andil terkait kesuksesan Manchester United menjuarai trofi Liga Europa, Piala Liga Inggris, dan Community Shield.

Akan tetapi, segala catatan positif tersebut nyatanya tidak mendorong Manchester United ;untuk mempertahankan sang pemain. Zlatan Ibrahimovic dipersilahkan angkat kaki dan mencari klub baru pada bursa transfer musim panas 2017.

Manchester United tentunya memiliki alasan khusus tidak memperpanjang kontrak Zlatan Ibrahimovic. Untuk itu, Bola.com akan menjabarkan setidaknya tiga faktor yang memengaruhi keputusan manajemen Setan Merah.

2 dari 4 halaman

Faktor cedera dan usia

Zlatan Ibrahimovic mengalami cedera ligamen lutut. (AP/Dave Thompson)

Zlatan Ibrahimovic akan menginjak usia 36 tahun per 3 Oktober 2017. Umur itu terbilang senja untuk ukuran pesepak bola profesional. Publik pun menganggap sang pemain akan segera mengalami penurunan performa pada musim mendatang.

Apalagi, Zlatan Ibrahimovic juga tidak dalam kondisi terbaik karena sedang berkutat dengan cedera ligamen. Sang pemain diprediksi baru akan pulih pada awal tahun depan.

Akan tetapi, jenis cedera itu diberitakan tidak bisa pulih sepenuhnya dan berpotensi kambuh sewaktu-waktu. Pada umumnya para pemain yang mengalami masalah tersebut kesulitan untuk kembali ke level permainan terbaik.

Sebut saja Michael Owen yang pensiun dini pada usia 34 tahun akibat cedera tersebut. Selain itu, Michel Essien pun juga harus terlempar dari kompetisi sepak bola Eropa karena masalah serupa.

3 dari 4 halaman

Tidak masalah tanpa Zlatan Ibrahimovic

Manchester United tetap meraih hasil positif meskipun tanpa diperkuat Zlatan Ibrahimovic. (AP/Dave Thompson)

Performa gemilang memang telah diperlihatkan Zlatan Ibrahimovic sepanjang musim lalu. Kehadirannya dinilai memiliki pengaruh besar pada hampir setiap pertandingan.

Akan tetapi, Manchester United tidak bergantung kepada Zlatan Ibrahimovic. Skuat asuhan Jose Mourinho tetap mampu meraih hasil positif, meski tanpa kehadiran sang pemain yang sedang berkutat dengan cedera.

Sebagai contoh, misalnya ketika Manchester United menang 2-0 atas Chelsea di pentas Premier League, 23 April 2017, serta mencukur Ajax Amsterdam 2-0 pada laga puncak Liga Europa, 24 Mei 2017.

4 dari 4 halaman

Alvaro Morata

Alvaro Morata semakin dekat dengan Manchester United. (AFP/Filippo Monteforte)

Manchester United santer diberitakan ingin membeli Alvaro Morata. Manajemen klub bahkan akan mengeluarkan dana 70 juta euro (Rp 1,12 triliun) untuk menebus sang pemain dari Real Madrid.

Alvaro Morata dinilai pantas menjadi pengganti Zlatan Ibrahimovic. Sepanjang musim lalu, bomber Spanyol itu melesakkan 20 gol dan enam assist dari 43 penampilan di berbagai kompetisi.

Selain performa menawan, Alvaro Morata juga masih berusia 24 tahun. Dia pun diproyeksi akan menjadi rencana jangka panjang sebagai penyerang andalan baru di Manchester United.

Sumber: Berbagai sumber

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer