Sukses


Manchester City dan Kompleksitas Pemain Homegrown

Bola.com, Manchester - Manchester City kini dikenal sebagai klub kaya raya dengan dana transfer melimpah. Akan tetapi, kemampuan Manchester City membeli pemain terbatasi peraturan homegrown dari Premier League.

Sejak dibeli Sheikh Mansour, Manchester City menjelma menjadi tim papan atas Inggris. Aliran dana dari Sheikh Mansour seakan tidak mandek meski Manchester City tidak selalu menjadi juara pada setiap musim.

Manchester City merekrut para pemain papan atas dunia, seperti Yaya Toure, Sergio Aguero, David Silva, ataupun Kevin de Bruyne. Namun, The Citizens tidak banyak membeli pemain asli Inggris ataupun non-Inggris yang berstatus homegrown.

Hal itu jelas membuat pusing manajer Pep Guardiola. Datang dengan segudang harapan besar, Guardiola tidak bisa melakukan manuver untuk membuat tim seperti keinginannya.

Guardiola dihadapkan pada kendala utama karena Manchester City kekurangan stok pemain homegrown. Masalah itu perlahan mulai dibenahi dengan membeli John Stones dengan harga mahal.

Harga yang ternyata tidak sesuai ekspektasi karena Stones terkadang tidak menjadi pemain inti Manchester City. Pihak klub mau tidak mau harus melakukan perjudian tersebut demi memperbanyak stok pemain homegrown.

Ya, harga pemain didikan klub Inggris memang terbilang mahal. Apalagi bila klub peminatnya seperti Manchester City ataupun Chelsea. Klub-klub medioker yang memiliki banyak pemain didikan potensial sudah pasti pasang harga tinggi.

"Saya menyukai pemain Inggris. Orang-orang tidak pernah akan hal itu. Namun, para pemain Inggris terlalu mahal. Meski, saya senang memainkan mereka," kata Guardiola.

"Saya senang memainkan pemain lokal saat masih di Barcelona dan Bayern Munchen. Namun kini, kadang hal itu tidak mungkin. Pasar adalah pasar," lanjut Guardiola.

2 dari 4 halaman

Arti pemain homegrown

Lantas, apakah itu pemain homegrown? Bagaimana peraturan Premier League mengenai pemain homegrown?

Pemain homegrown dibagi ke dalam dua kategori, yakni homegrown klub dan homegrown asosiasi atau nasional.

Pemain homegrown klub adalah pemain yang berusia antara 15 tahun hingga 21 tahun yang terdaftar sebagai pemain suatu klub dalam jangka waktu, terus-menerus, atau tidak, selama tiga musim atau 36 bulan. Hal ini terlepas dari kewarganegaraan dan usia.

Contoh kasus adalah John Terry merupakan pemain homegrown klub (Chelsea). Sejak berusia antara 15 tahun hingga 21 tahun, Terry tetap terdaftar sebagai pemain Chelsea.

Lalu, pemain homegrown asosiasi adalah pemain yang berusia antara 15 tahun hingga 21 tahun yang terdaftar sebagai pemain suatu klub atau klub lain yang masih berada dalam satu asosiasi dalam jangka waktu, terus-menerus, atau tidak, selama tiga musim atau 36 bulan. Hal ini terlepas dari kewarganegaraan dan usia.

Contoh kasus ini adalah Cesc Fabregas merupakan pemain homegrown asosiasi (Chelsea) meski berasal dari Spanyol. Sejak berusia antara 15 tahun hingga 21 tahun, Fabregas terdaftar sebagai pemain Arsenal yang berada satu asosiasi dengan Chelsea.

Badan Liga Inggris, Premier League, mengharuskan setiap klub untuk mendaftarkan maksimal 25 pemain di atas usia 21 tahun. Dari 25 pemain itu, delapan pemain di antaranya berstatus homegrown, baik itu klub maupun asosiasi. Sementara itu, batas maksimal pemain non-homegrown dibatasi hanya 17 pemain.

Jika ada sebuah klub yang memiliki pemain homegrown berjumlah di bawah delapan pemain, maka kuota tersisa untuk memenuhi batas maksimal 25 pemain tidak bisa diisi pemain non-homegrown.

Namun, Premier League memperbolehkan klub tidak mendaftarkan pemain berusia 21 tahun atau di bawahnya, meski tidak berstatus homegrown. Pemain yang dikategorikan muda itu tetap bisa tampil pada ajang Premier League.

3 dari 4 halaman

Jual-beli pemain

Aturan tersebut menyudutkan tim-tim besar yang memiliki mayoritas pemain non-homegrown, seperti Manchester City dan Chelsea. Jelang musim 2017-2018, Manchester City tercatat kelebihan pemain non-homegrown, yakni 19 pemain, termasuk rekrutan anyar Ederson dari Benfica dan Bernardo Silva dari AS Monaco.

Manchester City terpaksa harus merelakan dua pemain utamanya tidak didaftarkan untuk kompetisi musim depan. Guardiola memiliki kekuasaan penuh untuk melepas minimal dua pemain non-homegrown.

Dari kabar yang beredar, lima pemain menuju pintu keluar Stadion Etihad. Ironisnya, satu dari lima pemain itu justru sebenarnya berstatus homegrown, yakni Joe Hart.

Namun, Hart sudah pasti kehilangan tempat karena kehadiran Ederson. Selain Ederson, Manchester City juga masih mempunyai penjaga gawang asal Cile, Claudio Bravo.

Empat pemain lain yang dikabarkan bakal didepak adalah Eliaquim Mangala, Samir Nasri, Wilfried Bony, dan Nolito. Hanya Nolito yang membela The Citizens, sementara empat lainnya dipinjamkan ke klub lain pada musim 2016-2017.

Dengan asumsi akan melepas empat pemain non-homegrown, Manchester City kini memiliki dua slot pemain baru berstatus itu. Guardiola tentu tidak bisa puas hanya merekrut dua pemain non-homegrown untuk meningkatkan kualitas tim pada musim 2017-2018.

Guardiola butuh mengincar pemain asli didikan klub Inggris pada musim panas ini. Nama yang santer beredar adalah Ryan Bertrand dari Southampton. Namun kembali lagi, Manchester City harus mengeluarkan kocek lebih dalam untuk mengangkut Bertrand dari Southampton.

Guardiola tentu bakal berupaya keras memutar otak demi menciptakan skuat impiannya. Jika gagal menemukan solusi itu, Guardiola harus menunggu beberapa tahun lagi hingga para pemain didikan Manchester City seperti Kelechi Iheanacho, Pablo Maffeo, ataupun Aleix Garcia tampil sehebat para pemain seniornya.

4 dari 4 halaman

Skuat Manchester City

Berikut ini adalah skuat utama Manchester City hingga 13 Juni 2017:

Kiper
1. Claudio Bravo
2. Joe Hart (homegrown)
3. Angus Gunn - 21 tahun

Bek
4. Tosin Adarabioyo - 19 tahun
5. John Stones (homegrown)
6. Nicolas Otamendi
7. Jason Denayer - 21 tahun
8. Aleksandar Kolarov
9. Vincent Kompany
10. Pablo Maffeo - 19 tahun
11. Eliaquim Mangala
12. Angelino - 20 tahun

Gelandang
13. Ilkay Gundogan
14. Kevin de Bruyne
15. Leroy Sane
16. Fabian Delph (homegrown)
17. Fernandinho
18. Fernando
19. Aleix Garcia - 19 tahun
20. Samir Nasri
21. David Silva
22. Raheem Sterling (homegrown)
23. Yaya Toure
24. Oleksandr Zinchenko - 20 tahun

Striker
25. Gabriel Jesus
26. Nolito
27. Sergio Aguero
28. Wilfried Bony
29. Kelechi Iheanacho - 20 tahun
30. Marlos Moreno - 20 tahun
31. Patrick Roberts - 20 tahun

Transfer masuk:

1. Bernardo Silva
2. Ederson

Kemungkinan dilepas
1. Joe Hart (homegrown)
2. Eliaquim Mangala
3. Samir Nasri
4. Wilfried Bony
5. Nolito

Video Populer

Foto Populer