Sukses


Romelu Lukaku, Pengganti Sepadan Ibra di Manchester United

Bola.com, Manchester - Manchester United selangkah lagi merekrut Romelu Lukaku dari Everton. Banyak pihak menganggap, Lukaku dapat menjadi pengganti sepadan untuk Zlatan Ibrahimovic.

Manchester United tengah mencari penyerang baru untuk menggantikan Zlatan Ibrahimovic yang kontraknya berakhir pada 30 Juni 2017. Selain itu, Wayne Rooney juga dikabarkan segera meninggalkan Old Trafford karena performanya yang sudah jauh menurun.

The Red Devils dikaitkan dengan sejumlah penyerang ternama Eropa, mulai dari Alvaro Morata, Romelu Lukaku, Andrea Belotti, hingga Kylian Mbappe. Dari nama-nama tersebut, Lukaku menjadi kandidat terkuat untuk mengisi lini depan Manchester United.

Menurut media-media Inggris, Manchester United telah menyepakati banderol 75 juta poundsterling (Rp 1,3 triliun) yang diminta Everton. Penyerang Belgia itu segera menjalani tes medis sebagai syarat bergabung The Red Devils.

Manajer Manchester United, Jose Mourinho, telah menginginkan Lukaku sejak masih mengasuh Real Madrid. Namun saat itu, keinginan Mourinho mendapat penolakan dari ayah Lukaku karena merasa anaknya belum siap memperkuat Los Blancos.

Musim lalu, Lukaku bersaing dengan penyerang Tottenham, Harry Kane, untuk menjadi pencetak gol terbanyak Premier League. Lukaku harus puas berada di peringkat kedua dengan koleksi 25 gol, berselisih empat gol dari Harry Kane.

Jumlah tersebut lebih banyak dari pencetak gol terbanyak Manchester United musim lalu, Zlatan Ibrahimovic. Penyerang Swedia itu hanya mampu membukukan 17 gol sepanjang Premier League 2016-2017.

2 dari 2 halaman

Gaya Bermain

Romelu Lukaku dianggap memiliki teknik dan kemampuan yang mendukung permainan Manchester United. (AFP/Oli Scarff)

Romelu Lukaku memiliki teknik olah bola yang sangat baik. Selain itu, dia juga memiliki ketajaman baik dari luar maupun di dalam kotak penalti.

Lukaku andal dalam mengeksekusi bola-bola atas karena memiliki tinggi 191 cm. Penyerang 24 tahun itu mencetak tujuh gol melalui sundulan pada musim 2016-2017. Kemampuan itu sesuai dengan gaya bermain Manchester United yang kerap mengandalkan umpan-umpan silang.

Tidak hanya cakap pada bola-bola atas, Lukaku juga memiliki kecepatan dan akselerasi yang luar biasa. Lukaku dapat mengombinasikan kemampuan tersebut dengan Marcus Rashford, Anthony Martial, dan Henrikh Mkhitaryan agar The Red Devils lebih mengerikan ketika melakukan serangan balik.

Meski memiliki catatan gol impresif, Lukaku bukanlah penyerang egois. Hal itu dapat dia buktikan melalui jumlah assist selama membela Everton yang menyentuh angka 29 assist.

Selain itu, Lukaku diperkirakan tidak butuh waktu lama untuk beradaptasi, karena memiliki pengalaman bermain di Premier League sejak 2011. Lukaku juga terkenal dekat dengan bintang Manchester United, Paul Pogba.

Berdasarkan statistik di atas, Lukaku dapat menjadi pilihan tepat untuk menggantikan Zlatan Ibrahimovic di Manchester United. Namun, Lukaku memiliki kenangan buruk dengan Jose Mourinho sewaktu masih membela Chelsea. Saat itu, sang pemain meniinggalkan Stamford Bridge karena tak kunjung mendapat kesempatan di skuat utama The Blues.

Sumber: ESPN, Transfermarkt

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer