Sukses


Premier League 2017-2018: Menanti Kejutan Southampton

Bola.com, - Southampton menjadi kesebelasan yang diperkirakan mampu memberi kejutan pada Premier League musim 2017-2018. Bukan tanpa alasan, The Saints merupakan kesebelasan yang kerap mengusik papan atas Premier League sejak musim 2013-2014.

Setiap musim, Southampton mengorbitkan pemain-pemain lulusan akademi seperti Calum Chambers, Adam Lallana, Luke Shaw, hingga Alex Oxlade-Chamberlain. Mereka dikombinasikan dengan pemain berpengalaman yang kurang terkenal seperti Adam Lambert, Morgan Schneiderlin, dan Sadio Mane.

Pemain-pemain itu biasanya tidak bertahan lama di Southampton. Hampir setiap musim, para pemain andalan mereka dibeli oleh kesebelasan papan atas Premier League.

Meski begitu, Southampton tidak pernah kehilangan sumber daya untuk menghadirkan kejutan di Premier League. Terlebih, mereka memiliki manajer penuh kejutan dalam diri Mauricio Pellegrino.

Manajer baru Southampton, Mauricio Pellegrino.

Pellegrino menggantikan peran Claude Puel yang dipecat pada 14 Juni 2017. Manajemen The Saints berharap, pria asal Argentina itu mampu membuat tim bermain lebih menyerang.

Bukan tanpa alasan, gaya bermain Southampton sewaktu diasuh Puel kerap mendapatkan kritikan karena terlalu bertahan. The Saints hanya mencetak 41 gol, terendah sejak promosi ke Premier League pada 2012-2013.

Pellegrino dipilih karena mampu mengantarkan Deportivo Alaves melaju hingga final Copa del Rey 2016-2017. Saat itu, mereka kalah 1-3 dari Barcelona.

Kombinasi Pellegrino dan pemain-pemain Southampton diharapkan mampu menghadirkan kejutan pada ajang Premier League 2017-2018. Petinggi klub mencanangkan target mengakhiri musim di zona Eropa.

Baca ulasan khusus Bola.com menjelang bergulirnya Premier League 2017-201 dengan mengklik tautan ini

2 dari 3 halaman

Kutukan Stadion Saint Mary's

Bagi sebagian kesebelasan, bermain di depan pendukung sendiri merupakan keuntungan. Namun, hal itu tidak berlaku untuk Southampton, setidaknya pada musim 2016-2017.

Dari 19 pertandingan di Stadion Saint Mary's, The Saints hanya mencatatkan enam kemenangan pada ajang Premier League. Jumlah tersebut merupakan yang terburuk ketiga di antara peserta lain.

Catatan itu hanya berada di bawah dua kesebelasan yang terdegradasi, Middlesbrough dan Sunderland. Middlesbrough hanya meraih empat kemenangan sedangkan Sunderland mencatatkan tiga kemenangan.

Southampton bermarkas di Stadion Saint Mary's sejak Agustus 2001. Stadion tersebut memiliki kapasitas 32,505 penonton. Sebelumnya, The Saints bermarkas di Stadion The Dell sejak 1898.

3 dari 3 halaman

Daftar Pemain

Southampton tidak terlalu aktif pada bursa transfer musim panas 2017. Klub tersebut baru mendatangkan Jan Bednarek dari Lech Poznan seharga lima juta poundsterling (Rp 86,8 miliar).

Padahal, Southampton telah melepas enam pemain, yaitu Jason McCarthy, Jay Rodriguez, Lloyd Isgrove, Cuco Martina, Harley Willard, dan Martin Caceres.

Meski begitu, hal tersebut tidak menjadi masalah untuk Pellegrino. Skuat Southampton dihuni pemain-pemain berkualitas di setiap lini.

Berikut ini adalah skuat Southampton (hingga 5 Agustus 2017):

No. Punggung Nama Posisi
13 Alex McCarthy Kiper
28 Stuart Taylor Kiper
44 Fraser Forster Kiper
  Paulo Gazzaniga Kiper
2 Cedrid Soares Bek
3 Maya Yoshida Bek
5 Jack Stephens Bek
17 Virgil van Dijk Bek
21 Ryan Bertrand Bek
25 Florin Gardos Bek
26 Jeremy Pied Bek
30 Will Wood Bek
32 Alfie Jones Bek
33 Matt Targett Bek
35 Jan Bednarek Bek
38 Sam McQueen Bek
43 Yan Valery Bek
4 Jordy Clasie Gelandang
8 Steven Davis Gelandang
11 Dusan Tadic Gelandang
14 Oriol Romeu Gelandang
16 James Ward-Prowse Gelandang
19 Sofiane Boufal Gelandang
22 Nathan Redmond Gelandang
23 Pierre-Emile Hojbjerg Gelandang
34 Jake Flannigan Gelandang
39 Josh Sims Gelandang
42 Jake Hesketh Gelandang
7 Shane Long Penyerang
10 Charlie Austin Penyerang
20 Manolo Gabbiadini Penyerang
27 Sam Gallagher Penyerang

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer