Sukses


Saat Pep Guardiola Bingung di Rumah Sendiri

Bola.com, Manchester - Berkali-kali wajah Pep Guardiola tersorot kamera. Berulangkali juga terpapar rona muka Pep Guardiola yang terlihat tak nyaman. Kondisi tersebut seolah memberi gambaran apa yang terjadi pada anak buahnya di lapangan.

Manchester City gagal mendapatkan angka penuh saat menjamu Everton, di Etihad Stadium, Senin (21/8/2017) atau Selasa (22/8/2017) dini hari WIB. Gawang Manchester City kebobolan pada menit ke-35 setelah bomber Everton, Wayne Rooney menaklukkan kiper Ederson.

Saat berusaha menyamakan kedudukan, Manchester City harus bermain dengan 10 orang. Hal itu terjadi setelah Kyle Walker mendapat kartu merah pada menit ke-44. Beruntung, pemain pengganti, Raheem Sterling, mampu memaksimalkan peluang emas yang berbuah gol penyeimbang pada menit ke-82.

Pada menit ke-88, pemain Everton berkurang satu setelah Morgan Schneiderlin mendapat kartu merah. Sayang, sampai akhir pertandingan skor tak berubah. Hasil tersebut menjadi sesuatu yang tak diinginkan Pep Guardiola, meski ia tetap puas.

"Kami ingin menang pada laga pertama di rumah sendiri. Kami mendapatkan banyak peluang, tapi gagal. Everton hanya memiliki satu kesempatan dan berbuah gol. Kami akan melakukan evaluasi guna tampil lebih baik pada laga berikutnya," kata Pep Guardiola, di SkySports.

Komentar Pep Guardiola menggambarkan performa tak konsisten Manchester City. Padahal ekspektasi publik begitu besar, terutama setelah The Citizens mengeluarkan banyak dana agar bisa membawa nama-nama mentereng ke Etihad Stadium pada bursa transfer musim panas 2017.

2 dari 3 halaman

Kondisi Guardiola

Menurut pengamat sepak bola Inggris, Mark Ogden, situasi yang kini menyelimuti Manchester City tak lepas dari apa yang terjadi pada Pep Guardiola. Ogden memprediksi, saat ini sang manajer sedang bingung menentukan formasi yang tepat.

Pada musim panas tahun ini, Manchester City mengeluarkan dana 222 juta pounds atau nyaris Rp 4 triliun, yang sebagian besar guna mendatangkan pemain area belakang. Satu yang menjadi kritikan adalah perubahan fungsi seorang sayap kiri menjadi bek sayap.

Kritikan mulai tertuju pada Pep Guardiola. Sejak menukangi Manchester City, Pep Guardiola sudah menghabiskan dana belanja sebanyak 400 juta pounds atau nyaris Rp 11,2 triliun. Sayang, sejak Juni 2016 tersebut, belum ada hasil memuaskan.

Pep Guardiola gagal membawa Manchester City menjadi jawara Premier League 2016-2017 dan tersingkir di arena Liga Champions 2016-2017. Kini, setelah dua partai awal, Manchester City justru tak moncer di kandang sendiri.

Beberapa panelis pada arena diskusi di ESPN mengungkapkan, satu kesalahan Pep Guardiola pada laga kontra Everton adalah corak permainan Leroy Sane. Sang arsitek tim menempatkan Sane bermain di sisi bek sayap, sesuatu yang baru bagi si pemain, dan nyatanya gagal.

Perkiraan lain, Pep Guardiola mungkin saja memiliki rencana tertentu dengan formasi 'aneh' Manchester City saat bersua Everton. Namun, semua berbeda kala di lapangan saat para pemain tak sanggup menerjemahkan apa yang ada dalam pikiran Pep Guardiola

Selain Sane, keanehan juga terjadi dengan area 'kerja' Kevin De Bruyne. Pengamat Premiership, Ogden mengungkapkan, De Bruyne menjadi satu di antara korban uji coba Pep Guardiola.

3 dari 3 halaman

Salah Formasi

Pada babak pertama, Kevind De Bruyne beroperasi cenderung sebagai gelandang bertahan. "Itu tak berjalan, dan saya pikir Ilkay Gundogan harus segera merumput pada pertandingan berikutnya agar terjaga keseimbangan di area tengah," sebut Ogden.

Masalah besar juga terjadi pada area penyerangan. Pep Guardiola memiliki tantangan untuk menemukan tempat yang tepat bagi Sergio Aguero, Gabriel Jesus, Leroy Sane, Raheem Sterling dan Bernardo Silva.

Pep Guardiola harus berpikir lebih keras lagi andai Manchester City bisa mendapatkan Alexis Sanchez. Tipikal permainan yang nyaris sama dari nama-nama di atas, berpotensi membuat kepala Guardiola harus terbagi.

"Guardiola tak tahu tim terbaik miliknya, tapi Pep Guardiola juga tak tahu siapa yang tepat untuk formasi terbaik," sebut Ogden. Pada laga berikutnya, Manchester City akan berstatus tamu bagi Bournemouth (26/8/2017).

Sumber: ESPN

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer