Sukses

Preview 5 Poin Taktik Liverpool Vs Manchester United

Bola.com — Liverpool akan menjamu Manchester United pada pertandingan lanjutan Premier League 2017-2018, di Stadion Anfield, Sabtu (13/10/2017).

Pertandingan ini akan menghadirkan banyak cerita. Terlepas dari rivalitas panjang, Liverpool vs Manchester United juga akan mempertemukan dua manajer top dunia, yakni Jurgen Klopp dan Jose Mourinho.

Pada musim ini, Mourinho mampu mengantarkan Manchester United ke posisi kedua klasemen sementara, setidaknya hingga pekan ketujuh. Sementara itu, Liverpool baru menempati peringkat ketujuh.

Kini, kedua klub ditengarai akan mengeluarkan seluruh kemampuannya untuk meraih kemenangan. Di balik kehebatan Jurgen Klopp, Liverpool tentunya bukan tanpa celah yang dapat dimanfaatkan Manchester United.

Demikian hal sebaliknya. Meski memiliki posisi klasemen lebih baik, Manchester United akan mendapat ujian sesungguhnya ketika bertandang ke Anfield. Berikut ini adalah preview lima poin taktik Liverpool dan Manchester United:

1. Hilangnya Sadio Mane

Penyerang Liverpool, Sadio Mane, kecewa usai melanggar kiper Manchester City, Ederson Moraes, pada laga Premier League di Stadion Ettihad, Manchester, Sabtu (9/9/2017). Akibat insiden ini Ederson mengalami luka parah. (AFP/Oli Scarff)

Liverpool tidak akan diperkuat Sadio Mane, yang dikabarkan akan absen selama enam pekan setelah mengalami cedera hamstring saat membela negaranya, Senegal.

Hal ini akan menjadi kerugian besar bagi Liverpool. Bukan karena Mane menjadi andalan mencetak gol, sang pemain juga memiliki peran penting dalam sistem permainan yang diadaptasi Jurgen Klopp.

Dalam beberapa pertandingan terakhir, Liverpool sering membangun serangan dari bawah dan mengalirkan bola dengan cepat untuk melakukan serangan balik. Tanpa Mane, strategi tersebut akan kurang maksimal.

Pemain yang memiliki peran vital setelah ketidakhadiran Sane adalah Philippe Coutinho. Kecepatan dan ketajaman bintang Brasil tersebut akan menjadi andalan untuk membongkar pertahanan solid Manchester United

1 dari 5 halaman

Tembok Cina Manchester United

Pada musim ini, barisan pertahanan Manchester United bekerja sangat baik. Total, Eric Bailly dan kawan-kawan baru kebobolan dua gol, di ajang Premier League.

Menariknya, kukuhnya barisan pertahanan Manchester United akan mendapat ujian besar ketika menghadapi Liverpool. Apalagi, hingga pekan ketujuh, Liverpool menjadi tim yang paling banyak melepaskan tendangan ke gawang lawan (127 tendangan).

Sayangnya, meski sering melakukan percobaan tersebut, Liverpool kurang dalam hal penyelesaian akhir. Pada pertemuan terakhir, Liverpool bermain imbang tanpa gol dengan Manchester United, musim lalu

 

2 dari 5 halaman

Menit Krusial

Mourinho dikenal sebagai manajer yang mengandalkan taktik pragmatis. Ia bisa membuat timnya bermain menyerang, hingga bertahan dengan sistem "parkir bus".

Hal tersebut terjadi ketika mereka bermain imbang tanpa gol pada musim lalu. Bahkan, Manchester United hanya menguasai bola 35 persen.

Kini, Mourinho ditengarai akan menggunakan taktik sama. Kuncinya adalah menjaga gawang Manchester United tidak kebobolan lebih dulu pada 30 menit awal. Nemanja Matic akan menjadi pemain kunci.

Apabila strategi tersebut berhasil, Manchester United tentu tidak akan bertahan sepanjang pertandingan. Serangan balik cepat dari sisi sayap dapat menjadi andalan dan inilah yang harus diwaspadai Philippe Coutinho dan kawan-kawan.

3 dari 5 halaman

Kelemahan Liverpool

Satu-satunya kelemahan Liverpool yang terlihat jelas adalah barisan pertahanan. Bahkan, mereka pernah kebobolan lima gol saat menghadapi Manchester City.

Liverpool tidak mampu menjaga clean sheet sejak 27 Agustus. Hal ini tentu akan menjadi keuntungan bagi Manchester United, yang memiliki salah satu bomber tajam di Premier League, Romelu Lukaku.

Hingga saat ini, Lukaku mencetak tujuh gol. Eks pemain Everton tersebut akan kembali menjadi andalan Manchester United saat menghadapi Liverpool. Selain itu, ada pula Henrikh Mkhitaryan di barisan tengah. 

4 dari 5 halaman

Duel Manajer

Berbicara mengenai taktik, pertandingan Liverpool vs Manchester United tidak dapat dilepaskan dari Jurgen Klopp dan Jose Mourinho. Ini akan menjadi pertemuan kedelapan kedua manajer di berbagai ajang.

Aktivitas keduanya di pinggir lapangan pun menarik dinantikan. Tentunya, baik Jurgen Klopp ataupun Jose Mourinho, tetap ingin menjaga para pemainnya menjaga intensitas, baik di dalam ataupun luar lapangan.

Sumber: Daily Mail

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

0 Komentar

Belum ada komentar

    Video Populer

    Foto Populer