Sukses


5 Pemain Chelsea yang Membelot ke Manchester United

Bola.com — Premier League musim 2017-2018 akan kembali menggelar laga lanjutannya pada akhir pekan ini. Dari sekian banyak pertandingan yang akan dihelat, duel antara Chelsea dan Manchester United menjadi satu di antara pertandingan yang paling ditunggu-tunggu.

Wajar saja, Chelsea dan Manchester United berstatus sebagai tim favorit untuk merengkuh trofi Premier League musim ini. Kedua klub tersebut dianggap mampu bersaing dalam perburuan gelar bermodalkan materi pemain kelas wahid dan manajer berpengalaman.

Manchester United dihuni penggawa kelas dunia seperti Romelu Lukaku, David De Gea, Paul Pogba, Juan Mata dan Nemaja Matic. Sementara itu, deretan pemain Chelsea tidak kalah mentereng dengan Manchester United. Tim asal London tersebut memiliki pemain top seperti David Luiz, Cesc Fabregas, Eden Hazard, Alvaro Morata dan Thibaut Courtois.

Menariknya, Manchester United kerap mempreteli kekuatan Chelsea dengan memboyong pemain andalan The Blues. Teranyar, The Red Devils memboyong Nemaja Matic dari Chelsea pada bursa transfer musim panas 2017.

Lantas, siapa saja pemain Chelsea yang memilih membelot ke Manchester United?

Alex Stepney

Kiper legendaris Manchester United, Alex Stepney. (Mn2.com)

Alex Stepney merupakan kiper kelahiran Mitcham, Inggris, 75 tahun yang lalu. Karier Alex Stepney mulai mencuri perhatian klub-klub besar Inggris berkat penampilan ciamiknya di bawah gawang Millwall.

Chelsea yang kepincut dengan performa Alex Stepney langsung merekrutnya pada Juni 1966. Namun, karier Alex Stepney bersama The Blues hanya bertahan tiga bulan dan memilih hengkang ke Manchester United dengan nilai transfer 55.000 pounds.

Selama lebih dari satu dekade, Stepney turut mengantarkan Manchester United meraih trofi bergengsi seperti First Division, European Cup, FA Cup dan FA Charity Shield. Uniknya, meski berposisi sebagai penjaga gawang, Stepney berhasil mendulang dua gol selama membela Manchester United.

2 dari 3 halaman

Ray Wilkins

Ray Wilkins merupakan jebolan akademi Chelsea. Terus menampilkan grafik peningkatan, sang pemain dipromosikan naik ke tim senior pada awal Juli 1973.

Tidak mampu bersaing dengan geladang Chelsea lainnya, Wilkins memilih hengkang ke Manchester United pada bursa transfer musim panas 1979. Musim pertama Ray Wilkins di Manchester United tidak berjalan lancar. Eks AC Milan tersebut baru meraih trofi pertamanya pada 1983.

Kini, pria berkepala plontos tersebut memilih melanjutkan karier sebagai manajer. Sosok 61 tahun tersebut tercatat pernah menjadi asisten manajer di Chelsea selama periode 2008-2010.

Abbe Ibrahim

Mungkin nama Abbe Ibrahim kurang populer jika dibandingkan dengan beberapa pemain lain yang memilih pindah ke Manchester United. Wajar saja, transfer tersebut kurang terekspos oleh media karena striker asal Togo itu "hanya" pindah dari Chelsea U18 ke Manchester United U18. Artinya, transfer tersebut tidak melibatkan tim senior.

Belum genap dua musim berseragam Manchester United U18, striker yang kini berusia 31 tahun tersebut mengakhiri masa baktinya di Manchester dan pindah ke Major League Soccer bersama New York Red Bulls.

3 dari 3 halaman

Juan Mata

Kepindahan Juan Mata ke Manchester United bermula dari konfliknya dengan manajer The Blues saat itu, Jose Mourinho. The Special One dikabarkan tidak lagi membutuhkan servis pemain asal Spanyol tersebut lantaran menganggap Mata memiliki kemampuan di bawah gelandang Chelsea lainnya seperti Oscar, Eden Hazard, Lucas Piazon, Victor Moses dan Florent Malouda.

Manchester United menggelontorkan dana 45 juta euro untuk menggaet Mata pada bursa transfer musim dingin 2014. Hingga saat ini, mantan pemain Valencia tersebut membukukan 37 gol dan 26 assist dari 158 penampilannya di berbagai ajang.

Nemaja Matic

5. Nemanja Matic – Kehadiran mantan pemain Chelsea  ini membuat Paul Pogba dan Marouane Fellaini bisa menjelajah lebih jauh ke depan. Meski berusia 28 tahun, tapi Ia terlihat segar dan telah mendominasi lini tengah MU. (AFP/Oli Scarff)

Nemaja Matic menjadi penggawa teranyar yang memilih hengkang ke Manchester United. Beberapa kalangan media menilai keputusan Chelsea melepas Matic Ke Manchester United merupakan kesalahan fatal.

Hal tersebut didasari oleh permainan apik yang ditunjukkan Matic pada lini tengah The Red Devils. Adapun Tiemoue Bakayoko yang dipercaya sebagai suksesor Matic dianggap belum mampu memenuhi ekspetasi para petinggi Chelsea.

Nemaja Matic ditebus Manchester United dari Chelsea dengan biaya 40 juta euro (Rp 626 miliar). Keberadaan Jose Mourinho dikabarkan menjadi faktor pelicin hingga Matic tak sungkan mengkhianati The Blues.

Sumber: Berbagai sumber

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer