Sukses


Eks Penyerang Timnas Inggris Tertarik dengan Penyakit Demensia

Bola.com, Newcastle - Mantan penyerang timnas Inggris, Alan Shearer, tertarik dengan penyakit demensia. Shearer pun coba melakukan penelitian mengenai hubungan sepak bola dengan penyakit tersebut. 

Demensia merupakan kondisi di mana kemampuan otak seseorang mengalami kemunduran. Penyakit tersebut mengakibatkan perubahan cara berpikir dan berinteraksi pada seorang pasien, serta memengaruhi memori jangka pendek. 

Setelah pensiun sebagai pesepak bola, Shearer beberapa kali berjumpa dengan eks pemain yang menderita demensia. Alhasil, pria berusia 47 tahun itu coba mencari lebih dalam mengenai penyakit demensia.

"Saya berjumpa dengan beberapa mantan pesepak bola yang menderita demensia dan keluarga mereka. Setelah itu, saya menghubungi para ilmuwan dan dokter untuk meneliti hubungan demensia dengan sepak bola," ujar Shearer kepada BBC.

"Saya mengajukan diri sebagai subyek penelitian. Sebagai seseorang yang bermain lebih dari 20 tahun dan terkadang menyundul bola lebih dari 100 kali, saya sadar berada dalam bahaya."

"Tujuan saya adalah mempelajari hubungan antara keduanya dan pengaruh terhadap pelaku sepak bola. Saya bangga dengan program penelitian tersebut," kata Shearer.

Selama membela timnas Inggris, Alan Shearer bermain dalam 63 pertandingan. Dari jumlah tersebut, Shearer menyumbangkan 30 gol untuk The Three Lions.

Sumber: BBC

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer