Sukses


5 Kiper Liga Inggris yang Paling Sering Tak Kebobolan

Jakarta Posisi penjaga gawang seringkali menjadi pembeda bagi timnya. Penyelamatan gemilang atau menjaga gawangnya hingga tak kebobolan merupakan keuntungan bagi tim yang setara dengan mencetak gol. 

Posisi kiper adalah yang paling spesial dari semua posisi di lapangan. Mereka pun memiliki hak istimewa untuk menyentuh bola dengan semua bagian tubuh mereka asal itu dilakukan di dalam kotak penalti.

Bahkan, ada penghargaan khusus tersendiri buat kiper yang paling banyak mendapatkan clean-sheets terbanyak, yakni Golden Glove, seperti di Liga Inggris

Sejak dimulainya Liga Inggris 2002 silam, sayangnya hanya segelintir kiper yang tampil konsisten sepanjang musim. Nah, nama-nama di bawah ini termasuk dalam daftar tersebut.

Mereka sukses catatkan jumlah clean-sheets terbanyak sepanjang masa di Liga Inggris. Siapa saja? Berikut daftarnya dikutip Sportskeeda:

 

2 dari 6 halaman

5. Nigel Martyn: 138 Clean-sheets

5. Nigel Martyn: 138 Clean-sheets

Pensiunan kiper Inggris, Nigel Martyn memulai kariernya pada 1987 di Bristol Rovers. Pada tahun 1989, Crystal Palace membawanya dengan uang sebesar satu juta pounds dan menjadi kiper legendaris di sana.

Setelah menghabiskan tujuh tahun di Palace, termasuk sejumlah clean-sheets, ketua Leeds United, Howard Wilkinson mendatangkannya dengan kesepakatan 2,5 juta pounds.

Datang pada 1996, Martyn terus mengumpulkan clean-sheets sebelum akhirnya pergi untuk bergabung dengan Everton pada tahun 2003. Di sinilah ia mengakhiri kariernya sebagai pemain setelah tampil 372 penampilan Liga Inggris di tiga klub papan atas Inggris.

3 dari 6 halaman

4. David Seaman: 142 clean-sheets

4. David Seaman: 142 clean-sheets

Mantan kiper timnas Inggris, David Seaman membuat debut profesionalnya di Football League pada tahun 1982 bersama Peterborough United, sebelum pindah ke Birmingham City pada 1984. Setelah dua musim bersama The Blues pada1986, dia menyelesaikan sebuah kesepakatan untuk menandatangani kontrak bersama Quens Park Rangers, di mana ia bermain selama empat musim.

Tak berlama-lama, ia memilih pindah ke tim lebih besar saat Arsenal datang. Penampilannya yang konsisten membuatnya berada di puncak permainannya bersama The Gunners.

Dia bermain untuk Arsenal selama 13 tahun dah membuat 75 caps di Timnas Inggris sebagai bagian dari kariernya yang panjang. Dia pensiun di Manchester dengan City dengan membuat 19 penampilan liga di bawah Kevin Keegan.

4 dari 6 halaman

3. Mark Schwarzer: 152 seprai bersih

3. Mark Schwarzer: 152 seprai bersih

Kiper veteran Australia, Mark Schwarzer memulai kariernya di Marconi Stallion pada tahun 1990. Dia menghabiskan empat musim di klub tersebut sebelum pindah ke Jerman selama dua tahun bersama Dynamo Dresden dan FC Kaiserslautern.

Pada tahun 1996, ia meninggalkan Jerman untuk bergabung dengan klub Inggris, Bradford City dan mulai terkenal lewat aksi-aksinya. Setelah bertugas singkat dengan Bradford, Middlesbrough datang dan memberinya sebuah penampilan di divisi teratas Inggris.

Dia tidak mengecewakan, menghabiskan dekade berikutnya bersama Boro dengan membuat lebih dari 300 penampilan. Pada tahun 2008, dia membuat keputusan untuk pindah ke selatan London bersama Fulham.

Setelah lima tahun berada di Cottagers, dia bergabung bersama Chelsea sebagai kiper pelapis. Dia membuat tiga penampilan Liga Champions dan empat di Liga Inggris sebelum berlabuh ke mantan juara Inggris, Leicester.

Di sini, dia menambahkan satu clean-sheets lagi ke penghitungannya saat bermain imbang tanpa gol melawan Hull City pada bulan Maret 2015. Mark mendapat posisi ketiga di chart sepanjang masa dengan 152 clean-sheets dalam 514 penampilan.

5 dari 6 halaman

2. David James: 169 Clean-sheets

2. David James: 169 Clean-sheets

David James bermain untuk sejumlah klub selama karier profesionalnya yang terkenal. Membuat debutnya untuk Watford pada tahun 1988, James datang ke Liverpool empat tahun kemudian.

Dengan membuat lebih dari 200 penampilan untuk The Reds selama masa tujuh tahun, dia hengkang ke Aston Villa (1999), West Ham (2001) dan Manchester City (2004) dengan tim reguler pertama. Harry Redknapp bersama Portsmouth kemudian merekrutnya pada tahun 2006.

Dia memenangkan Piala FA dan juga tampil 134 kali, menghasilkan 39 clean-sheets selama empat tahunnya di sana. James juga meraih 53 caps di Inggris sebelum pensiun setelah Piala Dunia 2010.

6 dari 6 halaman

1. Petr Cech: 194 Clean-sheets

1. Petr Cech: 194 Clean-sheets

Setelah memulai kariernya dengan tim Ceko Chmel Blšany pada tahun 1999, Cech kemudian mencari pelabuhan yang bisa membantu kariernya. Sparta Prague adalah batu loncatannya untuk hal-hal yang lebih besar, hingga terpantau oleh Rennes setelah hanya satu musim di sana.

Pada tahun 2004, Jose Mourinho menuju ke Inggris bersama Chelsea. Cech telah datang dan menjadi contoh sempurna sebagai kiper legendaris di Britania Raya.

Sayangnya, setelah 11 tahun Cech harus angkat kaki dari Stamford Bridge. Penampilan cemerlang Thibaut Courtois di Atlético Madrid membuat Chelsea harus rela melepas kepergian legendanya tersebut ke Arsenal pada musim panas 2015.

Dia terus tampil prima dan pada usia 35, sama sekali tidak menunjukkan tanda-tanda melambat. Sejauh ini, Cech sukses mengumpulkan 413 penampilan di Inggris dengan catatan 194 clean-sheets.

Eka Setiawan

Video Populer

Foto Populer