Sukses


Perbandingan Pengaruh Paul Pogba dan Kevin De Bruyne

Bola.com, Jakarta - Paul Pogba menjadi aktor penting saat Manchester United menuai kemenangan atas Stoke City, Senin (15/1/2018) atau Selasa (16/1/2018) dini hari WIB. Pada laga di Stadion Old Trafford tersebut, Paul Pogba melakukan dua umpan matang, sekaligus menjadi catatan assist ke-9 sepanjang musim ini di pentas Premier League 2017-2018.

Manchester United unggul 3-0 atas Stoke City. Tiga gol lahir dari aksi Antonio Valencia (9'), Anthony Martial (38') dan Romelu Lukaku (72'). Tak merobek jala lawan, Paul Pogba tetap mendapat atensi lebih dari fans dan media massa.

Pogba memainkan peran vital bagi Manchester United dengan memberi umpan ke Antonio Valencia dan Anthony Martial. Kini, gelandang berkebangsaan Prancis tersebut mengoleksi jumlah assist yang sama dengan duo Manchester City, Leroy Sane dan Kevin De Bruyne.

Tak ayal, Paul Pogba dan Kevin De Bruyne menjadi sosok yang seringkali disandingkan. Keduanya bermain pada sistem pergerakan yang sama. Bedanya, Kevin De Bruyne memiliki peluang besar menjadi pemain terbaik musim ini, sementara Pogba mendapat kritik tajam akibat inkonsistensi di lapangan.

Namun, fakta statistik menunjukkan, pengaruh Pogba terhadap kinerja Manchester United sama pentingnya dengan sumbangsih De Bruyne ke Manchester City. Nyatanya, armada Jose Mourinho terlihat kesulitan mengembangkan permainan ketika Pogba absen pada 10 pertandingan sepanjang musim ini karena cedera dan hukuman.

Squawka, Selasa (16/1/2018), merilis beberapa fakta terkait Paul Pogba dan Kevin De Bruyne, yang dilihat dari sisi kuantitatif efek keduanya terhadap tim secara keseluruhan.

 

2 dari 4 halaman

Umpan, Bertahan dan Tekel

Hasil riset Squawka mengungkapkan, Paul Pogba dan Kevin De Bruyne memiliki kesamaan tipe, yakni mengontrol pertandingan dari posisi cukup bawah. Selain itu, kedua pemain juga sanggup berkontribusi positif terhadap kinerja bertahan dan melakukan serangan balik.

Pada aspek umpan, hanya ada tiga pemain yang mampu melakukan lebih banyak dibanding Kevin De Bruyne. Pemain berkebangsaan Belgia tersebut melakukan 1.362 umpan tepat sasaran dari 1.639 usaha. Artinya, akurasi umpan sang gelandang berada di angka 83 persen.

Sementara Paul Pogba= hanya mengoleksi 752 umpan tepat dari 890 usaha dengan kehilangan 10 pertandingan musim ini. Berbekal data tersebut, akurasi umpan Pogba ada di angka 85 persen.

Pada zona pola bertahan, De Bruyne melakukan tekel lebih banyak, yakni 88 kali berbanding 40 milik Pogba. Namun, jika dirunut secara rata-rata, Pogba berada di depan.

Sepanjang musim ini, Pogba memiliki catatan 3,81 tekel per pertandingan, yang berarti memiliki besaran 40 persen berhasil. Sedangkan De Bruyne hanya mencatat 36 persen keberhasilan melakukan tekel.

 

3 dari 4 halaman

Potensi

Sama seperti corak warna di kepala, Paul Pogba memiliki gaya khusus yang mencerminkan potensi di lapangan. Ia memiliki rata-rata 2,62 kali merebut bola dari kaki lawan, yang berarti 72 persen. Pada segmen ini, De Bruyne lebih unggul dengan rata-rata 75,59 persen.

Pelayanan terhadap rekan setim tergolong seimbang. Sepanjang musim ini, De Bruyne melakukan rata-rata 1,04 umpan terobosan per pertandingan, sementara Pogba mengoleksi 0,69 per laga.

 

4 dari 4 halaman

Gol dan Umpan

Paul Pogba dan Kevin De Bruyne memiliki peran penting dalam dua urusan tersebut. Pogba mencetak tiga gol dari 13 pertandingan, yang berarti 0,24 gol per pertandingan. Sedangkan De Bruyne mengoleksi enam gol, atau rata-rata 0,27 gol setiap 90 menit.

Satu di antara keunggulan Pogba dari De Bruyne adalah komparasi efektifitas assist. Pogba mengumpulkan sembilan assist, sama dengan De Bruyne, dengan jumlah pertandingan yang lebih sedikit.

Pada musim ini, Pogba hanya melakoni 13 laga, yang berarti rata-rata 0,72 assist per 90 menit, sedangkan De Bruyne mengumpulkan 0,41 assist per gim. Pogba mencatat rata-rata tersebut setelah berhasil melakukan 33,3 persen dari 27 umpannya berujung gol. Sedangkan De Bruyne hanya 13 persen dari 68 kreasi umpan.

Sumber: Squawka

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer