Sukses


Percakapan Wasit soal Penalti Kontroversial Liverpool Vs Spurs

Bola.com, London - Liverpool mendapat dua hukuman penalti kontroversial saat menghadapi Tottenham Hotspur pada laga pekan ke-26 Premier League, di Stadoin Anfield, Minggu (4/2/2018). Satu di antara penalti tersebut berbuah gol, sedangkan satunya lagi berhasil ditepis kiper Liverpool, Loris Karius. 

Pertandingan berakhir 2-2. Liverpool unggul lebih dulu melalui gol Mohamed Salah pada menit ketiga. Tottenham mampu menyamakan kedudukan meelalui torehan Victor Wanyama pada menit ke-80.

Tujuh menit berselang, wasit Jonathan Moss menunjuk titik putih setelah menilai Harry Kane dilanggar kiper Loris Karius di kotak terlarang. Namun, keputusan tersebut menjadi perdebatan lantaran Harry Kane, yang gagal mengeksekusi penalti tersebut, berada dalam posisi offside.

Jonathan Moss pun sempat berdiskusi dengan assisten wasit, Ed Smart, serta ofisial keempat, Martin Atkinson, melalui mic. Berikut ini adalah percakapan yang terekam dari mic Jonathan Moss tersebut. 

Smart: Yang saya butuhkan sekarang adalah, apakah Lovren menyentuh bola?

Moss: Saya tidak tahu

Smart: Jika dia (Lovren) tidak menyentuh bola, itu berarti offside. Jadi Anda membatalkan penalti itu. Itu menjadi offside jika Lovren tidak menyentuh bola

Christian Eriksen: Dia menyentuh bola.

Emre Can: Dia tidak menyentuh bola itu

Moss: Coba Anda berdiskusi lagi dengan saya

Smart: Anda tahu apa yang saya tanyakan; saya butuh klarifikasi apakah Lovren menyentuh bola? Jika iya, itu berarti dia sengaja memainkan bola, dan itu artinya adalah penalti. Jika tidak, itu bukan penalti

Moss: Sejujurnya kepada Anda, saya tidak tahu apakah Lovren menyentuh bola atau tidak. Martin (Atkinson) apa yang Anda lihat dari televisi? Saya memberikan penalti

Peraturan Premier League menyatakan, "Seorang Pemain yang berada dalam posisi offside jika mendapatkan bola dari lawan yang dengan sengaja memainkan bola (kecuali dari bola yang tidak sengaja ingin 'dibuang' lawan) tidak dianggap mendapatkan keuntungan."

Dengan demikian, Harry Kane berada dalam posisi onside karena mendapatkan bola dari Dejan Lovren yang, sesuai peraturan, dianggap mencoba menyapu bola umpan terobosan Dele Alli. Hanya saja, upaya Lovren tidak sempurna sehingga bola tidak sengaja mengarah ke Harry Kane. 

Sayangnya, Harry Kane gagal mengeksekusi penalti tersebut karena bola tendangannya mampu ditepis kiper Liverpool, Loris Karius. 

 

2 dari 2 halaman

Penalti kedua

Setelah kegagalan penalti tersebut, Liverpool kembali mampu unggul setelah Mohamed Salah mencetak gol keduanya dalam pertandingan ini pada masa injury time. 

Akan tetapi, Jonathan Moss kembali membuat keputusan kontroversial lantaran memberikan penalti setelah menganggap Virgil van Dijk melanggar Erik Lamella. Padahal, dalam tayangan ulang, sentuhan kaki Van Dijk ke arah paha Lamella dianggap tidak perlu diganjar hukuman penalti.  

Sumber: Sky Sports

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer