Sukses

Rencana B Jurgen Klopp di Liverpool Berjalan Sukses

Bola.com, Liverpool - Liverpool berpesta lima gol saat bertandang ke Estadio do Dragao, markas Porto, pada pertandingan leg pertama 16 besar Liga Champions, Kamis (15/2/2018) dini hari WIB. Kemenangan ini bukti rencana B manajer Jurgen Klopp berjalan sukses.

Awalnya, banyak yang mengkritik keputusan Liverpool ketika melepas Philippe Coutinho ke Barcelona pada bursa transfer musim dingin 2018. Apalagi, The Reds belum mendapatkan pengganti bintang Brasil tersebut.

Akan tetapi, meski tanpa Coutinho, ditambah absennya Emre Can, Liverpool tetap dapat tampil dominan di markas Porto. Mohamed Salah, Roberto Firmino, dan Sadio Mane menjadi bintang lantaran menyumbang gol.

Menurut catatan UEFA, sepanjang pertandingan, Liverpool melepaskan enam tembakan akurat dari 14 percobaan, dengan penguasaan bola 53 persen, sedangkan Porto hanya menciptakan dua peluang emas dari tujuh upaya.

Pemain Liverpool merayakan gol Mohamed Salah (ketiga kiri) ke gawang FC Porto dalam leg pertama babak 16 besar Liga Champions di Stadion Do Dragao, Kamis (15/2). Liverpool memetik kemenangan dengan skor telak 5-0. (AP/Luis Vieira)

"Semua orang membicarakan ketiga pemain kami (Salah, Firmino, dan Mane), namun rekan-rekannya juga membuat segalanya lebih mudah bagi kami. Tanpa kerja sama tim, kami tidak ada apa-apanya," kata Jurgen Klopp setelah pertandingan usai.

Melawan Porto, Klopp kembali memainkan Jordan Hendereson, yang bermain bersama Georginio Wijnaldum dan James Milner di lapangan. Awalnya, ketidakhadiran Emre Can ditengarai akan membuat lini tengah Liverpool kesulitan melawan Porto.

Akan tetapi, anggapan tersebut salah besar. Justru permainan ketiga gelandang tersebut sangat apik. Jordan Henderson tampil cukup disiplin menjaga area pertahanan di depan barisan belakang Liverpool.

Pemain yang sangat diuntungkan dengan posisi Henderson tersebut tentu adalah Wijnaldum. Gelandang Belanda itu beberapa kali membantu serangan dari sisi sayap dan melakukan kerja sama apik dengan Sadio Mane di barisan depan. 

Pemain Liverpool, Georginio Wijnaldum berebut bola dengan pemain FC Porto, Alex Telles dalam leg pertama babak 16 besar Liga Champions di Stadion Do Dragao, Kamis (15/2). Liverpool sukses menundukkan Porto dengan skor 5-0. (AP/Luis Vieira)

Kerja sama mereka pun membuahkan hasil setelah menjadi gol pertama Liverpool ke gawang Porto pada menit ke-25. Setelahnya, giliran James Milner yang berbicara setelah mencetak dua assist untuk torehan Mohamed Salah dan Roberto Firmino. 

Setelah pertandingan, Roberto Firmino, mengatakan, Coutinho adalah satu di antara pemain penting Liverpool. Namun, tanpa Coutinho, menurut dia, para pemain Liverpool justru memiliki tanggung jawab lebih besar.

"Coutinho adalah pemain hebat dan ketika dia hengkang, itu membuat tanggung jawab kami masing-masing semakin besar. Mereka melakukan hal tersebut dan hasilnya tercipta di Porto," kata Roberto Firmino.

Sumber: Sky Sports, Squawka

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar

    Video Populer

    Foto Populer