Sukses


Bungkam Azerbaijan, Italia Amankan Tiket ke Piala Eropa

Bola.com, Baku - Italia berhasil mengunci satu tiket ke putaran final Piala Eropa 2016 sekaligus memberikan hadiah caps ke-150 untuk sang kapten, Gianluigi Buffon. Menghadapi Azerbaijan di Baku Arena, Sabtu (10/10/2015), Gli Azzurri menang 3-1.

Gol Italia dicetak Eder di menit ke-11, Stephan El Shaarawy pada menit ke-42, dan ditutup Matteo Darmian pada menit ke-65. Azerbaijan membalas lewat gol Dima Nazarov pada menit ke-31.

Dengan hasil ini, Italia memuncaki Grup H dengan 21 poin dari sembilan pertandingan. Mereka unggul dua poin dari Norwegia yang berada di bawahnya. Sedangkan tim tuan rumah ada di posisi ke-5 dengan enam poin.

Sejak menit awal pertandingan, Italia mendominasi penguasaan bola.  Matteo Darmian memiliki peluang untuk mendobrak pertahanan di sisi kanan. Italia mendapat tendangan bebas di dekat kotak penalti setelah Eder dijatuhkan oleh Dashdemirov di depan kotak penalti. Namun eksekusi Antonio Candreva melenceng dari target ppada menit ke-2.

Memasuki menit ke-11, Eder memecahkan kebuntuan. Marco Verratti bisa melihat celah di antara barisan pertahanan Azerbaijan. Ia mengangkat bola melewat kepala para pemain bertahan dan saat bola kembali menuju tanah, sudah ada Eder yang menyambarnya. Berhasil merusak perangkap offside, pria berdarah Brasil itu berada dalam situasi satu lawan satu dengan Agayev. Namun dia tak membuat kesalahan dan memasukkan bola di antara kaki sang kiper, skor pun berubah 1-0!

Di menit ke-17, Eder nyaris mencetak gol keduanya di pertandingan ini. Ia melakukan kontrol di dalam kotak penalti sebelum melepaskan sepakan ke arah gawang, namun Agayev melakukan penyelamatan sangat baik.

Akan tetapi pada menit ke-31, Italia keasyikan menyerang dan itu membuat fokus mereka terpecah belah. Azerbaijan akhirnya bisa menyamakan kedudukan. Passing super Gurbanov dituntaskan oleh Nazaroz, yang membuat Buffon tak berkutik ketika bola mengarah ke pojok bawah gawang. 1-1!

Sembilan menit jelang turun minum, Italia nyaris unggul 2-1 ketika Darmian mengirim crossing berbahaya ke arah kotak penalti, namun tendangan Stephan El Shaarawy hanya mengarah tipis di atas mistar gawang.

Pemain Milan yang kini sedang dipinjamkan ke AS Monaco membayar kesalahannya di menit ke-42. Striker Italia ini akhirnya mencetak gol dan membawa timnya memimpin. Umpan Candreva dituntaskan dengan sepakan dari jarak dekat. 

Italia semakin berada di atas angin di menit ke-65. Bola terlepas di luar kotak penalti Azerbaijan dimanfaatkan Darmian dengan sepakan ke arah pojok bawah gawang. Gli Azzurri kian dekat dengan penyegelan satu tiket ke Piala Eropa!

Meski sudah unggul dua gol, terpantau Antonio Conte masih berteriak kepada para pemainnya. Sepertinya mantan pelatih Juventus itu tak ingin anak asuhnya hilang fokus. Hasilnya Sebastian Giovinco yang masuk menggantikan Eder tampil semangat dan bisa merangsek masuk ke daerah berbahaya tuan rumah. Namun Badavi Huseynov menghamba lajunya dan wasit tak ragu memberikan kartu merah.

The Atomic Ant yang mendapat posisi bagus untuk melepaskan tendangan bebas mengeksekusinya dengan bagus. Dengan putaran bola yang kencang, sepakannya mengarah ke gawang pada menit ke-88. Ah! tapi si kulit bundar hanya membentur tiang! Hingga laga usai, skor 3-1 untuk Italia bertahan.

Italia pun lolos dan laga ke-150 Buffon bersama negaranya berakhir manis.

Susunan pemain:

Azerbaijan: 1. Agayev, 14. Sadiqov, 5. Medvedev, 2. Qarayev, 3. Huseynov, 19. Amirquliyev, 21. Dasdamirov, 22. Ismayilov (20. Mirzabayov 90+1'), 8. Israfilov (6. Sadiqov 66') , 13. Nazarov, 10. Qurbanov (11. Erat 74')

Italia: 1. Buffon, 19. Bonucci, 3. Chiellini, 4. Darmian, 2. De Sciglio, 6. Candreva (18. Montolivo), 10. Verratti, 16. Parolo, 9. Pelle, 17. Eder (20. Giovinco 79') , 14. S. El Shaarawy (5. Florenzi 74')

Video Populer

Foto Populer