Sukses


Sneijder: Kegagalan Belanda Kesalahan Kolektif Bukan Hanya Blind

Bola.com, Amsterdam - Danny Blind pelatih timnas Belanda berada dalam tekanan setelah gagal untuk memimpin De Oranje lolos ke Piala Eropa 2016. Namun, menurut pandangan Wesley Sneijder tak sepantasnya sang nakhoda dijadikan sasaran tembak hasil buruk yang dituai De Oranje. Kegagalan Belanda adalah kesalahan kolektif.

Wesley Sneijder menyebut semestinya pemain yang dipersalahkan. Playmaker Galatasaray mengatakan bahwa ada "banyak persoalan" di timnas Belanda. Sneijder berharap Danny Blind tetap diberi kesempatan melanjukan tugasnya pasca Kualifikasi Euro 2016.

Apa yang terjadi di timnas Belanda saat ini sebuah ironi. Tim Negeri Kincir Angin setahun silam menempati posisi tiga besar Piala Dunia 2014, kini Belanda yang dikenal dengan filosofi permainan indah Total Football seperti tim pesakitan.

Belanda harus menelan pil pahit tidak lolos ke putaran final Piala  Eropa 2016 setelah takluk 2-3 dari Ceska di laga terakhir babak kualifikasi Grup A di Stadion Amsterdam Arena, Rabu (14/10/2015) dini hari WIB.

Hasil ini membuat Belanda menyudahi babak kualifikasi di peringkat keempat dengan koleksi 13 poin. Sementara itu, Republik Ceska berhasil keluar sebagai juara Grup A setelah bercokol di puncak klasemen dengan 22 poin.

Blind yang menggantikan Guus Hiddink pada bulan Juli silam dinilai Sneijder tidak punya cukup waktu membenahi permainan timnas Belanda yang sudah sudah 'sakit' secara mental dan psikologis.

Sneijder mengakui bahwa De Oranje dihukum  atas kerapuhan lini pertahanan mereka. Walau begitu Sneijder menilai Blind tidak semestinya dipecat karena hal tersebut.

"Saya merasa kosong baik secara fisik dan mental. Jika Anda tahu Anda dituntut memenangkan pertandingan, Anda tidak semestinya membuang kesempatan dan melakukan banyak kesalahan. Ada banyak yang salah. Kita tahu Republik Ceska adalah tim yang bagus, kami dituntut menjaga kekompakan, dan kami mengecewakan," kata Sneijder.

"Saya pikir kami memiliki pembukaan yang fantastis, tetapi selanjutnya kami membuat banyak kesalahan, akhitnya kami dihukum karena hal tersebut. Semuanya berakhir," kata mantan pemain Real Madrid tersebut.

Wesley Sneijder berharap KNVB mengambil keputusan logis berkaitan dengan nasib Danny Blind pasca kegagalan timnas Belanda melaju ke Piala Eropa 2016. "Blind harus dipertahankan, tidak adil menumpukan kesalahan ke dirinya, ini adalah kegagalan kolektif. Pemain sebenarnya punya kesempatan mewujudkannya, namun kami gagal," kata Sneijder yang menyebut dirinya belum berniat pensiun dari timnas Belanda dalam waktu dekat.

Sumber: Sports Mole

Baca Juga:

Pelatih Belanda Konfirmasi Pertengkaran Van Persie dan Depay

Cruyff: Sangat Menyakitkan Lihat Permainan Belanda

Blind "Takjub" 15 Pemain Belanda Cedera

Video Populer

Foto Populer