Sukses


Fakta Menarik Pasca Barcelona Rengkuh Trofi Liga Champions

Bola.com, Berlin - Barcelona berhasil meraih trofi Liga Champions musim ini setelah membungkam Juventus di final. Bagi El Barca, ini adalah gelar juara Liga Champions yang kelima.

Bermain di Olympiastadion, Berlin, Minggu (7/6) dini hari WIB, Los Cules langsung tancap gas sejak peluit babak pertama dibunyikan. Tim asuhan Luis Enrique ini berhasil melepaskan delapan tembakan tepat sasaran. Sedangkan Juve, hanya menorehkan enam sepakan on target.

Tampil dominan, Barcelona akhirnya sukses mengalahkan I Bianconeri dengan skor 3-1. Ketiga gol Barcelona dicetak Ivan Rakitic (4'), Luis Suarez (68'), dan Neymar (90+7'). Sementara gol tunggal Juve disarangkan Alvaro Morata (55').

Berkat kemenangan ini, Blaugrana berhak atas trofi Liga Champions musim 2014/2015. Gelar tersebut sekaligus melengkapi prestasi El Barca di musim ini setelah sebelumnya menjuarai La Liga Spanyol serta Copa del Rey.

Bagi Barcelona, ini bukanlah treble winners yang perdana. Mereka juga pernah menorehkan hal serupa pada musim 2008/2009. Catatan gemilang itu, membuat Barca menjadi satu-satunya tim yang berhasil dua kali merengkuh tiga gelar dalam semusim.

Tapi ternyata, masih ada rekor fantastis lainnya yang sukses diukir Barcelona usai menjuarai Liga Champions musim ini. Apa sajakah itu? Berikut fakta menariknya seperti dilansir Infostrada:

1. Barcelona sukses meraih gelar juara Piala/Liga Champions yang kelima (1992, 2006, 2009, 2011, dan 2015). Koleksi gelar juara mereka hanya kalah dari AC Milan (7) dan Real Madrid (10).

2. Barcelona menyamai rekor Real Madrid sebagai tim yang berhasil meraih empat gelar juara di era Liga Champions (sejak musim 1992/1993).

3. Barcelona adalah tim pertama dalam sejarah sepak bola yang sukses dua kali meraih treble winners (La Liga, Copa del Rey, dan Liga Champions).

4. Barcelona selalu mampu meraih kemenangan di empat final terakhir dalam ajang Liga Champions. Sedangkan Juventus, selalu menelan kekalahan di empat final terakhir Liga Champions.

5. Juventus telah enam kali menelan kekalahan di final Piala/Liga Champions. Itu adalah catatan tertinggi dibandingkan klub Eropa lainnya.

6. Andres Iniesta adalah pemain pertama di Barcelona yang bermain di empat final Liga Champions. Dia juga tampil di musim 2006, 2009, dan 2011.

7. Neymar (bersama Santos musim 2011) adalah pemain yang yang sukses mencetak gol di final Liga Champions dan Copa Libertadores. Neymar mampu menyamai torehan Hernan Crespo ketika membela River Plate (Copa Libertadores 1996), dan AC Milan (Liga Champions 2005).

8. Neymar adalah pemain pertama yang selalu mencetak gol di dua laga perempatfinal, dua partai semifinal, dan final Liga Champions.

9. Patrice Evra adalah pemain pertama dalam sejarah yang selalu menelan kekalahan di final Liga Champions dengan tiga klub berbeda (AS Monaco, Manchester United, dan Juventus).

Baca Juga: 

Bek Barcelona ini Memiliki Ritus Kemenangan yang Aneh

Juara Liga Champions, Penggawa Barcelona Berpesta di Ruang Ganti

Luis Enrique Bungkam Soal Masa Depannya di Barcelona

Video Populer

Foto Populer