Sukses


Prediksi Barcelona vs Bayern Muenchen: Laga Sarat Emosi Guardiola

Bola.com, Barcelona - Partai melawan Barcelona menjadi laga yang sarat emosi bagi pelatih Bayern Muenchen, Pep Guardiola. Pelatiih berkebangsaan Spanyol itu akan menghadapi klub yang membesarkan namanya.

Babak semifinal Liga Champions musim 2014/2015 mempertemukan Barcelona melawan Bayern Muenchen. Leg pertama digelar di Estadio Camp Nou dini hari nanti, Kamis (7/5/2015) dini hari WIB.

Barcelona melangkah ke babak semifinal usai menekuk Paris Saint-Germain dengan agregat telak 5-1. Adapun, Bayern Muenchen melenggang dengan kemenangan agregat 7-4 melawan FC Porto.

Laga nanti memiliki arti tersendiri di benak Guardiola. Pasalnya, Barca adalah klub tempat Guardiola menimba ilum, baik sebagai pemain maupun pelatih.

Setelah gantung sepatu pada 2006 lalu, Guardiola menjejaki karier kepelatihan dengan membesut Barcelona B pada 21 Juni 2007. Hanya setahun di sana, Pep langsung ditunjuk sebagai pelatih tim utama Barca.

Sinar kebintangan Guardiola kian benderang saat menukangi Barca senior. Pelatih berusia 44 tahun itu masih tercatat sebagai pelatih tersukses Barca setelah mempersembahkan 14 gelar dalam kurun waktu empat tahun.

Usai memutuskan beristirahat selama setahun dari hingar-bingar dunia sepak bola, Pep melanjutkan kariernya dengan membesut Bayern Muenchen pada musim 2013/2014. Performa ciamik sukses Guardiola catatkan bersama Bayern. The Bavarians dibawanya menjadi juara Bundesliga tercepat sepanjang masa di musim pertamanya. Semusim setelahnya, Bayern dibawanya menjadi juara saat Bundesliga masih menyisakan tiga laga lagi.

"Sangat penting untuk menghormati Guardiola dan saya yakin semua itu harus terjadi secara spontan. Kami takkan mempersiapkan sesuatu. Takkan ada video atau hal lain," tutur Presiden Barca, Josep Bartomeu, seperti dinukil ESPN.

"Dia datang ke sini untuk menang, bukan untuk dihormati. Setelah pertandingan, kami akan memberikan ucapan selamat kepadanya. Saya rasa hubungan Guardiola dan Dewan Klub berakhir baik. Pintu Barca selalu terbuka bagi Guardiola. Saya yakin dia akan kembali lagi suatu saat nanti," sambung Bartomeu.

Sementara itu, Guardiola enggan larut dalam romansa masa lalu bersama Barca. Pria berkepala plontos itu lebih memilih fokus membicarakan perihal jalannya laga nanti.

"Sangat menyenangkan bisa kembali ke sini. Saya memiliki banyak sekali momen indah di sini. Saya menghabiskan waktu 30 tahun di sini," tutur Guardiola kepada Guardian.

"Tapi, kini saya adalah pelatih Bayern Muenchen dan saya datang untuk bermain. Itu tugas saya. Saya harus melakukannya sebaik mungkin. Saya merasa bahagia datang ke sini karena saya memiliki kesempatan membawa tim saya melaju ke final di Berlin," ia menambahkan.

2 dari 2 halaman

Berita Tim

Dua musim lalu, Barcelona dan Bayaren Muenchen bertemu pada babak yang sama. Pertarungan ini menandai musim terakhir Jupp Heynckes mengarsiteki Bayern. Hasilnya pun sangat mengejutkan, Bayern melenggang ke final dengan agregat kemenangan 7-0.

Berkaca dari statistik, Bayern boleh tertawa lebar. Pasalnya, Bayern jauh lebih unggul dibandingkan Barca. Dari delapan pertemuan di pentas Eropa, Die Roten memang lima, satu kali kalah dan sedangkan sisanya berakhir imbang.

Blaugrana menjamu Bayern dengan berbekal tren yang sangat positif. Raksasa asal Catalunya itu baru saja berpesta delapan gol tanpa balas di markas Cordoba dalam lanjutan kompetisi La Liga pada akhir pekan lalu.

Trio penyerang Lionel Messi, Luis Suarez dan Neymar semakin menunjukkan ketajaman yang seakan tidak bisa dihentikan. Kolaborasi ketiganya sudah menghasilkan 108 gol untuk Barcelona di musim ini. Kabar baik lagi bagi Barcelona, Enrique bakal bisa menurunkan para pemain terbaiknya dalam laga kali ini. Tak ada pemain yang cedera maupun harus menjalani akumulasi kartu. Untuk urusan penjaga gawang kembali diserahkan Marc-Andre Ter Stegen yang selama ini dipercaya tampil dalam pentas Eropa.

Dalam kunjungannya kali ini, Guardiola tidak bisa membawa pasukan terbaiknya. David Alaba, Holger Badstuber, Frank Ribery, Javi Martinez dan Arjen Robben harus melewatkan laga ini karena mengalami masalah cedera. Sedangkan Robert Lewandowski sudah dinyatakan siap beraksi.

Baca Juga:

Guardiola: Aneh Rasanya Jadi Lawan Barcelona

Gelandang Bayern Tak Gentar Hadapi Barcelona

Lewandowski Jadi Batman Kontra Barcelona

 

Video Populer

Foto Populer