Sukses


MotoGP Indonesia 2017: Kala Valentino Rossi Tampil di Sentul

Bola.com, Bogor - Pecinta balap motor Indonesia mendapatkan angin segar setelah sebuah wacana untuk menyelenggarkan ajang balap motor paling bergengsi di dunia, MotoGP. Indonesia memiliki kesempatan yang sangat terbuka untuk menggelar MotoGP Indonesia 2017.
Awal kabar baik ini muncul menyusul pertemuan pihak pengelola Sirkuit Sentul, Kementerian Pariwisata Indonesia, dan penyelenggara MotoGP (Dorna SL). Pada konferensi pers tersebut para perwakilan sedang mempertimbangkan peluang Indonesia menjadi tuan rumah MotoGP.

Untuk memuluskan mimpi tersebut, Menteri Pariwisata, Arief Yahya, siap mengerahkan segala kemampuan untuk membenahi Sirkuit Sentul agar layak menggelar MotoGP Indonesia 2017.

"Kalau untuk akomodasi, dari Dorna sudah mengakui kalau hotel dan lain sebagainya Indonesia sudah bagus. Yang paling utama adalah sirkuit. Saya mohon nanti semua pihak bisa membantu untuk memperbaikinya," ujar Arief Yahya.

"Ini kerja ramai-ramai. Keroyokan. Kita bisa bicara dengan BUMN untuk membantu. Kalau ramai-ramai tidak akan terasa beratnya," tambah Tinton Soeprapto selaku pengelola Sirkuit Sentul.

Rencana untuk menggelar MotoGP Indonesia 2017 tampaknya bukan hal yang mustahil. Pasalnya jika menilik ke belakang, Indonesia pernah mengadakan event serupa pada tahun 1996 dan 1997.

AKSI - Gaya Valentino Rossi ketika memacu motornya di ajang MotoGP

Kala itu, event pertama diadakan tahun 1996, dua tahun setelah Sirkuit Sentul dibangun. Indonesia ditunjuk menjadi satu dari tiga negara di Asia yang juga menggelar event balap motor paling bergengsi ini bersama Malaysia dan Jepang.

Pada MotoGP 1996 yang saat itu masih bernama GP 500 cc, pebalap Honda, Michael Doohan berhasil naik podium usai menjadi yang tercepat. Posisi kedua ditempati  Alex Barros dan jatah tempat ketiga direbut pebalap Yamaha, Loris Capirossi.

Tahun berikutnya, Indonesia masih dipercaya untuk menggelar ajang balap motor MotoGP. Trek sepanjang 4.12 km masih menggoda para pebalap terbaik dunia untuk menaklukkan sirkuit yang dibangun di daerah Bogor, Jawa Barat.

Pada gelaran GP 500 1997, giliran pebalap Jepang Tadayuki Okada, menjadi yang terbaik, mengalahkan Doohan dan Takuma Aoki, juga dari Honda, di posisi 2 dan 3.
Pada tahun ini, Max Biaggi yang nantinya bakal menjadi pesaing terberat Mick Doohan berhasil menjadi juara di kelas 250cc.

MUDA - Valentino Rossi muda yang akan berubah menjadi legenda balap MotoGP.

Pada musim ini pula, sang legenda balap dunia, Valentino Rossi turun untuk pertama kalinya di Sirkuit Sentul. Rossi yang membalap untuk tim Nastro Azzurro, sukses menjadi kampiun di kelas 125cc.

Kesuksesan menggelar dua event balap motor paling bergengsi di dunia harus berhenti setelah krisis moneter menimpa Indonesia pada tahun 1997. Indonesia harus rela tak lagi menjadi tuan rumah MotoGP hingga sekarang. Itu berarti sudah 18 tahun Indonesia tak lagi menggelar ajang MotoGP dan salah satu harapan mengulang prestasi tersebut ketika rencana menggelar MotoGP Indonesia 2017.

Baca juga:

Indonesia Buka Kans Gelar MotoGP di 2017

Valentino Rossi Minta Maaf ke Marc Marquez

Valentino Rossi: Empat Kandidat Juara Dunia MotoGP Musim Ini

Video Populer

Foto Populer