Sukses

Sirkuit MotoGP: Catalunya, Trek Sulit yang Disukai Pebalap

Bola.com, Catalunya - Sirkuit Catalunya merupakan salah satu sirkuit dengan desain terbaik di dunia. Dibangun pada 1989, sirkuit sepanjang 4,7 kilometer ini awalnya digunakan untuk ajang F1 pada 1991. Sirkuit ini baru menjadi tuan rumah lomba balap motor grand prix pada 1996.

Sirkuit Catalunya terletak di Montmelo, Barcelona, Spanyol. Sampai 2013, sirkuit yang mampu menampung lebih dari 140 ribu penonton ini masih bernama Sirkuit Catalunya. Namun, setelah menjalin kerja sama sponsorship dengan Dewan Kota Barcelona, sirkuit itu kini dikenal dengan nama Sirkuit Barcelona-Catalunya.

Sirkuit Catalunya disebut-sebut sebagai sirkuit tersulit dalam kalender MotoGP. Karakteristik sirkuit yang memiliki 13 tikungan ini sangat tidak disukai para teknisi tim.

Sirkuit ini memiliki segala aspek negatif sirkuit yang menyulitkan teknisi untuk menemukan setelan terbaik motor, mulai dari trek lurus berkecepatan tinggi yang diakhiri dengan heavy breaking, tikungan melengkung datar, permukaan trek yang bergelombang, sampai kontur tanah yang berbukit-bukit.

Cuaca yang tak bisa ditebak menambah tingkat kesulitan para teknisi. Kondisi cuaca bisa berubah-ubah dari pagi sampai sore. Akibatnya temperatur trek juga berubah-ubah, yang membuat pemilihan ban menjadi sangat sulit. Belum lagi perubahan arah angin pada pagi dan sore hari.

Sirkuit Catalunya (hondaracingcorporation.com)

Meski karakteristiknya menyulitkan, tapi para pebalap sangat menyukai Sirkuit Catalunya. Alasannya apalagi kalau bukan atmosfer dari penonton yang selalu berjubel pada race weekend.

Pada 2009, Sirkuit Catalunya menjadi saksi salah satu balapan paling seru sepanjang sejarah MotoGP. Kala itu, Valentino Rossi bertarung dengan Jorge Lorenzo sepanjang lomba. Duel itu akhirnya dimenangi Rossi lewat sebuah manuver ciamik pada tikungan terakhir. Aksi The Doctor mendapat pujian dari para pengamat dan sesama pebalap.

Rossi merupakan pebalap tersukses di Sirkuit Catalunya. Pebalap asal Italia itu sudah tujuh kali menang di sana (kelas 500cc/MotoGP), termasuk pada musim 2016.

Pada 2016, terjadi insiden kecelakaan maut di Sirkuit Catalunya yang merenggut nyawa pebalap Moto2 asal Spanyol, Luis Salom. Buntut dari insiden tersebut, layout sirkuit akhirnya dimodifikasi dengan menambah chicane baru di antara tikungan 12 dan 13.

Data dan Fakta Sirkuit Catalunya

Nama: Catalunya Circuit (Circuit de Barcelona-Catalunya)

Lokasi: Montmelo, Barcelona, Catalunya, Spanyol

Panjang: 4,7 kilometer

Lebar trek: 12 meter

Trek lurus terpanjang: 1047 meter

Jumlah tikungan: 13 tikungan (5 ke kiri dan 8 ke kanan)

Jumlah lap: 25

Jarak total: 118,2 km

Pebalap paling sering menang di kelas 500cc/MotoGP: Valentino Rossi (7 kali)

Pole terbanyak: Valentino Rossi (4 kali)

Juara musim 2016: Valentino Rossi

Rekor fastest lap (2015): Aleix Espargaro (1 menit 40,546 detik)

Rekor sirkuit (2014): Marc Marquez (1 menit 42,182 detik)

Rekor pole terbaik (2015): Aleix Espargaro (1 menit 40,546 detik)

Rekor top speed (2015): Marc Marquez (347,1 km/jam)

0 Komentar

Belum ada komentar

    Video Populer

    Foto Populer