Sukses


Dani Pedrosa Kembali Balapan pada MotoGP Valencia

Bola.com, Valencia - Dani Pedrosa akan kembali turun lintasan setelah absen dalam tiga balapan terakhir akibat cedera pada MotoGP Valencia, Minggu (13/11/2016). Kepastian itu diumumkan tim Pedrosa, Repsol Honda, pada Senin (7/11/2016).

"Setelah absen dalam tiga balapan, Dani Pedrosa akan kembali ke paddock MotoGP pada akhir pekan ini untuk menjalani seri ke-18 musim 2016," demikian pernyataan resmi Repsol Honda Team di situs resmi mereka.

Pedrosa mengalami kecelakaan hebat pada sesi latihan bebas kedua (FP2) MotoGP Jepang di Twin Ring Motegi, 14 Oktober 2016. Akibat insiden itu, Pedrosa mengalami patah tulang di tiga bagian, yaitu tulang selangka kanan, tulang fibula kaki kanan, dan tulang metatarsal keempat kaki kiri. Pedrosa lalu menjalani operasi di Barcelona dan menjalani rehabilitasi.

Cedera tersebut memaksa Pedrosa absen pada seluruh rangkaian flyaway races (tiga balapan beruntun di Jepang, Australia, dan Malaysia). Saat Pedrosa absen, posisinya digantikan Hiroshi Aoyama (Jepang dan Malaysia) dan Nicky Hayden (Australia).

Berselang tiga pekan usai operasi, kondisi Pedrosa membaik. Setelah berdiskusi dengan dokter dan tim, Pedrosa akhirnya mendapat lampu hijau untuk kembali balapan pada seri pamungkas musim 2016 di Valencia.

"Tiga pekan terakhir tak mudah karena rasa sakit, terutama setelah operasi, dan juga karena saya merindukan balapan di beberapa trek favorit saya. Namun, setelah saya memulai rehabilitasi, perlahan semuanya mulai membaik. Prediksi saya bisa kembali balapan di Valencia juga menambah semangat saya pada momen sulit," kata Dani Pedrosa.

Pedrosa punya rekor bagus di Valencia. Pebalap asal Spanyol itu tercatat sudah enam kali menang di Ricardo Tormo pada 2002 (125cc), 2004-2005 (250cc), serta 2007, 2009, dan 2012 (MotoGP).

"Kami masih belum yakin bagaimana feeling saya saat kembali menggeber motor. Apapun itu, saya tetap senang bisa kembali balapan dan beraksi di depan fans saya. Saya menyukai trek Valencia dan punya memori indah di sana," ujar Pedrosa, yang kini berada di posisi keenam klasemen sementara pebalap.

Repsol Honda menyambut hangat kembalinya Dani Pedrosa. Saat Pedrosa absen, Repsol Honda kehilangan banyak poin. Aoyama dan Hayden total hanya menyumbang dua poin. Rekan setim Pedrosa, Marc Marquez, juga dua kali jatuh di Australia dan Malaysia.

Akibatnya, Repsol Honda disalip Movistar Yamaha yang kini memuncaki klasemen tim dengan keunggulan 10 poin. Pada balapan terakhir di Malaysia, Movistar Yamaha sukses meraih dobel podium.

Peluang Repsol Honda merebut titel tim belum tertutup. Jika Marc Marquez dan Dani Pedrosa finis 1-2 di Valencia, kesempatan Honda mencetak hattrick juara pada MotoGP 2016 terbuka lebar. Honda sudah menyabet titel pebalap lewat Marquez. Di sisi lain, Honda juga unggul 21 poin atas Yamaha di klasemen konstruktor.

Video Populer

Foto Populer