Sukses


25 Fakta dan Ritual Unik Bintang MotoGP, Valentino Rossi

Bola.com, Jakarta - Popularitas Valentino Rossi sebagai bintang MotoGP sudah mencuat sejak bertahun-tahun silam. Berbagai sisi kehidupan pebalap berjuluk The Doctor tersebut, baik di dalam maupun di luar lintasan, selalu menjadi perhatian jutaan fansnya dari berbagai penjuru dunia. 

Salah satu kebiasaan unik Rossi adalah mengeluarkan helm berdesain khusus pada balapan di MotoGP Mugello (Italia) dan MotoGP san Marino. Dua seri tersebut merupakan "balapan kandang" bagi pria yang kini berusia 37 tahun tersebut. 

Selain itu, Rossi juga punya berbagai fakta menarik yang mengiringi kehidupan maupun kariernya di ajang balap motor. Salah satunya adalah rekor sebagai pebalap pertama yang mampu memenangi dua balapan beruntun dengan menggunakan motor dari dua pabrikan yang berbeda. 

Ada pula fakta seputar rivalitasnya dengan beberapa pebalap seperti Max Biaggi, Casey Stoner maupun Jorge Lorenzo, yang menjadi warna tersendiri dalam karier gemilang Valentino Rossi

Berikut ini 25 fakta dan ritual menarik Valentino Rossi baik di dalam maupun luar lintasan balap motor yang dirangkum dari berbagai sumber: 

1. Rossi dikenal karena ritual khas sebelum balapan. Dia bakal berdiri dua meter di belakang motor dan meraih ujung kaki dengan tangannya. Setelah itu dia akan jongkok di dekat motornya dan memegang foot ped bagian kanan serta menundukkan kepala.

2. Pada saat wawancara dengan MotoGP.com, Rossi mengaku selalu turun dari sepeda motor dari sisi yang sama saat naik. 

3. Meskipun telah menjadi juara dunia sebanyak sembilan kali dan seharusnya memakai nomor 1 di motornya, Rossi memilih tetap menggunakan nomor 46 yang dipakai ayahnya saat memenangi grand prix pada 1979. Pebalap yang berjuluk The Doctor itu memilih menggunakan nomor satu di bahu. 

4. Valentino juga dijuluki "Stabilo" oleh komentator MotoGP, Toby Moody dan Julian Ryder, karena kegemarannya menggunakan warna kuning neon pada desain leather di motornya. 

5. Valentino Rossi juga mendapat nickname "Kambing" dari beberapa jurnalis TV dan mantan rekan setimnya, Colin Edwards.

2 dari 5 halaman

6. Rossi mengendarai Ford Focus RS WRC 07 pada Rally of Great Britain 2008 dan finis di posisi ke-12, dengan margin 13 menit dan 20,04 detik di belakang sang pemenang, Sebastian Loeb.

7. Rossi lahir di Urbino, Marche, Italia pada 16 Januari 1979 dari pasangan Graziano Rossi (mantan pebalap motor) dan Stefania. Seperti ayahnya, dia sudah menyukai balapan saat masih bocah, tepatnya 5 tahun dan mengganti mesin 60cc pada karting pertamanya dengan mesin 100cc. 

8. Dia memenangi berbagai lomba karting dan mungkin akan berakhir menjadi pebalap F1 jika bukan karena melambungnya harga mobil karting. Dia memenangi kejuaraan karting untuk kali pertama pada 1990. Dia kemudian berkonsentrasi di ajang minimoto pada 1992 dan 1993.  

9. Rossi pernah menjajal menggeber mobil F1 Ferrari pada sebuah tes di tahun 2006. The Doctor berhasil menjadi yang tercepat kesembilan pada hari kedua, hanya satu detik di belakang Michael Schumacher. Dia bahkan lebih baik daripada David Coulthard dan Mark Webber. 

10. Rossi memiliki vila pribadi di Ibiza, dekat Spanyol. Dia juga pernah pindah ke London saat masih bersama Honda. 

3 dari 5 halaman

2

11. Gara-gara mengenakan jaket balap dan motor yang bertuliskan nama perusahaan minyak Repsol, Rossi pernah mendapat ancaman dari gerakan garis keras Italia-Spanyol. Gerakan tersebut dikenal suka mengirimkan bom parsel untuk orang penting di Spanyol atau Italia. 

12. Pada 2007, Sports Illustrated memperkirakan Rossi berpenghasilan 34 juta dolar AS, yang membuatnya sebagai salah satu atlet berpenghasilan tertinggi di dunia. Pada 2009, Forbes juga menempatkan Rossi pada posisi kesembilan dalam daftar atlet bergaji tertinggi di dunia.  

13. Rossi memenangi MotoGP Argentina pada 2015 dan menggunakan jersey sepakbola Diego Maradona saat di podium. Sebagai balasannya, Maradona mengucapkan selamat kepada Rossi melalui Facebook. 

14. Selama pertengahan 1990-an, rivalitas Rossi dan Max Biaggi sudah berkembang, meskipun mereka baru bersaing di lintasan pada tahun 2000. Setelah Rossi memenangi dua gelar juara dunia beruntun, rivalitas tersebut memudar. 

15. Rossi punya hubungan baik dengan sponsor jaket balap, Dainese, sejak mengawali kariernya di ajang Grand Prix. Dia bahkan tak berganti sponsor saat bergabung dengan Yamaha dan Ducati, meskipun kedua tim punya sponsor masing-masing. 

4 dari 5 halaman

3

16. Rossi merupakan fan berat klub sepak bola, Inter Milan. Klub tersebut mengucapkan selamat saat Rossi juara dunia MotoGP 2008 dan 2009 melalui situs resmi mereka. 

17. Rossi meraih gelar juara dunia 500cc untuk kali pertama pada 2011, dengan memenangi 11 dan mengoleksi 325 poin. Posisi runner up ditempati Max Biaggi dengan margin 106 poin. 

18. Musim pertamanya di kelas 500cc tak berjalan mulus. Rossi baru memenangi balapan untuk kali pertama setelah delapan kali gagal bersama Honda. Dia hanya memenangi dua seri pada musim itu: Inggris dan Brasil.

19. Pebalap Australia yang memperkuat Ducati, Casey Stoner, merupakan rival utama Rossi pada 2007. Stoner berhasil memenangi balapan pertama tahun itu dan juga menyabet gelar juara dunia.  

20. Rossi memulai rivalitas dengan rekan setimnya yang baru di Yamaha, Jorge Lorenzo, pada 2008. Rossi berhasil menjadi juara dunia pada musim 2008 dan 2009, namun Lorenzo akhirnya bisa membalas jadi juara dunia pada 2010.  

5 dari 5 halaman

21. Pada 2004, Rossi menjadi pebalap pertama yang mampu memenangi dua balapan beruntun dengan pabrikan berbeda. Mengendarai motor Yamaha YZR-M1, Rossi memenangi balapan pembuka musim di Welkom, Afrika Selatan, setelah pada balapan pamungkas musim 2003 menangi dengan motor Honda RC211V.  

22. Saat memenangi MotoGP Belanda pada 2009, dia menjadi pebalap kedua yang mampu juara grand prix sebanyak 100 kali setelah Giacomo Agostini. 

23. Setelah munculnya berbagai spekualiasi, Rossi bergabung dengan Ducati pada 2011 dengan kontrak berdurasi dua tahun. Untuk kali pertama dalam kariernya, dia finis tanpa satu kali pun kemenangan dan bercokol di posisi ketujuh klasemen akhir.

24. Rossi dikenal dengan kebiasaan mengeluarkan helm berdesain khusus di seri MotoGP Mugello dan MotoGP San Marino.  

25. Valentino Rossi merupakan pemilik tim balap "Sky Racing 46". Tim tersebut menjalani debut balapan di Moto3 pada 2014. 

 

 

Video Populer

Foto Populer