Sukses


MotoGP Valencia: Arena Duel 2 Matador, Marquez Vs Lorenzo

Bola.com, Valencia - Balapan MotoGP Valencia, Minggu (13/11/2016), akan menutup tirai musim 2016. Meski gelar juara dunia sudah direbut pebalap Repsol Honda Marc Marquez, lomba di Sirkuit Ricardo Tormo itu tak kehilangan daya tarik.

Fans masih menanti apakah MotoGP Valencia bakal menghadirkan juara ke-10. Sepanjang musim 2016, sudah ada sembilan rider yang mampu meraih kemenangan atau yang terbanyak sepanjang sejarah. Mengingat musim ini sulit diprediksi, maka segalanya masih bisa terjadi.

Beberapa pebalap juga datang ke Valencia dengan membawa misi khusus, yaitu memberikan kado perpisahan terindah kepada tim saat ini sebelum berganti seragam pada musim 2017. Hasrat mencatat hasil terbaik sebelum hengkang berpotensi membuat balapan berjalan sengit.

TREK

MotoGP Valencia akan digelar di Sirkuit Ricardo Tormo. Sirkuit yang terletak di pinggiran kota Valencia itu memiliki desain yang cukup unik karena berbentuk seperti stadion sehingga penonton bisa leluasa melihat aksi para pebalap dari berbagai sudut sirkuit.

Ricardo Tormo memiliki panjang 4 km dan berlawanan dengan arah jarum jam. Treknya sempit dan karakteristiknya lambat dengan 13 tikungan (delapan ke kiri dan lima ke kanan) dan trek lurus terpanjangnya hanya 650 meter.

DUEL KUNCI

MotoGP Valencia diperkirakan bakal menjadi arena pertarungan dua matador asal Spanyol, Marc Marquez versus Jorge Lorenzo. Ada empat alasan yang mendukung prediksi ini.

Pertama, Lorenzo dan Marquez menguasai sesi latihan bebas Jumat (11/11/2016). Lorenzo menjadi yang tercepat dengan keunggulan tak sampai 0,3 detik atas Marquez. Jika cuaca tetap bersahabat dan tak ada kejadian luar biasa, dominasi keduanya bisa berlanjut hingga sesi kualifikasi dan lomba.

Alasan kedua adalah faktor sejarah. Lorenzo dan Marquez sama-sama punya rekor ciamik pada MotoGP Valencia dan merupakan pemenang tiga edisi terakhir. Marquez naik podium teratas pada 2014. Sementara itu, Lorenzo jadi juara di Cheste pada 2010, 2013, dan 2015. Kemenangan pada tahun lalu sekaligus memastikan Lorenzo merebut titel MotoGP ketiga sepanjang karier.

Ketiga, Marquez dan Lorenzo datang ke Valencia dengan target tinggi. Marquez ingin kembali ke jalur kemenangan dan menutup musim juaranya dengan manis setelah menelan kekecewaan pada dua seri terakhir.

Di sisi lain, Lorenzo mengejar kemenangan pada balapan terakhir bersama Yamaha sebelum hijrah ke Ducati. Setelah meraih tiga mahkota juara dunia dan mencatat 43 kemenangan bareng Tim Garpu Tala, X-Fuera tentu menginginkan akhir yang indah.

Alasan terakhir adalah perebutan dua gelar tersisa, yaitu titel konstruktor dan tim. Tim Marquez, Honda, sedang bersaing ketat dengan Yamaha, tim yang diperkuat Lorenzo.

Untuk titel konstruktor, Honda berada di atas angin dengan keunggulan 21 poin atas Yamaha. Namun, untuk gelar tim, Repsol Honda tertinggal 10 poin dari Movistar Yamaha. Demi membantu pabrikan masing-masing meraih gelar, tak ada cara lain bagi Marquez dan Lorenzo kecuali meraup poin maksimal pada MotoGP Valencia.

Sorotan Lain dan Prediksi

SOROTAN LAIN

Pabrikan baru, KTM, akan melakoni debut pada MotoGP Valencia dengan menurunkan pebalap penguji Mika Kallio lewat jalur wild card. Balapan di Valencia akan menjadi tes pertama motor RC16 dalam lomba sebelum dipakai Bradley Smith dan Pol Espargaro secara penuh pada musim 2017.

Pada dua sesi latihan bebas awal, Kallio masih belum bisa bersaing dengan tim lain. Dia menempati posisi buncit dan terpaut tiga detik lebih dengan pebalap tercepat, Lorenzo.

PREDIKSI

Pebalap Spanyol mendominasi balapan MotoGP Valencia. Dari 17 kali digelar, delapan di antaranya dimenangkan oleh rider Spanyol, termasuk pada empat edisi terakhir. Rider non-Spanyol terakhir yang menang di Valencia adalah pebalap Honda, Casey Stoner (Australia), pada 2011. Melihat faktor sejarah, kemungkinan besar pebalap tuan rumah masih akan berpesta di kandang sendiri.

Lorenzo dan Marquez jadi kandidat terkuat. Namun, jangan lupakan nama-nama lain seperti Valentino Rossi (Movistar Yamaha), Maverick Vinales (Suzuki), Andrea Iannone dan Andrea Dovizioso (Ducati), serta Cal Crutchlow (LCR Honda) yang punya modal lebih dari cukup untuk menjadi juara. Bahkan, tak menutup kemungkinan ada rider lain yang bikin kejutan untuk menjadi pemenang ke-10 pada musim ini.

Marc Marquez sudah tak punya tekanan harus menang sehingga bisa ngotot mengejar kemenangan. Namun, melihat misi yang diusung, rasanya Jorge Lorenzo bakal tampil agresif dan naik podium teratas MotoGP Valencia.

Video Populer

Foto Populer