Sukses


4 Calon Rookie Terbaik MotoGP 2017

Bola.com, Jakarta - Beberapa nama pebalap akan pindah tim dan menunggangi motor baru pada MotoGP 2017 seperti halnya Jorge Lorenzo yang hengkang ke Ducati dan Maverick Vinales yang berlabuh ke Movistar Yamaha. Kedua nama tersebut menjadi sorotan selama jeda musim balap dan ditunggu penampilannya bersama motor anyar masing-masing musim depan.

Selain beberapa pebalap yang pindah tim pada MotoGP 2017, penampilan rider-rider debutan yang akan menjajal ketatnya kompetisi kelas utama juga patut untuk dinantikan. Setidaknya bakal ada empat wajah baru yang tampil dengan timnya masing-masing pada musim depan.

Alex Rins yang direkrut oleh Suzuki Ecstar cukup menyita banyak perhatian karena pabrikan asal Jepang tersebut entah mengapa lebih memilih menggunakan jasa pebalap rookie, ketimbang mempertahankan Aleix Espargaro yang lebih sarat pengalaman. Rins akan bertandem dengan Andrea Iannone yang diplot untuk menggantikan posisi yang ditinggalkan oleh Vinales di tim Suzuki.

 

Bintang Moto2, Alex Rins, resmi bergabung dengan Suzuki pada MotoGP 2017. (Motorcyclenews)

Manajer Tim Suzuki Ecstar, Davide Brivio, mengaku siap untuk menjadikan Alex Rins menjadi sehebat dan sefenomenal Vinales. Pabrikan asal Jepang itu akan menyiapkan Rins dengan cara dan strategi yang sama seperti Vinales.

Lalu siapa tiga wajah baru selain Rins yang bakal menjalani debut pada MotoGP 2017? Berikut Bola.com akan berikan daftarnya.

2 dari 4 halaman

Jonas Folger

Jonas Folger

Tech 3 Yamaha resmi mengontrak pebalap Moto2, Jonas Folger, untuk balapan MotoGP 2017. Folger dinilai menjadi pendamping yang pas buat Pol Espargaro musim depan.

Pebalap 22 tahun itu dikontrak selama satu musim dengan opsi penambahan kontrak. Pebalap asal Jerman ini bakal mengisi posisi Bradley Smith yang memilih hijrah ke KTM musim depan.

Sebelumnya ada beberapa nama yang masuk dalam daftar bidikan. Mereka adalah Sam Lowes, Johan Zarco, Alex Rins dan Jonas Folger. Namun, dari empat nama tersebut memang Folger yang masih bebas dan tak terikat tim manapun.

3 dari 4 halaman

Johann Zarco

Johann Zarco

Johann Zarco melengkapi daftar pebalap Tech 3 Yamaha untuk MotoGP 2017. Tim yang bermarkas di Prancis itu secara resmi mengumumkan telah mengontrak juara dunia Moto2 2015, Johann Zarco, jelang MotoGP Jerman di Sirkuit Sachsenring, Kamis (14/7/2016).

Zarco diikat selama setahun dengan opsi perpanjangan pada MotoGP 2018. Rider asal Prancis itu akan berduet dengan sesama jebolan Moto2, Jonas Folger, yang sudah lebih dulu bergabung.

Zarco dan Folger menggantikan dua pebalap Tech 3 saat ini, Bradley Smith dan Pol Espargaro. Keduanya bakal membela tim pabrikan baru, KTM, pada musim 2017.

Zarco sebelumnya sempat melakukan tes motor dengan Suzuki di Jepang pada Juni. Namun, Suzuki lebih memilih Alex Rins ketimbang rider berusia 25 tahun itu.

Zarco menjadi pebalap Moto2 keempat yang promosi ke kelas primer pada musim depan setelah Sam Lowes (Aprilia), Rins, dan Folger.

Keputusan Yamaha Tech 3 ini membuat tim tersebut menurunkan dua pebalap debutan untuk pertama kali sejak musim perdana mereka di MotoGP pada 2001. Kala itu, Tech 3 mengandalkan dua lulusan kelas 250cc, Olivier Jacque (Prancis) dan Shinya Nakano (Jepang).

4 dari 4 halaman

Sam Lowes

Sam Lowes

Nama terakhir yang akan menjalani debut di kelas MotoGP musim depan adalah Sam Lowes. Pebalap yang naik kasta dari kelas Moto2 itu akan bergabung dengan tim Aprilia Gresini dan bertandem dengan Aleix Espargaro.

Lowes sejatinya telah resmi menjadi pebalap Aprilia sejak 2016, tapi dia hanya menghabiskan tahun pertamanya sebagai test rider dan tetap berada di kelas Moto2. Rider asal Inggris itu baru akan resmi turun di MotoGP pada tahun kedua dan ketiga.

Dengan keuntungan sebagai tes rider, Lowes memiliki kesempatan untuk mengenal motor RS-GP milik Aprilia lebih banyak ketimbang pebalap-pebalap debutan lainnya. Tes pertama Lowes di kelas MotoGP bersama Aprilia terjadi di Sirkuit Misano Juli 2016.

 

 

Video Populer

Foto Populer