Sukses

Kaleidoskop MotoGP 2016

Bola.com, Jakarta - Balapan MotoGP musim 2016 resmi berakhir pada 13 November 2016. Jorge Lorenzo menjadi pebalap yang memenangi seri terakhir di Sirkuit Valencia, 13 November 2016.

 

Namun, gelar juara dunia MotoGP 2016 direbut pebalap Repsol Honda, Marc Marquez. Dia mampu mengalahkan pesaing terberatnya, Valentino Rossi, yang harus puas menempati posisi runner up lagi.

Sejumlah fakta menarik dan juga kejadian penting terjadi sepanjang musim 2016. Mulai dari keputusan Lorenzo pindah ke Ducati hingga rekor baru yang diciptakan Jack Miller dan Cal Crutchlow.

Selain itu, MotoGP 2016 juga menciptakan rekor tersendiri dalam hal jumlah pemenang. Pada musim ini, ada 9 pebalap berbeda yang memenangi seri balapan MotoGP. Ini menandakan persaingan di MotoGP kian sengit setiap tahunnya.

Lantas apa lagi yang menarik dari MotoGP 2016? Berikut ini beberapa momen penting dan menarik yang terjadi di MotoGP sepanjang musim 2016 yang dirangkum Bola.com:

25 Januari - Valentino Rossi Datang ke Bali

Pebalap Italia, Valentino Rossi, mengunjungi Bali untuk menghadiri pertemuan nasional diler PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) dan Yamaha Motor Company (YMC) Jepang. Dia juga memperkenalkan beberapa produk baru Yamaha, Xabre 150, di hadapan tamu undangan di Mulia Resort, Nusa Dua, Bali.

Rossi menginjakkan kaki di Pulau Dewata, pada Senin sore (25/1/2016). Rossi pertama kali terlihat keluar dari pintu keluar Bandara Ngurah Rai, Denpasar, pada pukul 17.00 WITA. Meski pebalap Yamaha itu mendapat pengalawan ketat, para penggemar tetap berusaha untuk bisa lebih dekat dengan sang pebalap pujaan.

14 Februari - Repsol Honda Luncurkan Tim di Sirkuit Sentul

Tim MotoGP, Repsol Honda, meluncurkan tim mereka untuk balapan musim 2016 di Sirkuit Sentul, Bogor. Kegiatan ini dihadiri langsung bos Honda, Shohei Matsunaga dan Livio Suppo.

Selain mempertontonkan motor baru mereka, Repsol Honda juga menghadirkan Dani Pedrosa dan Marc Marquez. Keduanya pun berkesempatan untuk menyapa para penggembar di Indonesia.

20 Maret - Jorge Lorenzo Menangi Seri Pembuka

MotoGP 2016 dibuka dengan seri Qatar yang berlangsung di Sirkuit Losail. Jorge Lorenzo yang berstatus juara bertahan sukses menjadi pemenang. Dia mengalahkan Andrea Dovizioso (Ducati) dan Marc Marquez (Honda) yang finis kedua dan ketiga.

1 dari 3 halaman

2

18 April - Jorge Lorenzo ke Ducati

Keputusan mengejutkan dibuat Jorge Lorenzo. Pebalap asal Spanyol itu memutuskan untuk mengakhiri kerja sama dengan Yamaha yang sudah terjalin dalam delapan musim terakhir. X-Fuera memutuskan menerima tawaran dari Ducati untuk menggendarai Desmosedici GP17.

19 Mei - Movistar Yamaha Rekrut Maverick Vinales

Movistar Yamaha resmi merekrut Maverick Vinales sebagai pengganti Jorge Lorenzo. Pebalap asal Spanyol itu diikat kontrak selama dua musim. Sebagai gantinya, Suzuki merekrut Andrea Iannone dari Ducati. Menariknya, Iannone terpaksa pindah karena kehadiran Lorenzo.

26 Juni - Jack Miller Ciptakan Kejutan di Sirkuit Assen

Pebalap Marc VDS, Jack Miller, membuat kejutan pada balapan MotoGP Belanda di Sirkuit Assen. Pria asal Australia itu memenangi balapan yang berlangsung di trek basah akibat hujan tersebut. Miller mengalahkan Marc Marquez yang finis pada posisi kedua. Sementara Valentino Rossi gagal melanjutkan balapan.

21 Agustus - Cal Crutchlow Mencetak Sejarah di MotoGP

Pebalap LCR Honda, Cal Crutchlow, membuat kejutan dengan menjuarai balapan MotoGP Brno. Ini merupakan kemenangan pertama Crutchlow pada kelas MotoGP sepanjang kariernya. Selain itu, kemenangan Crutchlow menjadikannya sebagai pebalap Inggris pertama yang memenangi balapan kelas Grand Prix sejak tahun 1981. Pebalap Inggris terakhir yang pernah menjadi juara pada ajang Grand Prix adalah barry Sheene.

2 dari 3 halaman

3

 9 September - Maverick Vinales Raih Kemenangan Perdana di MotoGP

Pebalap Suzuki Ecstar, Maverick Vinales, keluar sebagai pemenang pada balapan MotoGP Inggris di Sirkuit Silverstone. Ini merupakan kemenangan pertama Vinales pada ajang MotoGP. Pebalap asal Spanyol itu menyelesaikan balapan dengan catatan waktu 39 menit 3,559 detik. Dia unggul atas pebalap LCR Honda, Cal Crutchlow, dan jagoan Movistar Yamaha, Valentino Rossi.

16 Oktober - Marc Marquez Juara Dunia MotoGP 2016

Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, secara dramatis berhasil menjadi juara dunia MotoGP 2016 setelah memenangi balapan MotoGP Jepang di Twin Ring Motegi. Marquez menyegel titel karena duo Yamaha, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo, gagal finis akibat crash.

Bagi Marquez, ini merupakan titel ketiganya di MotoGP atau yang kelima sepanjang karier di kejuaraan dunia balap motor grand prix. Pada 2014, Marquez juga menyegel titel di Motegi. Namun, gelar kali ini terasa lebih manis karena terjadi pada ulang tahun ke-50 Honda di grand prix.

15 November - Jorge Lorenzo dan Maverick Vinales Jajal Motor Tim Baru

Jorge Lorenzo dan Maverick Vinales akhirnya merasakan bagaimana mengendarai motor tim baru mereka. Lorenzo mengendarai Desmosedici milik Ducati pada tes pasca-musim MotoGP di Sirkuit Valencia. Sementara Vinales menjajal motor Yamaha YZR-M1.

Vinales meraih hasil memuaskan dengan menjadi yang tercepat pada dua sesi tes yang berlangusng dua hari tersebut. Sementara Lorenzo memperlihatkan potensi menjanjikan bersama Ducati.

0 Komentar

Belum ada komentar

    Video Populer

    Foto Populer