Sukses


Pebalap Debutan MotoGP Tak Malu Mencontek Gaya Balap Lorenzo

Bola.com, Jakarta - Pebalap debutan MotoGP, Jonas Folger, mengaku meniru gaya balap Jorge Lorenzo ketika menjajal motor MotoGP untuk kali pertama. Folger mendapatkan kesempatan tampil dengan motor milik Yamaha Tech 3 di Sirkuit Valencia, sehari setelah balapan MotoGP seri penutup digelar di sirkuit jalanan tersebut.

"Saya sebetulnya tidak mencari seseorang buat diikuti. Namun saya memiliki kesempatan untuk mengikuti Jorge dan hal tersebut sangat menarik," kata Folger.

Hasilnya, dalam tes resmi tersebut Folger berada di peringkat 16 pada hari pertama. Rider asal Jerman itu kemudian naik ke posisi 10 pada hari kedua tes.

"Jorge adalah rider dengan gaya balap yang halus. Saya masih harus banyak belajar soal hal itu. Biasanya, pebalap melaju kencang, mengerem, dan membuka gas dengan kencang. Namun mengemudikan motor MotoGP dengan halus adalah hal yang sulit dilakukan," lanjut pebalap berusia 23 tahun itu.

Folger memiliki kesempatan untuk melakukan tes privat pada akhir November di sirkuit Sepang, Malaysia. Hal tersebut membuat Folger makin mengenal karakter motor MotoGP.

"Mengendarai motor MotoGP sangat berbeda dibanding motor Moto2 atau Moto3. Hal yang paling mengejutkan adalah motor dengan tenaga besar dan kecepatan tinggi ternyata membutuhkan cara mengemudi yang halus seperti yang dilakukan Jorge Lorenzo," kata Folger.

Pada musim MotoGP 2017, Jonas Folger akan tampil sebagai debutan bersama tiga pebalap lain. Mereka adalah Johann Zarco (Tech 3), Alex Rins (Suzuki), dan Sam Lowes (Aprilia).

Video Populer

Foto Populer