Sukses


Penampakan 5 Motor Baru Tim Pabrikan untuk MotoGP 2017

Bola.com, Jakarta - Musim balap MotoGP 2017 bakal segera bergulir pada 26 Maret 2017 di Sirkuit Losail, Qatar. Bukan hanya penampilan para pebalap yang dinantikan oleh penggemar, tapi penampakan motor baru tim pabrikan MotoGP juga ditunggu aksinya di lintasan.

Sejauh ini sudah ada lima pabrikan MotoGP yakni Yamaha, Honda, Suzuki, KTM dan Ducati yang telah resmi memperkenalkan bentuk motor teranyar yang bakal digunakan untuk MotoGP 2017. Aprilia menjadi satu-satunya tim pabrikan yang belum menentukan jadwal kapan akan meluncurkan motor RS-GP milik mereka.

Movistar Yamaha menjadi tim pertama yang memperkenalkan motor YZR-M1 pada 19 Januari 2017. Setelah itu pabrikan asal Italia, Ducati, menyusul langkah Yamaha dengan meluncurkan motor Desmosedici GP17 sekaligus pebalap baru mereka, Jorge Lorenzo, pada 20 Januari 2017.

Sementara Suzuki Ecstar memperkenalkan dua pebalap anyar untuk MotoGP 2017, Andrea Iannone dan Alex Rins di Sirkuit Sepang, Malaysia 29 Januari 2017. Tak hanya rider, pabrikan asal Jepang itu juga bakal meluncurkan motor GSX-RR 2017 di kesempatan yang sama.

Untuk Repsol Honda, Indonesia mendapat kehormatan menjadi tempat peluncuran motor RC213V untuk MotoGP 2017 pada 3 Februari 2017 di JI Expo, Kemayoran, Jakarta. Empat dari lima motor pabrikan tersebut memiliki bentuk dan desain berbeda mengikuti ciri khas pebalap baru mereka. Berikut ini Bola.com akan berikan penampakan lima motor teranyar pabrikan MotoGP yang bakal unjuk gigi musim depan.

2 dari 6 halaman

Yamaha YZR-M1

Movistar Yamaha

Movistar Yamaha menjadi tim pertama yang memperkenalkan motor terbaru mereka untuk MotoGP 2017 ketimbang tim lainnya. Bertempat di kantor pusat sponsor utama Tim Garpu Tala, Movistar, di Madrid, Spanyol, Kamis (19/1/2017). Tim Garpu Tala juga resmi memperkenalkan duet pebalap Valentino Rossi dan Mavericks Vinales untuk MotoGP 2017.

Acara bertajuk "We Choose To Make History" itu dimulai tepat pukul 17.30 WIB dan disiarkan secara langsung via streaming di situs yamahamotogp.com. Ini merupakan momen pertama kalinya Vinales berbicara langsung di depan publik sejak resmi menjadi pebalap Movistar Yamaha pada 1 Januari 2017.

Secara kasat mata corak YZR-M1 2017 tak jauh berbeda dengan edisi 2016. Warnanya tetap biru meski agak lebih tua, putih, dan hijau limau. Masih ada logo M Movistar besar dengan corak yang agak berbeda di bagian fairing. Perbedaan terbesar hanyalah fairing bagian bawah yang berubah dari putih jadi hitam. YZR-M1 2017 juga sudah tak memiliki winglet (sayap aerodinamika) yang dilarang pada MotoGP 2017.

3 dari 6 halaman

Desmosedici GP17

Ducati

Ducati resmi memperkenalkan duo pebalap andalan mereka, Jorge Lorenzo dan Andrea Dovizioso, serta meluncurkan motor Desmosedici untuk MotoGP 2017 di markas tim, Bologna, Italia, Jumat (20/1/2017).

Perkenalan tim Ducati ini disiarkan secara langsung via streaming di situs ducati.com pada pukul 16.30 WIB. Siaran streaming ini dilengkapi dengan penerjemah berbahasa Inggris sehingga memudahkan bagi para penggemar dari berbagai negara.

Sekilas, tak ada perbedaan mencolok antara motor Desmosedici GP17 dengan motor yang dipakai Andrea Dovizioso dan Andrea Iannone pada musim lalu. Perbedaan paling mencolok tentu saja pada winglet yang tidak ada lagi karena resmi dilarang pada MotoGP 2017.

Meski telah resmi diperkenalkan, Desmosedici GP17 masih belum sempurna saat ini. Para penggemar baru bisa menyaksikan Desmosedici GP17 versi sempurna pada seri perdana MotoGP musim ini di Qatar.

4 dari 6 halaman

Suzuki GSX-RR

Suzuki

Suzuki menjadi tim ketiga setelah Yamaha dan Ducati yang meluncurkan motor baru untuk MotoGP 2017. Pabrikan asal Jepang itu resmi membuka selubung GSX-RR anyar di Sepang, Malaysia, Minggu (29/1/2017).

Secara kasat mata, bentuk dan corak GSX-RR untuk MotoGP 2017 tak jauh berbeda dengan motor edisi 2016. Kuda besi anyar Suzuki masih didominasi warna biru ditambah sentuhan kuning stabilo.

Selain merilis motor baru, Suzuki juga secara resmi memperkenalkan komposisi pebalap baru mereka, yaitu Andrea Iannone dan Alex Rins. Iannone didatangkan dari Ducati, sedangkan Rins naik kelas dari Moto2.

Iannone dan Rins menggantikan dua pebalap Suzuki musim lalu, Maverick Vinales dan Aleix Espargaro yang hengkang pada akhir 2016. Vinales pindah ke Yamaha. Sementara itu, Aleix Espargaro bergabung dengan Aprilia.

5 dari 6 halaman

Honda RCV 213V

Honda

Tim Repsol Honda melakukan peluncuran motor baru mereka untuk MotoGP 2017 pada 3 Februari 2017 di Indonesia. Tak seperti pabrikan lain yang mengganti rider mereka, Repsol Honda masih tetap diperkuat duet Marc Marquez dan Dani Pedrosa musim depan.

Sebenarnya ini bukan pertama kali Repsol Honda meluncurkan timnya di Tanah Air. Dalam dua musim terakhir, tim yang dipimpin Davide Brivio itu selalu meluncurkan motor anyar mereka di Indonesia. Pada musim 2015, mereka menghadirkan Marquez dan Pedrosa di Bali. Sementara musim lalu, mereka meluncurkan tim di Sirkuit Sentul, Bogor.

Bentuk motor RC213V terbaru juga masih tetap sama seperti musim sebelumnya. Namun, Honda mengklaim motor terbaru miliknya memiliki kekuatan mesin yang lebih besar dan lebih sempurna ketimbang motor musim lalu.

6 dari 6 halaman

KTM RC 16

KTM

KTM menjadi tim kelima yang memperkenalkan motor baru mereka untuk MotoGP 2017 pada Senin, (20/1/2017), di Mattighofen, Austria. Motor yang diberi nama RC16 tersebut bakal menjalani debutnya di kelas tertinggi saat seri pertama MotoGP 2017 bergulir di Sirkuit Losail, Qatar, 26 Maret 2017.

Desain motor KTM terlihat garang dengan gambar banteng Red Bull menghiasi fairing RC16 yang didominasi warna hitam dengan ornamen berwarna oranye. Pabrikan asal Austria tersebut bakal menggunakan jasa Bradley Smith dan Pol Espargaro sebagai pebalap mereka pada MotoGP 2017.

 

Video Populer

Foto Populer