Sukses


Marc Marquez Ungkap Rahasia Agar Tak Dehidrasi Saat Balapan

Bola.com, Jakarta - Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, punya cara tersendiri untuk menghindari terjadinya dehidrasi ketika balapan di sirkuit dengan iklim panas. Marquez mengaku meminum banyak air sebelum balapan ketimbang harus melakukannya saat berada di lintasan.

"Menjaga tubuh agar tetap dalam kondisi hidrasi itu sangat penting, terutama sebelum balapan, karena ketika sudah berada di lintasan sulit rasanya untuk minum dari camelback. Saya jarang melakukan itu karena lebih suka untuk tak meminum apapun sampai balapan selesai," kata Marquez seperti dikutip situs resmi MotoGP, Rabu (8/3/2017).

Berada di lintasan di tengah suhu udara yang panas memang membuat kondisi badan kehilangan tenaga. Bahkan, hal itu tak jarang memicu kondisi dehidrasi yang membuat tubuh lemas karena kurang cairan.

Salah satu sirkuit yang sering diwarnai dengan cuaca panas adalah Sirkuit Sepang, Malaysia, yang biasanya menggelar balapan di tengah suhu 34-38 derajat. Marquez pun mengakui jika melakoni balapan di lintasan jenis tersebut membuat dia sering kehilangan berat badan.

"Saya tak tahu tepatnya berapa banyak akan kehilangan berat badan jika balapan di tengah cuaca panas. Mungkin sekitar 1 sampai 1,5 kg. Namun, ketika minum setelah balapan maka saya akan mendapat tenaga lagi," ucap Marquez.

Apa yang dilakukan Marc Marquez terbukti ampuh. Selama tampil pada ajang MotoGP di sirkuit kebanggaan Malaysia itu, pebalap 24 tahun sempat sekali menjadi juara yakni di edisi 2014.

Video Populer

Foto Populer