Sukses


5 Momen Tak Terlupakan dari Valentino Rossi di MotoGP

Bola.com, Jakarta - Bicara soal kualiatas pada ajang MotoGP, tak ada yang perlu diragukan lagi dari Valentino Rossi. Pria asal Italia itu sudah khatam dalam urusan balapan di lintasan karena punya pengalaman selama 20 tahun lebih berlomba di lintasan balap motor.

Valentino Rossi mengawali kariernya di kelas 125 cc bersama Aprilia pada 1996. Hanya butuh setahun bagi Rossi untuk menyabet gelar dunia di kelas tersebut.

Pada 1998, Rossi tertantang naik kelas ke 250 cc. Masih membalap di bawah bendera Aprilia, Rossi muda membuktikan kualitasnya dengan meraih gelar juara dunia pada musim perdananya.

Rossi kemudian menembus MotoGP pada 2000. Kualitas membalap yang mumpuni membuat Honda mengikat jasanya hingga 2003. Tiga gelar beruntun MotoGP berhasil dipersembahkan Rossi untuk pabrikan asal Jepang itu.

Pada 2004, Rossi kemudian menyeberang untuk bergabung dengan Yamaha. Bersama tim Garpu Tala, Rossi sukses mempersembahkan empat gelar yakni pada 2004, 2005, 2008, 2009.

Pada 2011, Rossi sempat dipinang Ducati. Namun, kariernya bersama tim Italia itu hanya berlangsung semusim tanpa pernah mengoleksi gelar juara. Rossi kemudian kembali membela Yamaha pada 2013 hingga saat ini.

Sepanjang karier balapnya, banyak momen dilalui Valentino Rossi baik di dalam maupun luar lintasan. Bahagia, haru, dan lucu melengkapi karier Rossi sebagai pebalap.

Berikut ini 5 momen tak terlupakan dari Valentino Rossi yang dirangkum Bola.com dari Crash.net pada Kamis (9/3/2017):

 

2 dari 6 halaman

Buang Air Kecil di Pinggir Lintasan

Valentino Rossi harus menepikan motornya untuk buang air kecil sesaat memenangi balapan di Sirkuit Jerez, Spanyol, pada 1999. (Pinterest)

Menahan sesuatu menjadi hal yang paling tak mengenakkan. Apalagi yang ditahan adalah buang air kecil. Hal itulah yang dialami Valentino Rossi. Peristiwa unik itu terjadi pada 1999 ketika Rossi masih berkarier di balapan 250 cc.

Rossi yang mengendarai motor Aprilia ketika itu baru memenangi seri balapan di Sirkuit Jerez, Spanyol. Saat melakukan victory lap atau yang lazim dikenal sebagai keliling sirkuit untuk selebrasi kemenangan, Rossi mendadak menghentikan motornya di pinggir trek.

Rossi yang ketika itu berusia 20 tahun meninggalkan motornya dan melompat ke pinggir lintasan. Rossi ternyata menuju toilet portabel karena sudah menahan buang air kecil selama balapan.

3 dari 6 halaman

Melakukan Atraksi Skuter

Valentino Rossi melakukan atraksi wheelie (mengangkat roda depan sambil melanju) menggunakan Skuter di Sirkuit Assen, Belanda.(Iconsportsmedia)

Melihat Valentino Rossi mengendarai motor dengan kapasitas mesin besar adalah sesuatu hal yang sudah lumrah. Namun, cerita menjadi menarik ketika pebalap berjuluk The Doctor mengendarai dan melakukan atraksi skuter.

Dalam aksi tersebut, Rossi terekam kamera melakukan wheelie (mengangkat roda depan sambil melaju) menggunakan Skuter. Pada tahun 2007, Rossi menunjukkan kehebatannya berkendara dengan mengelilingi Sirkuit Assen, Belanda.

Sebagai orang Italia, skuter tipe matic memang bukan hal yang baru buat Valentino Rossi. Bukan rahasia lagi jika negara Menara Pisa itu merupakan produsen skuter legendaris, Vespa.

4 dari 6 halaman

Drama Corkscrew Laguna Seca

Marc Marquez menikung Valentino Rossi di tikungan Corkscrew, Sirkuit Laguna Seca, Amerika Serikat. (AFP)

Bertempat di Sirkuit Laguna Seca, Amerika Serikat pada 21 Juli 2013, Valentino Rossi ketika itu mengawali balapan di nomor 4. Adapun Marc Marquez memulai di grid 2.

Drama kemudian terjadi pada lap kedua di tikungan Corkscrew. Ketika itu, Marquez dengan berani menikung Rossi di tikungan menurun yang fenomenal tersebut.

Demi menghindari senggolan dengan Rossi, Marquez sampai harus keluar lintasan, melewati trotoar, dan melewati gravel, kemudian kembali ke lintasan. Marquez pun berhasil naik podium sebagai juara, sedangkan Rossi menempati urutan ketiga.

Setelah balapan, Rossi kemudian menghampiri Marquez. Sembari becanda, pebalap asal Italia itu kemudian memeluk Marquez.

5 dari 6 halaman

Parkir di dalam Goodwood House

Valentino Rossi memarkirkan motor Yamaha YZR-M1 di dalam Goodwood House, bangunan yang sudah berdiri sejak 1600. (Motorvaganza)

Bukan Valentino Rossi namanya jika tak membuat kontroversi. Kejadian bermula ketika Rossi diundang untuk menghadiri gelaran Goodwood Festival of Speed 2015.

Selain sebagai tamu undangan, Rossi juga datang ke event tersebut untuk merayakan ulang tahun ke-60 Yamaha Motor Company. Rossi dengan tenang memakir motor Yamaha YZR-M1 di dalam Goodwood House. Hal yang tentu tak lazim memakirkan motor di dalam bangunan tahun 1600an itu.

Goodwood Festival of Speed merupakan event tahunan yang menampilkan kendaraan balap motor bersejarah. Event tersebut diadakan di lapangan Goodwood House, West Sussex, Inggris dan biasanya digelar pada akhir Juni atau awal Juli setiap kalender tahun.

6 dari 6 halaman

Berseteru dengan Jorge Lorenzo di Losail

Valentino Rossi berselisih dengan rekan setimnya, Jorge Lorenzo di Sirkuit Losail, Qatar, pada 2016. (MotoGP)

MotoGP 2016 sudah panas sebelum balapan dimulai. Adalah tim Yamaha yang terpecah karena aksi dua ridernya yakni Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo.

Kejadian tersebut terjadi saat sesi latihan bebas keempat GP Qatar di Sirkuit Losail, Sabtu (19/3/2016). Rossi meluapkan kekesalannya terhadap Lorenzo yang dianggap menghambat dirinya saat melakukan putaran.

Valentino Rossi kemudian melambaikan tangan dengan kesal ke arah Lorenzo. Kekesalan pebalap asal Italia itu belum berhenti bahkan keduanya terus berselisih sampai latihan start.

Video Populer

Foto Populer